Portable and Trolley Fire Extinguisher

Portable and trolley fire extinguisher sangat dibutuhkan untuk mengatasi kebakaran dan portable yang memiliki berat yang memberatkan penggunanya untuk menggerakkannya di bantu dengan trolley. Dalam kehidupan sehari-hari pasti akan ada ancaman untuk masalah kebakaran. Sewaktu-waktu bencana kebakaran akan datang sewaktu-waktu yang di sebabkan akan akibat yang menimbulkan kebakaran. Menurut NPFA 10 edition 2002 timbulnya api yang bisa menyebabkan kebakaran karena adanya 4 faktor atau tetrahedron yaitu:Portable and Trolley Fire Extinguisher

  1. Fuel (bahan bakar)

Fuel atau bahan bakar berupa bahan yang mudah terbakar (padat, cair atau gas)

  1. Oxygen

Udara yang kita hirup mengandung 21 % oksigen sedangkan api hanya membutuhkan 16 % oksigen untuk dapat menyala

  1. Heat

Heat / panas adalah energy yang di butuhkan untuk meningkatkan suhu bahan bakar (point 1) untuk menjadi uap yang akan mudah terbakar.

  1. Chemical Chain Reaction

Reaksi berantai dapat terjadi ketika ketiga (ke-3) unsur itu mengalami oksidasi secara cepat akan terjadi kebakaran, untuk menghilangkan api yang bisa menyebabkan kebakaran harus memisahkan salah satu dari 3 faktor tersebut. Diantaranya menggunakan fire extinguisher tentunya berdasarkan klas kebakarannya.

Setelah mengetahui penyebab yang bisa menyebabkan kebakaran kita harus bisa mengklasifikasi jenis kebakaran yang terjadi. Dalam hal ini terdapat dua acuan standar yang digunakan oleh NFPA 10 edition 2002 standard for portable fire extinguisher antara lain:

  1. Kelas A : kebakaran dari benda padat yang mudah terbakar seperti : kayu, kertas dan sejenisnya.
  2. Kelas B : kebakaran daric air yang mudah terbakar seperti : bensin / BBM (bahan bakar minyak) dan sejenisnya.
  3. Kelas C : kebakaran dari benda electrical akibat konsleting.
  4. Kelas D : kebakaran yang melibatkan material logam
  5. Kelas K : kebakaran dari munyak masak masak dan lemak

 

Untuk mengatasi kebakaran yang diakibatkan media yang terbakar oleh faktor tersebut dibutuhkan portable and trolley fire extinguisher. Portable and trolley fire extinguisher di isi dengan beberapa media yang dapat memadamkan kebakaran di titik api. Beberapa media yang digunakan untuk memadamkan kebakaran antara lain yaitu dry chemical powder (serbuk kimia kering), Halon free (HCF-21) / gas cair, Carbon dioxide (Co2), dan Foam liquid / super busa.

Untuk ukuran portable and trolley fire extinguisher bervarian yang telah di produksi oleh produsen yang bergerak dalam bidang fire extinguisher. Untuk ukuran portable and trolley fire extinguisher dari ukuran 20 kg, 25 kg, 50 kg, 68 kg, 70 kg, 80 kg, sampai 120 kg.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang fire extinguisher dan yang menyediakan portable and trolley fire extinguisher adala Bromindo. Perusahaan bromindo sebagai supplayer resmi dari perusahaan hooseki dan menjual fire extinguisher dengan kualitas yang terbaik dan memiliki sertifikat NFPA. Bromido mengaju pada ketentuan NFPA dan SNI dalam masalah fire extinguisher. Untuk info lebih lanjut mengenai harga dari portable and trolley fire extinguisher bisa langsung hubungi kami dari tim marketing bromindo.