Cara kerja FM200 suppression system sangat canggih karena bisa aktif secara otomatis otomatis, tanpa bantuan manusia. Ini memungkinkan pemadaman kebakaran bisa langsung dilakukan kapan saja.

Selain mampu bekerja otomatis, FM200 juga merupakan agen pemadam clean agent, sehingga cocok untuk area yang membutuhkan proteksi khusus. Lalu, seperti apa cara kerjanya?

Apa Itu Sistem Pemadam Kebakaran FM200?

cara kerja FM200 suppression system standar NFPA

FM200 adalah merk dagang untuk agen pemadam kebakaran berbasis gas yang diproduksi oleh Dupont. Gas FM200 adalah formula gas ramah lingkungan dengan nama kimia heptafluoropropane (HFC-227ea).

Ini merupakan gas alternatif pertama pengganti Halon 1301 yang telah dilarang karena dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. HFC-227ea relatif aman bagi manusia dan tidak merusak lapisan ozon.

Nama FM200 sendiri merupakan merek dagang dari produk manufaktur terbesar di dunia, Dupont. Dari tahun 1802 sampai sekarang, Dupont masih menjadi pionir dan raksasa di industri manufaktur kimia.

Pada Tabel 1.4.1.2 Agents Addressed NFPA Edisi 2012, HFC-227ea termasuk keluarga Halocarbon Agents yang bersifat clean agent. Sifatnya tidak berbau, tidak menyebabkan korosi, tidak meninggalkan residu, dan non-konduktor.

FM200 tidak mengandung unsur Bromine Atoms atau Chlorine, sehingga tidak ikut menyumbang efek penipisan pada lapisan ozon. Oleh karena itu, penggunaan media HFC-227-ea diperbolehkan atau diizinkan oleh otoritas berwenang.

Fungi dan Keunggulan FM200 Fire Suppression System

Cara kerja FM200 suppression system adalah mengintegrasikan antara sistem deteksi dini dan sistem pemadam kebakaran. Sistem ini bekerjasama untuk mendeteksi dan memadamkan kebakaran.

Jadi, fungsi dan cara kerja FM200 suppression system adalah untuk mendeteksi kebakaran, kemudian mengatasinya agar tidak semakin besar. Dengan memadamkan api sejak dini,aset di ruangan tersebut akan aman dari kebakaran.

Instalasi fire suppression system bisa menggunakan beberapa jenis agen atau media pemadam. Lalu, apa saja keunggulan media gas FM200 dibanding media pemadam lainnya? Keunggulan FM200 fire system meliputi:

1. Pemadaman Cepat & Otomatis

cara kerja FM200 suppression system sesuai standar internasional

Cara kerja FM200 suppression system sangat cepat dan efektif untuk memadamkan api. Saat dilepaskan ke area yang terbakar, gas FM200 akan menghilangkan oksigen yang dibutuhkan pada pembakaran, sehingga api langsung padam.

2. Tidak Menghantarkan Listrik

Gas HFC227-ea adalah agen pemadam kebakaran yang bersifat non-konduktor atau tidak menghantarkan listrik. Ini membuatnya aman digunakan pada lingkungan yang memiliki alat elektronik atau peralatan listrik yang sensitif.

Baca juga: Jenis APAR untuk Listrik yang Aman dan Efektif

3. Ramah Lingkungan

Cara kerja FM200 suppression system lebih aman bagi lingkungan dibanding agen pemadam lain, seperti Halon. Gas Halon memiliki dampak negatif bagi lingkungan, sedangkan HFC227-ea membantu menjaga keberlanjutan lingkungan.

4. Tidak Meninggalkan Residu

Keunggulan cara kerja FM200 suppression system dibanding agent pemadam lain adalah tidak meninggalkan residu. Gas FM200 akan menguap dengan cepat, sehingga tidak ada residu yang ditinggalkan setelah proses pemadaman.

Cara kerja FM200 suppression system juga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan yang dilindungi. Hal ini berbeda jika menggunakan bahan pemadam berbasis air atau busa yang bisa merusak peralatan.

cara kerja FM200 suppression system untuk ruang server dan pusat data

Oleh karena itu, cara kerja FM200 suppression system sangat cocok diaplikasikan pada beberapa area berikut:

  • Ruang server
  • Pusat data
  • Ruang panel listrik
  • Museum dan galeri seni
  • Laboratorium
  • Perpustakaan
  • Ruang arsip
  • Ruang kontrol proses industri
  • Pusat komunikasi

Baca juga: Sistem Proteksi Kebakaran Terbaik untuk Ruang Arsip

5. Aman Bagi Manusia

Gas FM200 juga aman digunakan pada lingkungan yang melibatkan manusia. Gas ini tidak merusak kesehatan ataupun menyebabkan efek samping serius. Meskipun begitu, manusia tidak boleh terpapar lebih dari 5 menit saat pelepasan gas tersebut.

Bagaimana Cara Kerja FM200 Suppression System?

Sistem proteksi kebakaran FM200 bekerja dengan cara menghentikan kebakaran melalui pemadaman yang cepat dan efektif. Berikut adalah cara kerja umum dari FM200 suppression system:

1. Deteksi Kebakaran

FM200 dilengkapi dengan beberapa jenis detektor kebakaran, seperti detektor asap, detektor panas, dan sistem pemantauan suhu. Ketika mendeteksi asap atau suhu yang mencurigakan, perangkat ini akan mengirim sinyal ke pusat kontrol.

2. Pemberian Peringatan

Setelah mendeteksi kebakaran, cara kerja FM200 fire system berikutnya adalah memberikan peringatan. Baik dalam bentuk alarm, sirine, atau pemberitahuan visual. Tujuannya untuk menginformasikan orang di sekitarnya tentang adanya kebakaran, sehingga bisa mengosongkan area.

3. Aktivasi Sistem FM200

Ketika peringatan sudah diberikan dan kebakaran dikonfirmasi, sistem akan mengaktifkan pelepasan gas FM200 ke dalam ruang yang terbakar. Cara kerja FM200 suppression system ada yang menggunakan desain khusus dengan menggunakan pipa polimer.

Cara kerja FM200 suppression system kontraktor pengalaman 25 tahun

Fungsi pipa polimer adalah sebagai pendeteksi suhu panas. Ketika ada jilatan api, pipa polimer ini akan pecah. Desain ini dirancang khusus oleh Firetrace sebagai pipa deteksi yang memiliki daya tahan dan kepekaan terhadap suhu khusus.

Aktivasi cara kerja FM200 suppression system jenis Firetrace dapat disesuaikan dengan kebutuhan, antara lain:

  • Cara Kerja FM200 Suppression System Secara Langsung

Sistem rilis langsung (direct release systems) memanfaatkan pipa deteksi kebakaran sebagai sistem pengiriman media pemadam api.

Tubing firetrace yang terdekat dengan titik terpanas akan pecah, lalu nozzle akan bekerja dan mengeluarkan media pemadam api.

  • Cara Kerja FM200 Suppression System Secara Tidak Langsung

Dengan rilis sistem tidak langsung (indirect release systems), FM200 suppression system akan berfungsi sebagai perangkat deteksi. Agent suppression system akan disalurkan melalui pipa tembaga atau pipa stainless steel.

Setelah pipa deteksi pecah, penekan akan bekerja melalui pipa tembaga atau pipa stainless steel. Penekan akan bekerja melalui nozzle yang telah ditempatkan. Selanjutnya, gas pemadam akan keluar melalui nozzle tersebut.

4. Pemadaman Kebakaran

cara kerja FM200 padamkan kebakaran tanpa residu

Gas yang dikeluarkan oleh FM200 fire system akan menyebar dan bercampur dengan udara di dalam ruangan. Gas tersebut akan menghentikan reaksi kimia pada kebakaran dengan menghilangkan oksigen, sehingga api padam.

Menurut teori segitiga api, dibutuhkan tiga unsur agar api bisa terbentuk, yaitu oksigen, bahan bakar, dan sumber panas. Ketika salah satu unsur dihilangkan, maka api akan padam.

5. Pemulihan dan Pemeliharaan

Setelah kebakaran berhasil dipadamkan, cara kerja FM200 fire suppression system harus dipulihkan dan diperiksa. Tujuannya memastikan penggunaan berikutnya. Pemeliharaan rutin juga perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan sistem tetap berfungsi dengan baik.

Kontraktor FM200 Fire System Profesional Standar NFPA

Perlindungan terhadap risiko kebakaran merupakan kunci utama untuk menjaga keamanan dan keberlanjutan bisnis Anda. Untuk itu, memilih mitra yang tepat untuk solusi pemadaman kebakaran Anda adalah langkah penting.

PT Bromindo Mekar Mitra siap menemani langkah Anda dalam membangun sistem proteksi kebakaran terbaik. Dengan pengalaman 25 tahun di industri fire protection system, kami layak menjadi pilihan utama bagi Anda.

kontraktor FM200 suppression system standar NFPA

Tim teknisi kami adalah member resmi NFPA, sehingga telah terlatih dalam merancang dan menginstal berbagai jenis sistem pemadam kebakaran. Termasuk FM200 fire suppression system yang sangat Anda butuhkan.

Selain itu, kami menekankan transparansi dalam pelaksanaan proyek yang telah terintegrasi dengan aplikasi manajemen proyek yang memungkinkan Anda untuk memantau progress proyek secara langsung.

Kami memahami bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan yang unik. Dengan pengalaman bertahun-tahun, kami mampu menyediakan perhitungan yang kompetitif dan efisien sesuai anggaran Anda, tanpa mengorbankan kualitas.

Mau cara kerja FM200 suppression system di perusahaan Anda berjalan maksimal? Hubungi kontak kami untuk konsultasi! Kami sangat menantikan untuk bekerjasama dengan Anda terkait proyek FM200 yang sangat penting ini.

Showing 20 comments
  • Tumpak sihombing
    Balas

    Mohon dibantu besaran tabung (jumlah tabung) dan model suppression tipe apa yang harus diterapkan untuk ruang panel listrik dengan luasan ruangan 2 x 10 meter lengkap dengan sistem kontrolnya.

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat siang Pak Tumpak,

      Karena tinggi bangunan dan raised floor tidak Bapak informasikan, maka kita asumsikan ketinggian bangunan seperti ruang pada umumnya (4 m) dan terdapat raised floor (kurang lebih 50 cm). Dengan keadaan tersebut, jika menggunakan sistem fire suppression dengan media Liquid Gas (HFC-125 atau HFC-227) maka diperlukan kurang lebih 59 kg media yang digunakan untuk coverage area tersebut. Untuk sistem dan penjelasan lebih lanjut bisa menghubungi tim kami atau kunjungi kantor kami di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • yuyud sukarno
    Balas

    Boleh minta penawaran Harga

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat siang Pak Yuyud,
      Mohon ditunggu, tim kami segera memberikan penawaran fire suppression FM200 ke email Bapak.
      Bapak juga bisa membuat penawaran kilat dan memberikan informasi lengkap terkait project supaya kami lebih mudah dalam membantu Bapak, silahkan isi di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • happy bonardo manalu
    Balas

    Selamat siang admin ..salam kenal…
    Mohon bisa hubungi saya …karena saya sedang mengajukan peremajaan sistem supresi FM200 di salah satu lokasi pekerjaan saya.

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Happy,
      Mohon ditunggu, segera tim kami hubungi Bapak via email.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • doni
    Balas

    apakah system FSS ini bisa diuji komisioning tan tabungnya ya Pak…
    terimakasih

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat sore Bapak Doni,
      Sistem Fire Suppression bisa dilakukan commissioning test, tapi dengan risiko mnegeluarkan gas media untuk kebutuhan comtest.
      Jika Bapak memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • endy
    Balas

    UNTUK CO2 SENDIRI ADAKAH MASA EXPIRED NYA?

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Endy,
      Untuk media CO2 sendiri masa expirednya 5 tahun Pak, penjelasan lengkapnya bisa dibaca di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Rulie Kurniawan
    Balas

    Mohon penawaran fire suppression untuk Datacenter dengan ukuran 3 x 5,5 mtr

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Rulie,
      Mohon ditunggu, tim sales kami akan menghubungi Bapak via email terkait penawaran fire suppression untuk data center Bapak.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

    • M.Maas Shobirin
      Balas

      Pak,
      Kalau saya punya 2 ruangan server ukuran sekitar 3 x 6 mtr.
      Berapa harga/biaya per unitnya include instalasinya.
      Bisa kirim penawaranmya ke email saya.
      Terima kasih

      • PT Bromindo Mekar Mitra
        Balas

        Selamat pagi Pak Shobirin,
        Mohon ditunggu, tim kami segera kirimkan penawaran harga fire suppression system terbaik ke email Bapak.
        Terima kasih.

        Salam,
        Tim Bromindo

  • Lukman Aziz
    Balas

    Selamat siang pak,
    Bisa minta penawaran produk supression system untuk di :
    1. diterapkan digedung 2 lantai 14 x 24 m dengan
    2. 1 ruangan 4 x 3 m dan 1 ruangan 3 x 14 m semuanya berada di gedung poin 1.

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat siang Pak Lukman,
      Mohon ditunggu, kami akan segera kirimkan penawaran produk fire suppression system FM200 ke email Bapak.
      Terima kasih.
      Salam,
      Tim Bromindo

      • Lesdial Marizal
        Balas

        minta penawaran harga untuk projrek ruang gardu induk listrik v 3X23 M2

        • PT Bromindo Mekar Mitra
          Balas

          Selamat siang Pak Ledial,
          Mohon ditunggu, tim kami segera kirimkan penawaran fire suppression system ke email Bapak.
          Untuk penawaran kilat, Bapak bisa juga isi form di sini.
          Terima kasih.

          Salam,
          Tim Bromindo

  • antonkurniawan
    Balas

    minta penawaran harga untuk projrek gudang Arsip

    • Nesty Dian
      Balas

      Hai Bapak Anton,
      Mohon ditunggu, kami akan segera kirimkan penawaran ke email Bapak.
      Terima kasih.
      Salam hangat,
      Tim Bromindo

Leave a Comment

0