Apa Itu Smoke Detector? Begini Cara Kerja dan Pemasangannya

Smoke detector adalah perangkat yang dirancang khusus untuk mendeteksi keberadaan asap di suatu lingkungan. Perangkat ini akan memberikan peringatan dini terhadap potensi kebakaran. Lalu, bagaimana cara detektor asap bekerja?

Smoke Detector, Alat Pendeteksi Dini Kebakaran yang Efektif

smoke detector standar nfpa

Smoke detector adalah perangkat keamanan yang didesain untuk mendeteksi asap. Fungsi alat ini untuk memberi peringatan tentang bahaya kebakaran yang bisa mengancam properti dan keselamatan manusia.

Detektor asap terdiri dari komponen utama berupa sensor, sirkuit elektronik, dan alarm. Saat sensor mendeteksi partikel asap, hal ini akan memicu alarm berbunyi untuk memberitahu penghuni tentang bahaya kebakaran.

Fungsi smoke detector terbukti efektif untuk menyelamatkan nyawa dan melindungi aset berharga dengan memberikan peringatan dini kebakaran. Detektor asap bisa dipasang di berbagai jenis bangunan, seperti:

  • Rumah
  • Pusat perbelanjaan
  • Gedung perkantoran
  • Hotel
  • Rumah sakit
  • Dan lain-lain

smoke detector standar NFPA

Detektor asap dipasang di berbagai lokasi strategis di dalam bangunan. Perangkat ini dirancang untuk mendeteksi asap secepat mungkin, memberikan peringatan dini kepada penghuni bangunan, serta memicu respons kebakaran yang tepat.

Baca juga: Jenis Detektor Alarm Kebakaran Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Perbedaan Smoke Detector dengan Fire Alarm?

Smoke detector dan fire alarm merupakan dua komponen berbeda yang bekerja secara bersamaan dalam sebuah sistem proteksi kebakaran. Lalu, apa saja perbedaan kedua komponen sistem pemadam kebakaran tersebut?

Detektor asap adalah alat yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan asap di sebuah ruangan. Tugas utama alat ini yaitu mendeteksi adanya asap yang bisa menandakan akan terjadinya kebakaran.

Detektor asap dapat menggunakan teknologi ionisasi, photoelectric, maupun kombinasi dari keduanya. Saat detektor asap mendeteksi adanya asap, ini akan memicu alarm bunyi untuk memicu respons selanjutnya.

smoke detector fire alarm berkualitas

Lalu, Apa Itu Fire Alarm? Fire alarm merupakan sistem proteksi kebakaran yang lebih kompleks. Sistem ini mencakup smoke detector dan perangkat lainnya untuk mendeteksi, melaporkan, serta memberikan peringatan terjadinya kebakaran.

Komponen pada fire alarm system antara lain:

Fire alarm juga sering kali terhubung dengan sistem pemberitahuan publik, sistem pemadam kebakaran otomatis, dan sistem evakuasi untuk melengkapi sistem proteksi kebakaran secara menyeluruh.

Jadi, perbedaan utama dari smoke detector dan fire alarm adalah smoke detector bertugas khusus untuk mendeteksi asap, sedangkan fire alarm bekerja lebih kompleks untuk memberikan peringatan serta mengkoordinasikan respons terhadap kebakaran.

Baca juga:

Bagaimana Cara Kerja Smoke Detector Dalam Mendeteksi Kebakaran?

Cara kerja smoke detector adalah dengan mendeteksi keberadaan asap di sekitarnya, lalu memberikan respon dengan mengaktifkan bunyi fire alarm. Secara lengkap, cara kerja detektor asap adalah sebagai berikut.

1. Mendeteksi Partikel Asap

smoke detector terbaik deteksi asap sejak dini

Perangkat detektor asap memiliki komponen sensor yang cukup peka terhadap partikel asap. Sensor pada detektor asap bisa berupa sensor ionisasi maupun sensor photoelectric. Kedua jenis sensor tersebut bekerja dengan cara berikut ini.

  • Sensor Ionisasi

Smoke detector ionization menggunakan kompartemen kecil yang diisi dengan bahan radioaktif (biasanya Americium-241). Bahan radioaktif itu akan menghasilkan partikel ion pada udara di dalam ruang kompartemen tersebut.

Saat partikel asap memasuki ruangan tersebut, maka partikel ion akan dihamburkan dan mengganggu arus listrik yang berada di dalam detektor. Nah, perubahan arus ini nantinya akan terdeteksi oleh detektor. Selanjutnya, bunyi alarm akan diaktifkan.

  • Sensor Photoelectric

Smoke detector photoelectric memanfaatkan sumber cahaya (biasanya dioda laser atau LED) dan sensor cahaya di dalam ruang deteksi. Cahaya dari sumber cahaya tersebut diarahkan ke jalan tertentu.

Pada saat ada asap yang masuk ke dalam ruang deteksi, cahaya akan dipantulkan atau disebar oleh partikel asap tersebut, lalu diarahkan ke sensor cahaya. Perubahan intensitas cahaya yang dideteksi oleh sensor ini akan memicu alarm aktif.

2. Mengaktifkan Bunyi Alarm

Saat sensor smoke detector mendeteksi partikel asap yang telah mencapai ambang batas yang ditentukan, alarm akan diaktifkan. Alarm bisa berupa bunyi keras dan berulang maupun sinyal yang dikirimkan ke sistem fire alarm yang lebih besar.

3. Memicu Respon yang Tepat

Smoke detector bisa terhubung dengan fire alarm system yang lebih besar. Informasi tentang keberadaan asap dari smoke detector akan dikomunikasikan ke perangkat control panel untuk mengaktifkan respon kebakaran yang sesuai, seperti:

  • Memanggil petugas pemadam kebakaran.
  • Menghubungkan sistem pemberitahuan publik.
  • Mengaktifkan fire sprinkler dan sistem pemadam kebakaran otomatis lainnya.

Cara Pemasangan Smoke Detector yang Tepat Sesuai Standar

Pemasangan detektor asap harus dilakukan secara hati-hati dan mengacu pada petunjuk pemasangan yang berlaku. Langkah-langkah umum yang dapat membantu Anda dalam pemasangan smoke detector adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Lokasi yang Tepat

smoke detektor proteksi kebakaran 24 jam

Pilih lokasi pemasangan yang strategis untuk detektor asap. Beberapa area yang direkomendasikan adalah setiap lantai bangunan, kamar tidur, koridor, dekat area masak, dan area dengan peralatan listrik yang potensial menjadi sumber kebakaran.

2. Periksa Aturan Lokal

Sebelum instalasi, periksa terlebih dahulu pedoman lokal dan peraturan pemasangan smoke detector. Pasalnya, beberapa wilayah mungkin menerapkan persyaratan spesifik terkait jumlah, tipe, serta lokasi pemasangan yang berbeda.

3. Matikan Listrik

Sebelum mulai melakukan pemasangan, matikan listrik terlebih dahulu pada sirkuit yang terhubung dengan area instalasi smoke detector. Tujuannya untuk meminimalisir risiko gangguan pada sistem listrik.

4. Baca Petunjuk Pemasangan

Teliti kembali petunjuk pemasangan yang telah disediakan oleh produsen alarm asap yang akan Anda gunakan. Ikuti semua instruksi langkah demi langkah untuk melakukan proses pemasangan yang benar.

5. Tentukan Metode Pemasangan

Ada beberapa metode pemasangan alarm asap, termasuk instalasi di langit-langit dengan perekat khusus, baut, atau dengan bracket yang disediakan oleh produsen. Tentukan metode yang tepat sesuai dengan jenis detektor yang Anda gunakan.

6. Pasang Smoke Detector

smoke detector teruji dan bersertifikat internasional

Lakukan pemasangan smoke detector sesuai dengan petunjuk pemasangan. Jika menggunakan baut, pakai alat yang tepat untuk memasang detektor asap dengan aman dan pastikan detektor asap terpasang dengan kokoh.

7. Uji Fungsi

Setelah pemasangan detektor selesai, nyalakan listrik dan lakukan pengujian terhadap fungsinya. Ikuti petunjuk pengujian yang disediakan oleh produsen untuk memastikan bahwa smoke detector tersebut berfungsi dengan baik.

8. Periksa Secara Berkala

Pastikan Anda melakukan pemeriksaan rutin serta perawatan detektor asap secara berkala. Termasuk membersihkan debu dan juga mengganti baterai secara teratur sesuai dengan petunjuk produsen.

Jika Anda merasa kurang yakin dan tidak mempunyai pengalaman dalam hal pemasangan detektor asap, sebaiknya minta bantuan dari profesional yang terlatih untuk melakukan instalasi smoke detector dengan benar.

Pilih Smoke Detector Berkualitas Internasional Agar Berfungsi Optimal

Ingin aset dan jiwa terlindungi dari bahaya kebakaran? Memasang detektor asap adalah solusi yang tepat. Namun, pastikan Anda menggunakan produk alarm asap yang berkualitas  internasional agar bisa memberikan proteksi secara optimal.

Bromindo adalah distributor resmi produk sistem proteksi kebakaran berkualitas internasional. Smoke detector yang kami jual telah lulus uji, bersertifikasi internasional, dan berstandar National Fire Protection Association (NFPA).

smoke detector standalone untuk rumah

Setiap produk smoke detector yang dijual oleh Bromindo telah teruji dan bersertifikat, sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya. Kami menyediakan berbagai produk detektor asap dari merk-merk ternama di dunia, seperti:

Anda tidak perlu khawatir terkait kualitas dan keaslian produk alarm asap yang kami jual. Kami memberikan layanan after sales service dan garansi untuk semua produk. Ingin konsultasi kebutuhan smoke detector Anda? Langsung hubungi kontak kami!

Leave a Comment

0