Alat Pemadam Kebakaran Media AF11 sangat efektif

Alat pemadam kebakaran media AF11 adalah pemadam api yang menggunakan media bahan kimia pengganti halon yang ramah lingkungan non CFC dan non Halon dan media yang ada didalam tabung didorong dengan karbon dioksida pada saat keluar dari tabung. Alat pemadam kebakaran media AF11 ini tidak menimbulkan residu karena berbentuk gas. Alat pemadam kebakaran ini sangat cocok digunakan untuk industry yang bersih (clean industri).

Mengenal Alat Pemadam Kebakaran Media AF11

Jenis alat pemadam kebakaran media AF11 dapat digunakan pada area dimana titik api tidak dapat dipadamkan dengan media air. Contoh minyak yang telah terbakar tidak dapat dimatikan dengan mudah oleh karena hal itu dengan menggunakan alat pemadam kebakaran media AF11 kebakaran pada minyak dapat dipadamkan.

Alat pemadam kebakaran media AF11 bisa dikatakan multi fungsi untuk memadamkan semua kelas kebakaran. Media AF11 ini sangat cocok digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran A (material), kelas kebakaran B (bahan cair yang mudah terbakar), maupun kelas kebakaran C (listrik atau elektronik). Media AF11 berbentuk gas sangat efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar contohnya BBM, Oli dan sejenisnya.

Alat pemadam media AF11 telah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dan Lemigas ODP (Ozone Depletion Potential). Karena media AF11 ini tidak menyebabkan potensi rusaknya ozone. Disamping hal itu fire extinguisher media AF11 tidak ada kadaluarsa jadi awat untuk digunakan. Namun disarankan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran media AF11 ketika digunakan harus dihabiskan atau sekali pakai karena walaupun pada jarum petunjuk yang ada di valve katakanlah sisa 1 kg yang awalnya 3 kg, media yang masih tersisa lama-lama akan habis karena sifat dari gas memuai.

Alat pemadam kebakaran media AF11 aman digunakan dan tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan maupun manusia.  Dari produsen yang menjual alat pemadam kebakaran media AF11 diproduksi dengan bervarian ukuran. Tetapi kebanyakan penggunaan dari alat ini lebih sering menggunakan ukuran 6 kg.

Perusahaan Yang Menjual Alat Pemadam Kebakaran Media AF11

Bromindo adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang fire hydrant equipment yang ada di Semarang. Bromindo menjual alat pemadam kebakaran media AF11 dengan harga menarik. Alat pemadam kebakaran media AF11 kami berkualitas dan terjamin karena kami memiliki izin untuk membuat alat pemadam kebakaran media AF11 dan bersertifikat NFPA (National Fire Protection Association) dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai produk-produk kami bisa hubungi kami.

Showing 10 comments
  • Iqbal
    Balas

    Ijin mau bertanya masa expayer jenis af 11 brp lama

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Iqbal,
      Perlu dipahami bahwa masa expired APAR jenis AF11 atau APAR jenis liquid gas berbeda-beda tiap merek.
      Untuk APAR jenis liquid gas merek GuardALL dan Firefix yang kami pasarkan, masa expired sampai 5 tahun Pak.
      Untuk info lebih lanjut, Bapak bisa menghubungi tim kami di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

      • Arif
        Balas

        ijin bertanya, jika AF11 setelah 5 tahun tekanannya masih baik, apakah tetap harus di isi ulang? atau masih bisa dipertahankan?

        • PT Bromindo Mekar Mitra
          Balas

          Selamat siang Pak Arif,
          Sebaiknya tetap dilakukan isi ulang mengingat media pemadam api di dalamnya bisa berubah bentuk atau efektivitasnya sudah menuru. Selain itu, ketika isi ulang bisa sekalian dilakukan pengecekan spare part tabung.

          Karena fungsi dari isi ulang APAR sebenarnya tak hanya mengganti, tetapi mengecek spare part pada tabung yang memerlukan penggantian. Contohnya pada seal spindle dan seal head pada APAR. Bagian tersebut menggunakan material karet yang mana memiliki masa expired juga. Jika Bapak bayangkan, karet lama dengan karet baru pastinya memiliki tingkat elastisitas yang berbeda. Jika sudah tidak elastis/kaku/retak, maka bisa membuat APAR malfungsi saat digunakan (tidak ready to use).

          Semoga jawaban dari kami membantu Pak Arif.
          Jika Bapak ada pertanyaan lagi, tak perlu sungkan untuk konsultasi dengan kami maupun menghubungi kami di sini.
          Terima kasih.

          Salam,
          Tim Bromindo

  • Dani Priatna
    Balas

    Selamat siang pak
    Mau tanya pak,,apa disini jual isinya af11 pak???

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat siang Pak Dani,
      Mohon maaf kami tidak menjual alat pemadam api AF11, tapi kami menyediakan varian liquid gas dengan media HFC-125 yang ampuh padamkan api dan clean agent.
      Untuk pemesanan dan info lebih lanjut, Bapak bisa mengisi form inquiry Bromindo di sini atau hubungi tim kami.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Abdul Rozak
    Balas

    kandungan bahan kimia yang ada didalam tabun apar af 11 itu apa saja ya Pak

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat siang Pak Abdul,
      Kandungan bahan kimia pada APAR AFF 11 yaitu Dichlorotetrafluoroethane.
      Semoga membantu Pak.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Indra norma Samodra
    Balas

    Kalo AF11 E itu apa ya min?

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat siang Pak Indra,
      AF11 adalah jenis medianya yaitu liquid gas seperti yang dijelaskan di artikel kami Pak. Untuk huruf “E” sendiri bisa jadi lebih ke efektifan APAR memadamkan kelas kebakaran E yaitu kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek pada peralatan elektronik. Kelas kebakaran E sendiri diterapkan di wilayah Australia. Untuk klasifikasi kebakaran di Indonesia mengacu kepada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Per. 04/Men/1980 tanggal 14 April 1980 Tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut:

      • Kelas A: Bahan bakar padat mudah terbakar (bukan logam)
      • Kelas B: Bahan bakar cair atau gas yang mudah terbakar
      • Kelas C: Instalasi listrik bertegangan
      • Kelas D: Kebakaran logam mudah terbakar

      Semoga jawaban kami bisa membantu.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

Leave a Comment

0