Pengertian Alat Pemadam Kebakaran Liquid Gas

Alat Pemadam Kebakaran Liquid Gas, pengertian dan jenis kelas kebakarannyaAlat pemadam kebakaran liquid gas, sangat handal dalam memadamkan kebakaran api. Alat ini yang sering di gunakan oleh tim fire brigade (pemadam kebakaran) untuk memadamkan titik api pada zona yang masih bisa ditangani.

Alat pemadam kebakaran ini menggunakan media gas cair (liquid gas), sehingga sifatnya tidak menghantar aliran listrik.

Pada alat pemadam kebakaran liquid gas ditambahkan Nitrogen sebagai gas pendorong. Alat pamadam kebakaran liquid merupakan salah satu produk unggulan Bromindo.

Alat pemadam kebakaran liquid gas ini bersifat non konduksif/tidak menghantarkan arus listrik. Sehingga tidak perlu khawatir akan terjadi konsleting listrik ketika alat pemadam api ini digunakan pada alat elektronik yang rentan akan bahaya konsleting.

Fire extinguisher ini khusus digunakan pencegahan kebakaran pada ruang server, ruang komputer, gedung kantor, laboratorium, restoran, arsip, dan lain-lain.

Alat pemadam kebakaran liquid gas ini sangat cocok digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran A, B, dan C. Berikut kelas kebakaran untuk memadamakan api antar lain:

  • Kelas kebakaran B : minyak, bensin, solar
  • Kelas kebakaran A : kayu, kertas, textile, plastic, dan berda padat mudah terbakar lainnya, benda gas mudah terbakar lainnya.
  • Kelas Kebakaran C : travo, gardu, panel, dan benda elektronik mudah terbakar lainnya

Ukuran alat pemadam kebakaran liquid gas diproduksi oleh para produsen yang bergerak pada bidang fire extinguisher dan fire hydrant equipment dalam berbagai ukuran portable.

Untuk portable yang tidak terlalu berat dari ukuran 1 kg, 2 kg, 3 kg, 5 kg, 6 kg, 9 kg, dan 12 kg. Sedangkan untuk ukuran yang berat terdiri ukuran 20 kg–125 kg.

Untuk ukuran alat pemadam kebakaran liquid gas 20 kg ke atas harus menggunakan trolly untuk mempermudah menggerakan fire extinguisher ini.

Jenis Media Pemadam Api Liquid Gas

Berikut beberapa istilah media serupa yang digunakan alat pemadam api liquid gas :

Alat Pemadam Kebakaran Liquid Gas, jenis medianyaAF11 (Halotron)

AF11 (Halotron) merupakan pemadam api pengganti halon yang berwawasan lingkungan NON CFC dan NON HOLAN dan juga merupakan clean agent Hydro Chloro Fuoro Carbon (HCFC).

Memiliki GWP (global warning potensial) dan ODP (ozone depletion potential) yang rendah, serta waktu untuk mengurai di udara tidak terlalu lama (3.5 – 11 tahun). AF11 salah satu bahan media alat pemadam kabakaran liquid gas yang paling cepat dalam memadamkan api.

FM200

Fm200 merupakan clean agent, merupakan bahan yang digunakan alat pemadam kebakaran liquid gas yang ramah lingkungan. Untuk media FM200 biasanya digunakan untuk sistem proteksi kebakaran otomatis dalam suatu rungan yang tertutup yang aman terhadap peralatan elektronik dan aman bagi manusia.

Cara kerja dari FM system : ketika smoke detector mendeteksi adanya asap, maka sirene dan alarm bell serta sign lamp evacuate area akan aktif, yang menandakan perintah untuk segera meninggalkan ruangan dalam waktu 30 detik atau 60 detik. Untuk delay time tergantung settingannya.

Kemudian setelah delay time-nya habis maka akan mengatifkan lever & pressure control head untuk membuka valve portable (tabung) gas FM-200. Gas akan keluar melalui pipa instalasi yang diarahakan oleh Gas Nozzle.

Dupont (FE-36)

Dupont (FE-36) terbukti menjadi standar dalam bentuk pengganti halon 1211 di fire extinguisher (alat pemadam kebakaran).

Jenis ini memiliki kinerja yang sebanding dan merupakan efesiensi untuk Halon 1211; toksisitasnya rendah, serta potensi penipisan ozon nol.

Dalam alat pemadam kebakaran liquid gas, Dupont (FE-36) digunakan sebagai aliran tetesan gas dan cairan yang menembus ke titik api. Sehingga proses pemadaman pembakaran dengan cara menyerap panas dan interaksi kimia.

Dupont juga sebagai penganti halon 1301 dalam sistem aplikasi local seperti sistem modular.

Berikut daftar lembaga dan badan pengakuan untuk dupont (FE-36) antara lain:

  • Component approval from FM Approvals
  • Component recognition from Underwriters Laboratories (UL)
  • U.S. EPA’s Significant New Alternative Policy (SNAP) program
  • National Fire Protection Association (NFPA) 2001 Clean Agent Standard
  • International Standards Organization (ISO) 14520
  • European Committee for Standardization (CEN) 14520
  • Halon Alternatives Group (HAG)

HFC-227

Media HFC-227 merupakan salah satu media yang digunakan dalam pembuaan alat pemadam api liquid gas. Banyak digunakan pada perusahaan:

  • telekomunikasi dan basis data
  • Software house
  • Militer
  • Ruang panel
  • Medis berteknologi tinggi

Media HFC-227 merupakan media pengganti halon 1301 yang sudah di kenal secara luas. Jenis ini rendah akan penyebab pemanasan global dan tidak merusak ozon (non ozon). Media ini juga aman untuk manusia karena merupakan gas cair.

Jual Alat Pemadam Kebakaran Liquid Gas di Indonesia

Bromindo adalah perusahaan yan bergerak dalam bidang fire protection equipment yang ada di Indonesia. Kami memiiki izin untuk membuat alat pemadam kebakaran liquid gas dan bersertifikat NFPA (National Fire Protection Association).

Alat Pemadam Kebakaran Liquid Gas harga terjangkauBromindo adalah supplier resmi dari perusahaan Hooseki, GuardALL, Firefix. Merek alat pemadam api yang sudah terkenal akan mutu dan kualitasnya. Kami juga mengacu pada SNI dalam setiap pengerjaan proyek.

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai alat pemadam kebakaran bisa hubungi kami.

Showing 2 comments
  • Sulus
    Balas

    please you send profil e company anda make pricelist

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Hi Mr/Mrs. Sulus,

      Please send your request via the contact us page.
      Click here to see our our company profile.
      Thanks.

      Regards,
      Bromindo Team

Leave a Comment

0