Cara Kerja FM200 Suppression System

Cara Kerja FM200 Suppression systemCara kerja FM200 suppression system sangat efektif karena media yang digunakan adalah FM200 yang bersifat gas. Gas ini bekerja dengan menghilangkan salah satu dari 3 elemen (oksigen, panas, dan bahan bakar) penyebab timbulnya api.

Suppression system merupakan sistem pemadam kebakaran yang dirancang otomatis ketika terjadi kebakaran.

Dalam suppression system untuk memadamkan kebakaran, ada beberapa media pemadam yang digunakan. Namun untuk artikel ini media pemadam kebakaran yang digunakan dengan menggunakan media FM200.

Cara kerja FM200 suppression system lebih unggul dan efektif untuk melindungi kebakaran pada ruang tertutup seperti ruang arsip.

Di dalam instalasi fire suppression system juga sudah terpasang fire alarm system sehingga disaat muncul asap, maka fire alarm system ini secara otomatis akan mendeteksi asap tersebut. Kemudian sinyal asap yang dikirim oleh fire alarm system akan menimbulkan FM200 suppression system bekerja secara otomatis untuk memadamkan api.

Zat pemadam yang ada tabung FM200 akan menyembur keluar dan kebakaran dapat dipadamkan tanpa harus menunggu munculnya api. Sehingga asset yang berada diruangan yang telah di terpasang FM200 suppression system dapat terselamatkan dari bencana kebakaran.

Namun untuk cara kerja FM200 suppression system ada yang menggunakan desain khusus dengan menggunakan pipa polimer.

Fungsi dari pipa polimer ini sebagai pendeteksi suhu panas. Cara kerja alat ini yaitu ketika ada jilatan api pipa polimer ini akan pecah. Desain ini dirancang khusus oleh Firetrace sebagai pipa deteksi yang memiliki daya tahan dan kepekaan suhu khusus. Sehingga memungkinkan untuk beraksi dengan cepat ketika panas menyentuh pipa.

 

Beberapa Cara Kerja FM200 Suppression System Dari Jenis Firetrace

Berikut beberapa cara kerja FM200 suppression system dari jenis Firetrace yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan antara lain:

  • Cara kerja FM200 suppression system jenis Firetrace secara langsung
    Sistem rilis langsung (direct release systems) memanfaatkan pipa deteksi kebakaran sekaligus sebagai sistem pengiriman media pemadam api. Pertama, tubing Firetrace yang terdekat dengan titik terpanas akan pecah kemudian nozzle akan bekerja dan mengeluarkan media pemadam api.
  • Cara kerja FM200 suppression system jenis Firetrace secara tidak langsung
    Dengan rilis sistem tidak langsung (indirect release systems), FM200 suppression system akan berfungsi sebagai perangkat deteksi. Agent suppression system akan disalurkan melalui pipa tembaga atau pipa stainless steel. Setelah pipa deteksi pecah, penekan akan bekerja melalui pipa tembaga atau pipa stainless steel. Penekan akan bekerja melalui nozzle yang telah ditempatkan.

 

Cara Kerja FM200 Suppression System Terjamin di Tangan Kami

Bromindo memiliki tenaga ahli professional yang telah berpengalaman di kancah internasional dan memiliki sertifikat NFPA (National Fire Protection Assosiation).

Kami siap membantu menganalisa kebutuhan Anda untuk menangani bahaya kebakaran.

Bromindo menawarkan jasa pemasangan FM200 suppression system untuk melindungi aset berharga Anda. Untuk itu kami memiliki teknisi yang berpengalaman dibidangnya sehingga cara kerja FM200 suppression system dapat berjalan sesuai yang telah ditetapkan oleh NFPA. Untuk info lebih detail bisa langsung hubungi kami atau bisa datang ke kantor kami di Jakarta, Semarang, atau Yogyakarta.

Leave a Comment