Pompa Pemadam Kebakaran

Dalam artikel ini kita akan bahas mengenai pompa pemadam kebakaran yang digunakan salah satu fire hydrant system. Kita akan membahas sedikit banyak tentang apa pompa pemadam kebakaran? Lalu apa kegunaan dari pompa ini?Pompa Pemadam Kebakaran

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat fire hydrant yang dipasang di gedung atau sebuah bangunan demi mengatasi kebakaran yang mengacam sewaktu-waktu. Dalam instalasi fire hydrant system sangatlah komplek terdiri komponen-komponen untuk menjalankannnya. Salah satu komponen dalam fire hydrant system adalah pompa pemadam kebakaran (fire pump).

Kegunaan pompa pemadam kebakaran ini dimanfaatkan untuk memompa atau menghisap air dari tandon air untuk disalurkan ke pipa hydrant kemudian di distribusi ke hydrant pillar untuk outdoor dan hydrant valve untuk indoor. Fire pump ini dimanfaatkan oleh tim pemadam kebakaran (fire brigade)  ketika terjadi kebakaran. Biasanya pompa pemadam kebakaran membutuhkan waktu minimal 30 menit untuk dapat mengalirkan air keseluruh pipa hydrant dan dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran.

Pompa pemadam kebakaran ada beberapa macam antara lain yaitu jockey pump, electric pump, dan diesel pump. Pada dasarnya pompa-pompa ini digunakan untuk mensuplai kebutuhan air yang diperlukan. Penjelasan dari pompa-pompa pemadam kebakaran tersebut sebagai berikut.

  1. Jockey pump bentuknya biasanya vertical. Pompa pemadam kebakaran ini digunakan untuk menjaga atau menstabilkan tekanan air di dalam pipa.
  2. Electric pump digunakan memompa air yang dihisap dari tandon air (reservoir) untuk disalurkan ke distribusi baik ke hydrant valve untuk indoor, hose reel dan hydrant pillar untuk outdoor. Inti dari kegunaan pompa pemadam kebakaran ini sebagai pompa pendorong yang digunakan pada saat terjadi kebakaran.
  3. Diesel pump sebagai back up dan membantu pompa pendorong ketika kebakaran pada umumnya power listrik yang mensupply electric pump off (mati). Diesel pump berfungsi dalam kedaan listrik mati, Pompa pemadam kebakaran ini membantu kerja electric pump guna memenuhi kebutuhan air yang di dibutuhkan jika tekanan dan volume air berkurang pada pillar hydrant.

 

Pompa pemadam kebakaran di produksi oleh para produsen dengan berbagai merek (brand), memiliki varian ukuran, dan jenis pompa pemadam kebakaran sesuai kegunaannya. Untuk hal tersebut kami dari bromindo menyediakan fire pump berbagai jenis dan memiliki kualitas yang terbaik. Kami tidak menjual pompa pemadam kebakaran yang asal bisa digunakan tetapi mutunya tidak terjamin. Untuk mengetahui lebih jelasnnya tentang fire pump atau fire hydrant equipment yang anda butuhkan bisa langsung hubungi kami, atau langsung datang ke kantor kami di Jalan Perintis Kemerdekaan 37E Pudak Payung, Semarang.