Heat Detector merupakan salah satu alat yang cukup penting dalam proteksi kebakaran. Detector ini dapat diintegrasikan pada sistem proteksi kebakaran fire alarm.

Apa Itu Heat Detector?

Heat Detector - Jual Heat Detector

Heat Detector merupakan alat pendeteksi kebakaran melalui suhu panas. Detector berfungsi untuk mendeteksi peningkatan suhu ruangan secara drastis pada suatu ruangan.

Heat detector, atau detektor panas, adalah salah satu jenis detektor yang digunakan dalam sistem alarm kebakaran. Fungsi utamanya adalah mendeteksi perubahan suhu yang signifikan dalam lingkungan, yang dapat mengindikasikan adanya kebakaran.

Detektor panas biasanya digunakan di lokasi di mana detektor asap mungkin tidak efektif atau praktis, seperti di dapur, gudang, atau area dengan debu atau uap tinggi yang dapat memicu alarm palsu dari detektor asap.

Detector ini dapat terintegrasi dengan fire alarm control panel. Apabila terjadi peningkatan pada suhu ruangan yang ditangkap oleh  detector, maka alarm bell dan indicator lamp akan menyala seiring dengan suara indikator fire pada panel.

Detector ini dapat dibilang lebih efektif dibandikan detector kebakaran lainnya. Pasalnya, detector ini dapat lebih cepat menangkap tanda-tanda kebakaran, hanya dengan suhu panas.

Pada suhu 550C hingga 63oC, umumnya sensor deteksi panas sudah dapat bekerja dan mengaktifkan alarm bel. Namun sayangnya, hal ini kerap menyebabkan terjadinya false alarm.

Meskipun demikian, detector ini merupakan alat pendeteksi yang lebih banyak digunakan dibandingkan jenis lainnya. Alat pendeteksi panas ini umumnya digunakan pada ruang kantor, perhotelan, rumah sakit, ruang server, ruang arsip, gudang, ataupun kegiatan industri lainya.

Cara Kerja Heat Detector Dalam Mendeteksi Kebakaran

Detektor panas, sebagai komponen vital dalam sistem alarm kebakaran, bekerja dengan mendeteksi panas yang dihasilkan oleh api. Sistem ini tidak merespons asap atau api langsung, tetapi pada perubahan suhu yang signifikan.

Ada dua jenis utama detektor panas: Fixed Temperature dan Rate-of-Rise (ROR). Berikut adalah cara kerja masing-masing jenis:

1. Fixed Temperature Heat Detectors

Detektor jenis ini diaktifkan ketika suhu di lingkungan mencapai titik tertentu, biasanya sekitar 57°C (135°F) atau lebih tinggi. Sistem ini menggunakan elemen yang meleleh pada suhu yang telah ditentukan. Elemen ini bisa berupa logam dengan titik leleh rendah.

Ketika suhu di sekitar detektor mencapai titik leleh elemen, elemen itu meleleh, yang menyebabkan penutupan sirkuit listrik. Penutupan sirkuit ini mengirimkan sinyal ke panel kontrol alarm, yang kemudian mengaktifkan alarm kebakaran.

2. Rate-of-Rise (ROR) Heat Detectors

Detektor ROR merespons peningkatan suhu yang cepat, bukan suhu tinggi tetap. Mereka diaktifkan jika ada peningkatan suhu yang signifikan dalam waktu singkat, biasanya sekitar 8-15°C (15-30°F) dalam satu menit.

Biasanya, detector ROR menggunakan dua elemen termal. Satu sensitif terhadap suhu sekitar dan yang lainnya dengan rintangan yang tetap. Perbedaan suhu antara kedua elemen ini menyebabkan ekspansi yang berbeda pada masing-masing elemen, yang kemudian memicu alarm.

Keuntungan dari ROR adalah kemampuannya untuk merespons cepat terhadap kebakaran yang menyebabkan lonjakan suhu yang cepat, memungkinkan deteksi awal dan respon yang cepat.

Pilihan antara fixed temperature dan ROR tergantung pada lingkungan spesifik. Misalnya, detektor suhu tetap lebih cocok untuk area yang suhunya secara perlahan meningkat, sedangkan ROR lebih baik untuk area dimana kebakaran mungkin menyebabkan peningkatan suhu yang tiba-tiba.

Heat Detector 4 Wire: Solusi Canggih untuk Deteksi Kebakaran yang Lebih Efektif

Dalam dunia perlindungan kebakaran, kemajuan teknologi telah membawa kita ke era baru di mana keamanan dan efisiensi menjadi prioritas utama. Salah satu inovasi terdepan dalam bidang ini adalah Heat Detector 4 Wire.

Alat ini dirancang untuk memberikan respon yang cepat dan akurat terhadap bahaya kebakaran. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang Heat Detector 4 Wire dan mengapa alat ini menjadi pilihan yang semakin populer di berbagai sektor.

Heat Detector - 4 Wire Heat Detector

Heat Detector 4 Wire adalah jenis detektor panas yang menggunakan empat kabel dalam konfigurasinya. Dua kabel digunakan untuk sumber listrik, sedangkan dua lainnya digunakan untuk sinyal alarm.

Perbedaan utama dari detektor panas tradisional adalah pada kemampuan integrasinya yang lebih baik dengan sistem keamanan dan kemudahan instalasi. Detektor panas jenis ini bekerja dengan mendeteksi peningkatan suhu di lingkungan sekitarnya.

Ketika suhu mencapai titik tertentu yang menandakan adanya potensi kebakaran, detektor akan mengirimkan sinyal ke panel kontrol alarm kebakaran. Dua kabel tambahan dalam sistem 4 wire memungkinkan fungsi pemantauan yang lebih akurat dan kontinu, memastikan respons yang lebih cepat dan handal.

Keunggulan Heat Detector 4 Wire:

  • Deteksi yang Lebih Akurat: Kemampuan untuk mendeteksi perubahan suhu dengan cepat dan tepat.
  • Integrasi Sistem: Kemudahan dalam mengintegrasikan dengan berbagai sistem keamanan.
  • Pemasangan yang Fleksibel: Empat kabel memberikan lebih banyak opsi dalam hal pemasangan dan konfigurasi.
  • Pemantauan Kontinu: Kemampuan untuk terus memantau kondisi bahkan setelah alarm terpicu.

Heat Detector 4 Wire adalah detektor panas yang dapat diintegrasikan dengan panel controller (security alarm). Detektor ini telah dilengkapi dengan fitur auto-reset apabila mengalami trigger alarm.

Dengan desain stylish, Heat Detector ini dapat ditempatkan pada ceiling ruangan dengan berbagai pola interior. 4 Wire detector bisa menjadi pilihan terbaik untuk proteksi kebakaran Anda.

Distributor Heat Detector 4 Wire Resmi Harga Terbaik

Heat Detector - Heat Detector Berkualitas

Kami memahami pentingnya keselamatan dan keamanan Anda. Itulah mengapa kami bangga menjadi distributor resmi untuk Heat Detector 4 Wire terkemuka, menawarkan solusi terbaik dalam perlindungan kebakaran.

Dengan teknologi canggih dan desain yang andal, detektor panas kami dirancang untuk memberikan respon cepat dan akurat terhadap kebakaran, memastikan keselamatan dan ketenangan pikiran Anda.

Keunggulan Heat Detector 4 Wire Kami:

  • Deteksi Akurat: Sensitivitas tinggi terhadap perubahan suhu, memastikan deteksi kebakaran yang cepat dan efisien.
  • Desain Inovatif: Dilengkapi dengan empat kabel untuk integrasi yang lebih baik dan instalasi yang lebih mudah.
  • Kualitas Terjamin: Sebagai distributor resmi, kami menjamin bahwa setiap produk kami memenuhi standar kualitas dan keamanan tertinggi.

Kami di Bromindo percaya bahwa keselamatan tidak harus mahal. Itulah sebabnya kami menawarkan Heat Detector 4 Wire kami dengan harga terbaik. Investasi yang cerdas untuk jangka panjang dalam perlindungan kebakaran.

Tim kami terdiri dari profesional yang berpengalaman dan terlatih, siap memberikan konsultasi dan dukungan untuk memenuhi kebutuhan khusus Anda. Dari pemilihan produk hingga instalasi, kami di sini untuk membantu.

Jangan tunggu hingga terlambat. Lindungi properti dan orang-orang yang Anda cintai dengan Heat Detector 4 Wire dari Bromindo. Hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi gratis.

Leave a Comment

0