Heat Detector merupakan salah satu alat yang cukup penting dalam proteksi kebakaran. Detector ini dapat diintegrasikan pada sistem proteksi kebakaran fire alarm.

Apa itu Heat Detector?

Heat Detector - Jual Heat Detector

Heat Detector merupakan alat pendeteksi kebakaran melalui suhu panas. Detector berfungsi untuk mendeteksi peningkatan suhu ruangan secara drastis pada suatu ruangan.

Detector ini dapat terintegrasi dengan fire alarm control panel. Apabila terjadi peningkatan pada suhu ruangan yang ditangkap oleh  detector, maka alarm bell dan indicator lamp akan menyala seiring dengan suara indikator fire pada panel.

Detector ini dapat dibilang lebih efektif dibandikan detector kebakaran lainnya. Pasalnya, detector ini dapat lebih cepat menangkap tanda-tanda kebakaran, hanya dengan suhu panas.

Pada suhu 550C hingga 63oC, umumnya sensor deteksi panas sudah dapat bekerja dan mengaktifkan alarm bel. Namun sayangnya, hal ini kerap menyebabkan terjadinya false alarm.

Meskipun demikian, detector ini merupakan alat pendeteksi yang lebih banyak digunakan dibandingkan jenis lainnya. Alat pendeteksi panas ini umumnya digunakan pada ruang kantor, perhotelan, rumah sakit, ruang server, ruang arsip, gudang, ataupun kegiatan industri lainya.

Heat Detector 4 Wire

Heat Detector - 4 Wire Heat Detector

Heat Detector 4 Wire adalah detektor panas yang dapat diintegrasikan dengan panel controller (security alarm). Detektor ini telah dilengkapi dengan fitur auto-reset apabila mengalami trigger alarm.

Dengan desain stylish, Heat Detector ini dapat ditempatkan pada ceiling ruangan dengan berbagai pola interior. 4 Wire detector bisa menjadi pilihan terbaik untuk proteksi kebakaran Anda.

Detektor panas pun memiliki jenis lainnya bila dilihat dari perbedaan cara kerjanya. Yakni, jenis Rate of Rise (ROR) dan Fixed Detector.

Pada jenis ROR, detector ini mendeteksi perubahan suhu ruangan sebesar 12-15 derajat celsius per menitnya. Sistem pada ROR heat detector dapat bekerja dibawah suhu api pada umumnya. ROR detector memanfaatkan teknologi thermocouple dan thermistor yang responsif dengan panas.

Sementara pada Fixed Detector, jenis ini mendeteksi panas yang digunakan pada ruangan-ruangan dengan memiliki suhu relatif tinggi. Cara kerja heat detector pada jenis ini dapat bereaksi terhadap panas yang lebih dari 68 derajat celcius. Detector ini sangat cocok digunakan pada ruangan seperti ruang mesin, basement, dan lainnya.

Heat Detector - Heat Detector Berkualitas

 

Leave a Comment