Apa Itu Fire Hydrant Box?

Fire hydrant box merupakan box/kotak yang digunakan untuk menyimpan fire hydrant equipment (peralatan pemadam kebakaran). Box dibuat khusus untuk menjaga fire hydrant equipment atau komponen yang ada didalamnya agar tersimpan dengan baik.

Sehingga pada saat pemadam kebakaran (fire brigade) membutuhkan alat pemadam api, mereka tahu letak posisinya sehingga tidak membutukan waktu yang lama ketika mempersiapkan pemadam api untuk memadamkan kebakaran. Karena alat pemadam api ini sangat penting, tentunya untuk setiap peralatan tidak boleh disimpan secara asal-asalan.

Dengan adanya fire hydrant box tentu akan memberikan manfaat dan sangat membantu para tim pemadam kebakaran untuk mempersiapkan peralatan pemadam kebakaran dan memudahkan menemukan lokasi peralatan pemadam kebakaran. Disamping itu, dengan menggunakan box, ruang simpan fire extinguisher lebih akan terlihat lebih rapi dan indah.

Fire hydrant box tipe B dan C

Jenis dan Type Fire Hydrant Box Beserta Kegunaannya

Fire hydrant box memiliki dua jenis untuk digunakan, yaitu hydrant box indoor dan hydrant box outdoor. Nah, untuk hydrant box sendiri memiliki beberapa type, antara lain:

  • Type A1 (Indoor)
  • Type A2 (Indoor)
  • Type B (Indoor)
  • Type C (Outdoor)

Jadi, masing-masing type hydrant box memiliki kegunaan sendiri-sendiri dalam penempatan alat pemadam kebakaran (fire extinguisher). Untuk fire hydrant ini dalam painting finish (pengecetan terakhir) menggunakan powder coating sehingga catnya tahan lama, anti korosi, dan tidak mudah terkelupas.

Setelah mengetahui type-typenya, Anda juga harus tahu fungsi dari setiap type hydrant box. Berikut merupakan type fire hydrant beserta dengan kegunaannya dalam penempatan fire extinguisher:

Type A1 (Indoor)

Type A1 memiliki ukuran (66 x 52 x 15) cm.

Type A1 ini memiliki kegunaan untuk menyimpanan fire hydrant equipment dan penempatan jenis ini pada indoor (dalam ruangan).

Fire hydrant equipment yang dapat di simpan di Type A1, antara lain:

  • 1 roll Fire Hose PU Type
  • Size 1, 5 ” x 20 meter
  • Coupling Machino
  • 1 pc Hose Nozzle Size 1, 5 “
  • 1 pc Hydrant Valve 1, 5″

Type A2 (Outdoor)

Untuk type A2 memiliki ukuran (100 x 80 x 18) cm.

Kegunaannya sama untuk menyimpan fire hydrant equipment dan box ini khusus penempatannya pada indoor (dalam ruangan).

Pada type ini memiliki dapat menyimpan fire hydrant equipment, antara lain:

  • 1 roll Fire Hose PU Type, Size 1, 5 ” x 30 mtr dengan coupling Machino
  • 1 pc Hose Nozzle, Size 1, 5 ” dengan coupling Machino
  • 1 pc Hydrant Valve 1, 5 ” dengan coupling Machino
  • 1 pc Hose Rack 1, 5 ”

Type B1 (Indoor)

Untuk type B1 memiliki ukuran 125 x 75 x 18 cm dan penempatannya pada indoor (dalam ruangan).

Kegunaan dari fire hydrant box type ini untuk menyimpan fire hydrant equipment antara lain:

  • 1 rol fire hose PU type, size 1,5’’ x 30 meter dengan coupling machino
  • 1 pc hose nozzle size 1,5’’ dengan coupling machino,
  • 1 pc hydrant valve 1,5” dengan coupling machino
  • 1 pc hydrant valve 2,5” dengan coupling machine
  • 1 pc hose rack 1,5’’

Type C (Outdoor)

Untuk type C ini penempatannya pada outdoor (luar ruangan) dan memiliki ukuran 95 x 66 x 20 cm.

Kegunaan dari fire hydrant box type outdoor ini untuk menyimpan fire hydrant equipment antara lain:

  • 1 roll fire hose PU type, Size 2,5” x 30 meter dengan coupling machino,
  • 1 pc hose nozzle berbagai varian, size 2,5’’ dengan coupling machino

Apa Itu Fire Hydrant Box

Lalu, Biasanya Fire Hydrant Box ini Berisi Apa Saja?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa hydrant box berfungsi untuk tempat penyimpanan fire hydrant equipment. Terus, apa saja equipment/komponen-komponen alat pemadam api yang disimpan di dalam fire hydrant box?

  1. Fire Hose

Pertama, didalam kotak hydrant terdapat komponen yang bernama fire hose. Jadi, fire hose adalah selang yang digunakan untuk menyalurkan air bertekanan dari sumber air ke arah lokasi kebakaran. Fire hose yang disimpan pada hydrant box indoor biasanya berukuran 1.5 inch dan 2 inch dengan panjang selang antara 20-30 meter.

  1. Hose Rack

Komponen ini memiliki ukuran seperti sisir yang terbuat dari bahan alumunium. Kegunaan dari hose rack adalah untuk tempat peletakan selang, agar bisa tergulung dengan rapi dan tidak terjadi penyusutan pada saat selang digunakan.

  1. Hydrant Valve

Valve merupakan salah satu komponen paling penting untuk fire hydrant. Bentuknya berupa keran atau katup yang berfungsi untuk mengatur keluarnya air bertekanan hingga 10 bar.

  1. Hose Nozzle

Kemudian ada juga hose nozzle yang memiliki bentuk corong kecil memanjang. Fungsi dari hose nozzle adalah untuk menggerakkan keluarnya air bertekanan dari fire hose/selang kepakaran menuju ke titik api. Nah, hose nozzle sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Jet Nozzle untuk memberikan pancaran air kencang secara lurus.
  • Spray Nozzle untuk membuat semprotan air menjadi menyebar dan menyerupai perisai air.

fire hydrant box indoor dan outdoor

Material yang Digunakan untuk Membuat Kotak Hydrant Pemadam

Material yang digunakan untuk memproduksi fire hydrant box ini biasanya menggunakan besi stainless steel. Sehingga dengan menggunakan material jenis ini ketahanan dari terhadap korosi, lebih kuat dan awet. Kemudian untuk pewarna dari box itu sendiri.

Dari NFPA menetapkan harus berwarna terang dan mencolok. Biasanya warna dari hydrant box ini di Indonesia menggunakan warna bright red (merah cerah) fungsinya untuk mempermudah identifikasi tempat box ini.

Keamanan yang Harus Dimiliki Hydrant Box Pemadam Kebakaran

Kebanyakan untuk keamanan fire hydrant box menggunakan kunci pengamanan khusus. Dengan adanya kunci pengaman dimaksudkan agar fire fighting equipment dapat terjaga dan terhindar dari orang yang akan mencuri peralatan pemadam kebakaran ini.

Peralatan pemadam kebakaran ini merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus ada di setiap tempat, terutama perkantoran/perusahaan. Keberadaan hydrant box pemadam kebakaran ini demi terjaganya asset yang telah dibangun dari perusahaan atau surat berharga yang disimpan di hunian dari kebakaran.

Sebenarnya hydrant box ada juga yang tidak menggunakan kunci sebagai pengamannya. Namun, biasanya yang tidak menggunakan pengaman itu khusus untuk hydrant box yang jenis indoor. Tetapi untuk menjaga keamanan disarankan untuk menggunakan fire hydrant box yang terdapat pengaman. Kenapa? Karena dengan adanya kunci pengaman semua komponen yang berada didalamnya akan terjaga dan aman.

Penempatan yang Tepat untuk Hydrant Box Dimana?

Untuk penempatan/pemasangan kedua jenis fire hydrant box untuk outdoor dan indoor ini harus diperhatikan, karena untuk penempatannya memiliki perbedaan. Pada hydrant box indoor selain digunakan sebagai tempat meletakkan nozzle, fire hose dan coupling machino juga terhubung dengan jaringan hydrant pemadam kebakaran.

Sehingga saat terjadi kebakaran selang dan nozzle bisa langsung ditarik menuju ke titik api. Berbeda dengan box hydrant outdoor yang diletakkan di luar gedung yang biasanya berada di sebelah hydrant pillar untuk meletakkan perlengkapan fire hose dan nozzle.

Beberapa point/tahapan yang perlu diperhatikan untuk pemasangan fire hydrant box supaya saat terjadi kebakaran tidak menghabiskan waktu atau lebih efektif memperpendek waktu saat mempersiapkan peralatan pemadam kabakaran. Sebelum memasang box hydrant perhatikan lokasi yang akan menjadi titik pemasangan hydrant box.

Pemilihan tempat/lokasi yang sangat strategis dan mudah diakses harus diperhatikan misalnya untuk hydrant box indoor, maka dipasang pada lokasi seperti lobby, dekat lift, pintu depan yang mudah dilihat, dan ruang utama. Pemilihan lokasi yang strategis ini akan memudahkan petugas dalam mengidentifikasi lokasi fire hydrant box.

Sedangkan untuk hydrant box outdoor yang perlu di perhatikan tidak boleh ada kendaraan/mobil yang parkir disekitar box dan deket dengan hydrant pillar. Setelah penggunaan, disarankan untuk mengeringkan selang sebelum dimasukkan pada hydrant box. Karena selang yang basah bisa memicu terjadinya karat pada hydrant box yang akan memperpendek umur perangkat tersebut.

fire hydrant box hooseki tipe a b c

Rekomendasi Merk Terbaik untuk Fire Hydrant Box Berkualitas

Fire hydrant box adalah satu komponen yang sangat dibutuhkan untuk proyek pembuatan instalasi fire hydrant. Lalu apa saja merk hydrant box yang memiliki harga dan kualitas terbaik? Saat ini merek yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi tentang kualitasnya dan mimiliki harga yang baik adalah hydrant box FireFix dan Hydrant Box Hooseki.

Merek ini telah menjadi produk unggulan Bromindo, yang mana FireFix dan Hooseki merupakan supplyer resmi dari kami. Menggunakan merk kotak alat pemadam api ternama ini, akan membantu Anda dalam sebagai proyek yang berkaitan dengan fire hydrant system, sprinkler system dan membutuhkan fire hydrant equipment.

Nah, untuk info lebih detail mengenai kebutuhan proyek Anda terkait fire hydrant box, kami dari Bromindo siap membantu. Bromindo miliki sertifikat NPFA dan memiliki tim engineering yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dan memiliki jam terbang tinggi.

Showing 3 comments
  • yanuarika
    Balas

    Apabila hydrant alarm bunyi, itu apakah karena asap yg muncul bukan hanya karena tombol alarm yg ditekan???
    dan dapat terjadi kasus alarm bunyi satu dan yg lain ada yg tidak bunyi?
    terima kasih.

  • abdul jalil
    Balas

    Terima kasih telah menghubungi bromindo,
    permintaan segera kami proses.

  • SUPRIYANTO
    Balas

    Mohon informasi untuk barang Fire Hydrant Outdoor, DN 100, PN10
    Harganya berapa?
    Apakah ada stocknya?

    Trims
    Supriyanto@xxx.co.id

Leave a Comment

0