Retarding chamber fire sprinklerMempunyai bentuk yang unik, seperti tabung Gas LPG. Retarding Chamber Fire Sprinkler adalah aksesoris yang digunakan bersama dengan katup check alarm dalam wet pipe sprinkler system. Berisi genta yang berputar bebas saat air bergerak masuk saat sprinkle beroperasi, terdapat kerusakan pada pipa, atau sebagai inspektor test katup yang terbuka dengan memperhatikan gelombang air. Katup check alarm biasanya memiliki dua alat pengukur tekanan yang melekat disana (tekanan supply dan tekanan dalam system).

Instalasi Retarding Chamber Fire Sprinkler

Katup check alarm diinstal pada kondisi tekanan air yang bervariasi, untuk itu harus diperhatikan standart yang mengatur hal ini. Yaitu NFPA 13 (National Fire Protection Association) yang berisi tentang standart instalasi system sprinkle, membutuhkan perangkat untuk “memperlambat” sehingga tekanan dan gelombang yang terjadi secara periodik tidak menyebabkan false alarm pada system. Perangkat untuk memperlambat tekanan ini ada beberapa seperti time delayed flow yang bekerja berdasarkan waktu atau pressure switch (saklar tekanan) dan perangkat mekanik Retarding Chamber seperti yang dibahas pada artikel kali ini. Cara kerjanya adalah, saat ada gelombang air, genta di katup check alarm akan terbuka sedikit dan memungkinkan air mengalir ke dalam Retarding Chamber Fire Sprinkle dari pipa horisontal ke arah kanan chamber.

Tekanan Retarding Chamber Fire Sprinkler

Ruang dalam chamber adalah penampung sederhana yang mengumpulkan air yang berlebihan dari gelombang. Jika gelombang telah berhenti, air akan mengalir dari ruang chamber dan tidak air yang di transmisikan ke saluran check alarm . perangkat ini dapat bekerja sampai pada tekanan 300 psi (20,7 bar). Alat ini wajib memiliki saringan untuk mencegah batu atau serpihan lainnya masuk ke chamber sehingga fungsi alat ini tidak dapat maksimal untuk mengidentifikasi gelombang.