Alat Pemadam Api Powder

Jika kita mendengar alat pemadam api powder sekilas kita pasti mengasumsikan bahwa alat pemadam ini menggunakan powder atau bubuk.

Alat Pemadam Api PowderAlat pemadam api powder merupakan media yang mengandung kombinasi dari zat monoammonium fosfat dan amonium sulfat. Zat tersebut mempunya fungsi mengganggu reaksi kimia yang sedang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api dapat dipadamkan.

Powder atau dry chemical powder memiliki titik lebur yang rendah dan artikel yang padat sehingga dapat menghalangi masuknya oksigen dapat menutupi area kebakaran.

Alat pemadam api dengan bubuk kering adalah media pemadam api serbaguna, aman, dan luas pemakainnya karena dapat mematikan api tingkat kelas kebakaran A, B, dan C.

 

Cara Kerja Alat Pemadam Api Powder

Cara kerja alat pemadam kebakaran powder ketika disemprotkan ke titik api dapat menahan radiasi panas dengan kabut (serbuk) partikelnya.

Alat pemadam api jenis ini tidak berbahaya bagi makhluk hidup dan tidak beracun (nontoxic) sehingga aman bagi tumbuhan, hewan, maupun manusia.

Alat pemadam api powder memiliki kandungan kimia sebagai berikut:

  • Sodium bikarbonat 97%
  • Magnesium stearote 11/2%
  • Magnesium karbonat 1%
  • Trikalsium karbonat ½%

 

Ukuran Alat Pemadam Api Powder

Alat pemadam api ini tersedia dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan penggunaannya.

Ukuran yang paling kecil sering disebut alat pemadam api ringan (APAR) portabel/portable fire extinguisher dengan ukuran 1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, 5 kg, 6 kg, 9 kg.

Selain itu juga ada berbagai alat pemadam api powder dengan ukuran lebih besar yang dilengkapi dengan troli untuk membawa dan menggerakkan tabung. Alat pemadam api ini disebut alat pemadam api berat (APAB) yang tersedia mulai dari ukuran 25 kg, 50 kg, 68 kg, 80 kg, sampai 100 kg.

 

Apakah alat pemadam api powder yang sedang Anda cari?

Bromindo menyediakan APAR (alat pemadam api ringan) salah satunya alat pemadam api powder. Kami menyediakan berbagai ukuran APAR sesuai dengan kebutuhan. Untuk info lebih dalam lagi tentang APAR bisa langsung hubungi kami.