Apa Itu Fire Door? Berikut Penjelasan Beserta Fungsinya

Apa Itu Fire Door? Berikut Penjelasan Beserta Fungsinya

Semakin berkembangnya zaman, kini semakin banyak pula gedung-gedung pencakar langit yang berdiri di kota-kota besar, terutama di Indonesia. Akan tetapi, semua itu juga harus diimbangi dengan standar keamanan dan sistem proteksi kebakaran yang bagus. Apalagi bagi gedung bertingkat yang memiliki banyak ruangan, tentu sangat disarankan untuk memasang fire door atau pintu tahan api.

Apa yang Dimaksud dengan Fire Door?

Fire door adalah salah satu bagian terpenting dari tatanan sistem proteksi kebakaran pasif pada setiap bangunan. Pintu tersebut dibuat sebagai akses jalan keluar dan jalur evakuasi demi keselamatan hidup penghuni gedung tersebut. Karena dengan adanya pintu tahan api, akan memungkinkan penghuni gedung untuk keluar dengan cepat dalam keadaan darurat.

Fire door dirancang khusus untuk mencegah penyebaran asap, api, hingga gas beracun ke seluruh ruangan di gedung tersebut. Lalu, apakah wajib hukumnya untuk melakukan instalasi pintu tahan api di dalam gedung? Yuk, simak terlebih dahulu fungsi dan keuntungan ketika memasang pintu tahan api.

distributor fire door

Fungsi Fire Door/Pintu Tahan Api di Dalam Gedung

Berikut merupakan beberapa fungsi dan kegunaan pintu tahan api.

1. Mempermudah Proses Evakuasi

Fire door atau pintu tahan api ini berfungsi sebagai jalur evakuasi yang akan membantu dan mempermudah upaya penyelamatan jika sedang terjadi kebakaran. Seperti yang kita tahu, bahwa dalam suatu gedung pasti memiliki penghuni yang banyak. Tentu saja kita tidak bisa mengandalkan satu pintu utama doang, kan? Nah, untuk mengatasinya, diperlukan pintu tahan api agar proses evakuasi menjadi lebih cepat dan aman.

2. Mengurangi Timbulnya Korban Jiwa

Jika dilakukan pemasangan fire door, tentu proses evakuasi dapat berlangsung dengan cepat. Dengan seperti itu, korban jiwa yang ditimbulkan dari peristiwa kebakaran dapat diminimalisir. Apalagi pintu tahan api juga mampu untuk menahan penyebaran asap dan api di dalam gedung tersebut. Sehingga aman ketika ruangan yang terdapat pintu anti api digunakan sebagai titik kumpul.

3. Meminimalisir Kerugian

Karena fire door dapat menghambat penyebaran api ke ruangan lainnya, membuat tim pemadam kebakaran memiliki waktu tambahan untuk memadamkan kebakaran di sumber api sebelum menyebar. Dengan cara seperti itu, kebakaran bisa segera diatasi sebelum menyebar ke ruangan/gedung lain. Sehingga, akan mengurangi kerugian dari segi materil dan aset milik perusahaan.

4. Cocok untuk Melindungi Ruang Arsip/Penyimpan Dokumen

Fire door juga didesain khusus untuk memberikan perlindungan ruangan arsip/penyimpan dokumen secara maximal terhadap ancaman bahaya kebakaran. Pada saat terjadi kebakaran, asap maupun api tidak bisa masuk ke ruangan tersebut. Jadi, ruangan akan aman sampai tim pemadam kebakaran berhasil memadamkan kebakaran di gedung tersebut.

apa yang dimaksud dengan fire door?Jenis-Jenis Fire Door Beserta dengan Spesifikasinya

Rangka/frame dan pintu dibentuk dari plat baja berkualitas dan diproses dengan lapisan tahan api rockwool density 100kg/m3. Dengan sistem penguncian anti panic atau panic bar/door closer (optional). Di bawah merupakan dua jenis pintu tahan api yang biasa dipakai di Indonesia.

1. Single Fire Door

Single Fire DoorBerikut spesifikasi lengkapnya:

  • Uk. Frame :T2140 x L980 x D150mm
  • Uk. Pintu : T2050 x L890 x D50mm
  • Uk. Lubang Pintu: T2200 x L1000mm
  • Berat : 160kg

2. Double Fire Door

Double Fire DoorBerikut spesifikasi lengkapnya:

  • Uk. Frame :T2140 x L1870 x D150mm
  • Uk. Pintu : T2145 x L1780 x D50mm
  • Uk. Lubang Pintu: T2250 x L1900mm
  • Berat : 330kg

fire door

Fire Door Berikan Perlindungan Maksimal dari Bahaya Kebakaran

Pintu dengan plat baja 1.5mm yang dilapisi material khusus tahan api rockwool density 100kg/m3 setebal 50mm. frame menggunakan plat baja 2mm yang dibentuk menjadi satu kesatuan (double door menggunakan 3mm).

Menggunakan sistem penguncian lockset, cylinder dan handle (automatic door opened from inside/anti panic door). Kemudian engsel luar menggunakan model cylinder yang terpasang pada bagian atas, tengah, dan bawah.

Lalu, untuk finishingnya menggunakan painted finish (warna merah/biru/abu) ukuran frame dan pintu dapat disesuaikan dengan lubang pintu yang ada. Sebagai opsi lain, pintu tahan api ini dapat dilengkapi dengan panic bar & door closer.

Dimana Bisa Beli dan Pasang Fire Door?

Untuk mendapatkan produk pintu kebakaran tahan api ini, Anda bisa menghubungi tim sales kami kirimkan penawaran melalui email ke sales@bromindo.com.

Bromindo sudah berpengalaman lebih dari dua dekade sebagai kontraktor, konsultan, supplier peralatan fire fighting system seperti fire hydrant, fire alarm, fire suppression system, dan alat pemadam kebakaran di Indonesia. Yuk, hubungi kami sekarang dan dapatkan penawaran menarik untuk pembelian fire door dari kami!

Fire door sendiri dirancang khusus dan dibuat dengan bahan baja khusus yang tahan terhadap sambaran api. Untuk itu, fire door ini sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai pintu ruang penyimpanan dokumen penting dan ruang arsip.

Dengan begitu, ruang arsip maupun ruang yang berisi dokumen penting tersebut dapat terlindung dengan maksimal. Jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dengan kami, kami akan memberi solusi perlindungan terbaik untuk Anda.

Leave a Comment

0