Setiap gedung harus dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran yang tepat. Salah satunya adalah fire door atau pintu kebakaran. Pintu tahan api ini sangat penting dalam keamanan kebakaran dan perlindungan bangunan.

Apa yang Dimaksud dengan Fire Door?

Fire door adalah pintu khusus yang mampu melindungi ruangan dari penyebaran api, panas, dan asap saat kebakaran. Ini akan memperlambat penyebaran api dan memberikan waktu ekstra bagi penghuni untuk keluar dari bangunan.

apa yang dimaksud dengan fire door?

Umumnya, fire door terbuat dari bahan yang tahan terhadap api, seperti baja dan logam tahan api lainnya. Bahan tersebut dilapisi dengan bahan isolasi, seperti intumescent seal maupun bahan pengisi serat mineral.

Selain itu, pintu tahan api juga dilengkapi dengan sistem penutupan yang aman. Baik itu penutup intumescent, engsel tahan api, maupun sistem kunci khusus. Ini berguna untuk memastikan pintu tersebut tetap tertutup saat kebakaran.

Jadi, pintu kebakaran adalah komponen penting dalam sistem proteksi pemadaman kebakaran pasif karena membantu membatasi pergerakan api serta melindungi jalur evakuasi dan area yang aman di dalam bangunan.

7 Fungsi Fire Door/Pintu Tahan Api di Dalam Gedung

Penggunaan pintu tahan api memberikan banyak manfaat penting dalam sistem keamanan kebakaran serta perlindungan bangunan. Manfaat dan fungsi utama menggunakan pintu kebakaran adalah sebagai berikut.

1. Membatasi Penyebaran Api

Penggunaan fire door yang tahan api akan memperlambat dan mencegah penyebaran api dari satu area ke area lain dalam bangunan. Penghuni gedung akan memiliki lebih banyak waktu untuk keluar dan mencari perlindungan yang lebih aman.

2. Menahan Gas dan Asap Beracun

fire door standar nfpa

Pintu tahan api juga dirancang untuk menahan penyebaran asap dan gas beracun. Fire door dibekali dengan fitur khusus, seperti intumescent seal yang mampu mencegah asap masuk ke dalam ruangan yang aman.

Fire door membantu menjaga kualitas udara, sehingga memberikan kesempatan lebih besar kepada orang-orang di dalam gedung untuk keluar dengan selamat.

3. Mengurangi Timbulnya Korban Jiwa

Jika dilakukan pemasangan fire door, tentu proses evakuasi dapat berlangsung dengan lebih aman dan cepat. Dengan begitu, maka korban jiwa yang ditimbulkan dari peristiwa kebakaran bisa diminimalisir.

4. Meningkatkan Keselamatan Personel Pemadam Kebakaran

Dalam situasi darurat, pintu tahan api bisa membantu mempertahankan area tertentu supaya tidak terkena kerusakan berlebihan akibat api. Hal ini akan memudahkan personel pemadam kebakaran untuk melakukan tindakan darurat.

Bagaimana prosedur evakuasi keadaan darurat kebakaran? Cek DISINI!

5. Melindungi Rute Evakuasi

fire door terbaik untuk lindungi jalur evakuasi

Pintu tahan api ditempatkan di sekitar koridor, tangga darurat, dan pintu keluar penting lainnya. Tujuannya agar rute evakuasi utama bisa terlindungi dari ancaman kebakaran, sehingga orang-orang bisa mengakses jalur evakuasi dengan aman.

Fire door berfungsi sebagai jalur evakuasi yang akan mempercepat dan mempermudah upaya penyelamatan jika terjadi kebakaran.

6. Kepatuhan Terhadap Peraturan Kebakaran

Keberadaan fire door di gedung sesuai dengan peraturan kebakaran dan kode bangunan yang berlaku. Ini sama halnya dengan memenuhi standar keamanan kebakaran dan persyaratan hukum yang telah ditetapkan.

Baca juga:

7. Meminimalisir Kerugian Properti dan Harta Benda

Pintu tahan api bisa menghambat penyebaran api ke area lainnya. Petugas Damkar memiliki waktu tambahan untuk memadamkan kebakaran sebelum menyebar ke area lain. Jadi, kerugian aset milik perusahaan bisa diminimalisir.

Dengan fire door, dampak kebakaran bisa dikurangi secara signifikan. Pintu tahan api akan memberikan perlindungan lebih baik bagi penghuni bangunan untuk melakukan tindakan evakuasi dengan aman.

Bagaimana Cara Memilih Fire Door yang Baik Sesuai Standar?

Ada beberapa aspek yang wajib Anda perhatikan dalam memilih pintu kebakaran. Hal ini mengingat pintu tahan api memiliki peran sangat penting dalam sistem proteksi kebakaran. Cara memilih fire door yang baik adalah sebagai berikut.

1. Kepatuhan Standar dan Peraturan

Pastikan fire door yang Anda pilih memenuhi standar dan peraturan kebakaran yang berlaku. Termasuk standar kebakaran seperti National Fire Protection Association (NFPA), British Standards (BS), maupun standar lokal yang relevan.

Memilih pintu tahan api yang telah diuji dan mendapatkan sertifikasi dari pihak terkait akan memberikan jaminan kualitas dan keandalannya.

2. Material Tahan Api Berkualitas

fire door tahan api standar nfpa

Perhatikan material yang digunakan pada konstruksi pintu kebakaran. Material yang biasa digunakan adalah baja, logam lainnya, atau kayu tahan api. Pastikan sesuai standar kebakaran yang ditetapkan dan memiliki sifat tahan api yang baik.

Baca juga: Harga Fire Door Kualitas Premium Standar NFPA

3. Kategori Tahan Api yang Sesuai

Pintu kebakaran mempunyai beberapa kategori tahan api yang menunjukkan kemampuannya dalam menahan api dengan jangka waktu tertentu. Kategori tersebut dinyatakan dalam menit, seperti FD60 (60 menit) atau FD30 (30 menit).

Pilih fire door dengan kategori tahan api yang paling sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Pintu kebakaran dengan kategori tahan api yang lebih tinggi akan memberikan perlindungan lebih lama.

4. Instrumen Lengkap Sesuai Standar

Pintu tahan api yang baik harus dilengkapi dengan sistem penyegelan yang efektif, seperti intumescent seal. Material ini dapat membengkak saat terkena panas dan membentuk lapisan isolasi untuk mencegah penyebaran api dan asap.

Selain itu, pastikan pintu kebakaran juga dilengkapi dengan engsel serta sistem penutupan yang tahan terhadap api. Instrumen yang lengkap dan berkualitas akan memastikan pintu tetap tertutup rapat pada saat terjadi kebakaran.

5. Konsultasi dengan Profesional

fire door standar internasional

Jika belum yakin dalam memilih fire door yang tepat, sebaiknya konsultasi dengan profesional yang berpengalaman, seperti Bromindo. Kami siap memberikan saran dan rekomendasi fire door yang tepat sesuai karakteristik bangunan Anda.

Mengikuti pedoman dan standar yang berlaku serta berkonsultasi dengan tim ahli akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih pintu kebakaran.

Jenis-Jenis Fire Door Lengkap dengan Spesifikasinya

Pintu tahan api dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fitur yang dimiliki. Pemilihan jenis pintu kebakaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis pintu kebakaran yang biasa digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Single Fire Door

fire door single door berkualitas

Spesifikasi Single Fire Door GuardALL adalah sebagai berikut:

  • Uk. Frame :T2140 x L980 x D150mm
  • Uk. Pintu : T2050 x L890 x D50mm
  • Uk. Lubang Pintu: T2200 x L1000mm
  • Berat : 160kg

2. Double Fire Door

fire door dua pintu terbaik sesuai standar

Spesifikasi Double Fire Door GuardALL adalah sebagai berikut:

  • Uk. Frame :T2140 x L1870 x D150mm
  • Uk. Pintu : T2145 x L1780 x D50mm
  • Uk. Lubang Pintu: T2250 x L1900mm
  • Berat : 330kg

Berapa harga Fire Door GuardALL premium di distributor resmi? Cek DISINI!

Fire Door GuardALL Solusi Kemudahan Akses Evakuasi Kebakaran

Untuk mempermudah akses proses evakuasi kebakaran, pastikan Anda menggunakan pintu kebakaran yang sudah teruji kemampuannya. Fire door GuardALL adalah pilihan terbaik untuk melindungi area evakuasi di gedung Anda.

Pintu dengan plat baja 1.5 mm yang dilapisi material khusus tahan api rockwool density 100kg/m3 setebal 50 mm. frame menggunakan plat baja 2 mm yang dibentuk menjadi satu kesatuan (double door menggunakan 3 mm).

fire door terbaik untuk proteksi kebakaran

Pintu tahan api ini menggunakan sistem penguncian lockset, cylinder, dan handle (automatic door opened from inside/anti panic door). Komponen engsel luar menggunakan model cylinder yang terpasang pada bagian atas, tengah, dan bawah.

Untuk finishingnya, pintu ini menggunakan painted finish (warna merah/biru/abu). Ukuran frame dan pintu bisa disesuaikan dengan lubang pintu yang ada. Sebagai opsi lain, fire door ini dapat dilengkapi dengan panic bar dan door closer.

Dimana Bisa Beli dan Pasang Fire Door?

Untuk mendapatkan produk pintu kebakaran tahan api ini, Anda bisa menghubungi tim sales kami untuk mengirimkan penawaran melalui email sales@bromindo.com.

Bromindo berpengalaman lebih dari dua dekade sebagai kontraktor, konsultan, supplier peralatan fire fighting system seperti fire hydrant, fire alarm, fire suppression system, dan alat pemadam kebakaran di Indonesia.

Yuk, hubungi kami sekarang dan dapatkan penawaran menarik untuk pembelian fire door dari kami!

Fire door sendiri dirancang khusus dan dibuat dengan bahan baja khusus yang tahan terhadap sambaran api. Untuk itu, fire door ini sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai pintu ruang penyimpanan dokumen penting dan ruang arsip.

Dengan begitu, ruang arsip maupun ruang yang berisi dokumen penting tersebut dapat terlindung dengan maksimal. Jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dengan kami, kami akan memberi solusi perlindungan terbaik untuk Anda.

Leave a Comment

0