Alat Pemadam Api Gas: Pengertian, Fungsi dan Keunggulannya

Alat pemadam api terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah alat pemadam api gas. Sesuai namanya, tabung pemadam api ini menggunakan media berupa gas. Media ini sangat cocok untuk memproteksi ruangan yang tidak bisa diproteksi oleh jenis alat pemadam api lain seperti foam  dan powder karena bisa menyebabkan kerusakan alat elektronik.

Apa Itu Alat Pemadam Api Gas?

alat pemadam api gas kualitas terbaikAlat pemadam api gas adalah jenis alat pemadam api yang menggunakan gas sebagai bahan pemadam api. Cara kerja alat pemadam api ini adalah dengan menyelimuti api dan menyingkirkan oksigen, sehingga api akan padam.

Ada beberapa jenis media gas yang digunakan sebagai bahan pemadam api. Salah satunya adalah liquid gas jenis HFC-227. Media HFC-227 adalah senyawa kimia berupa hydrofluorocarbon yang bersifat ramah lingkungan. Media ini tidak berdampak pada lapisan ozon, sehingga aman digunakan.

Karena menggunakan media berupa gas yang bersifat non-konduktor (tidak menghantarkan listrik), maka penggunaan APAR ini tidak berbahaya pada ruangan yang berisi alat elektronik. Jadi, penggunakan alat pemadam api ini bersifat aman dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik setelah disemprotkan.

3 Keunggulan Alat Pemadam Api Gas

alat pemadam api gas untuk kebakaran kelas A B CAda beberapa keunggulan yang dimiliki oleh APAR media gas jika dibandingkan dengan beberapa jenis media pemadam api lainnya. Apa saja keunggulannya? Keunggulan APAR media gas adalah sebagai berikut.

1. Bisa mengatasi kebakaran kelas A, B, C

APAR media gas sangat efektif untuk memproteksi ruangan yang berpotensi mengalami kebakaran kelas A, B, dan C. Dengan kata lain, jenis alat pemadam api ini bersifat serbaguna karena bisa digunakan untuk memadamkan api pada semua kelas kebakaran.

Kelas kebakaran yang bisa diproteksi dengan alat pemadam api gas, yaitu:

  • Kelas kebakaran A: kebakaran yang disebabkan oleh benda padat non logam (kayu, plastik, karet, kertas, dll).
  • Kelas kebakaran B: kebakaran yang berumber dari bahan cair dan gas mudah meledak (thinner, bensin, minyak, alkohol, gas LPS, dll).
  • Kelas kebakaran C: kebakaran yang diakibatkan oleh instalasi listrik bertegangan atau malfungsi alat elektronik (korsleting listrik, hubungan pendek arus listrik).

2. Tidak menghasilkan residu

Penggunaan alat pemadam api gas tidak akan meninggalkan residu, seperti pada APAR foam dan dry chemical powder. Hal ini membuat media gas sangat cocok dan aman untuk memproteksi ruangan yang sensitif dan tidak bisa terkena air. Mulai dari ruang komputer, server, panel listrik, arsip, laboratorium, dll.

Karena tidak menghasilkan residu, maka proses downtime pada ruangan tersebut akan lebih cepat. Sebab, tidak perlu untuk membersihkan sisa-sisa media, seperti jika menggunakan media berupa air, foam, maupun powder. Ruangan akan tetap bersih setelah media disemprotkan dan bisa langsung digunakan kembali.

3. Ramah lingkungan

Media liquid gas seperti HFC-227 bersifat ramah lingkungan, sehingga tidak berbahaya bagi tumbuhan, hewan, dan manusia. Jenis media gas ini juga tidak menghasilkan residu, sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Pilih Alat Pemadam Api Gas Berkualitas

alat pemadam api gas teruji damkar DKIUntuk memastikan alat pemadam api bisa berfungsi dengan optimal, maka sangat penting memilih alat pemadam api berkualitas. Pilih APAR yang sudah teruji kualitasnya, sehingga dijamin efektif untuk memadamkan api pada saat kondisi darurat.

Ada beberapa pilihan ukuran alat pemadam api gas yang disedikan oleh perusahaan. Mulai dari 1 kg, 2 kg, 3 kg, 4.5 kg, 6 kg, 9 kg, hingga 12 kg. Ada juga alat pemadam api dengan ukuran yang lebih besar dengan menggunakan troll untuk menggerakkannya. Ukurannya yang lebih besar yaitu 25 kg, 45 kg, 50 kg, 70 kg, dan 90 kg.

Dimana tempat yang menjual alat pemadam api gas?

PT Bromindo Mekar Mitra adalah distributor alat pemadam api berkualitas. Produk alat pemadam api yang tersedia di Bromindo dijamin aman dan berkualitas karena sudah teruji dan mendapatkan sertifikasi dari Lab Damkar DKI Jakarta.

Ingin mendapatkan produk alat pemadam api berkualitas? Langsung saja belanja online di Bromindo Shop. Kamu juga bisa beli alat pemadam api secara langsung dengan mengunjungi store kami yang ada di Kota Semarang, Jakarta, dan Surabaya. Hubungi kami jika ingin konsultasi!

Leave a Comment

0