Manfaat Test Drain Valve

17 Test And Drain Valve

Ada dua alasan kenapa dalam instalasi fire hydrant harus dipasang test and drain valve. Pertama, untuk menguji system tersebut berfungsi dengan baik atau tidak saat dipakai untuk menurunkan tekanan yang dikirimkan ke alarm, seolah-olah kebakaran di area sprinkle telah pergi. alasan yang kedua adalah untuk menurunkan tekanan dalam sistem setelah dihentikan untuk mengganti kepala sprinkle. cara kerja dari test drain valve adalah saat salah satu katup terbuka dan melepaskan tekanan yang dinamakan “pilot” dalam system. hal itu menyebabkan katup utama dalam instalasi fire system terbuka dan mengalirkan tekanan air yang besar ke system sprinkle.

Dalam sprinkle system yang dipakai, ada sebuah botol kecil yang berada di masing-masing kepala sprinkle yang memiliki cairan didalamnya. cairan tersebut memiliki titik didih rendah tertentu, ketika api mencapai botol itu, atau suhu meningkat sehingga menyebabkan botol itu pecah. maka sprinkle mulai beroperasi dengan menyemprotkan air ke area tersebut. biasanya hanya ada satu test valve yang ada di system alarm dan sprinkle untuk digunakan dalam pemeriksaan secara triwulan, atau paling lama tahunan. dalam gedung tersebut untuk memastikan alarm berbunyi ketika system bekerja. Ada banyak ukuran dan spesifikasi dari Test Drain Valve, namun yang paling umum dan banyak digunakan adalah:

Spesifikasi Test Drain Valve

  • Ukuran diameter : 1″, 1¼”, 1½” dan 2″

  • Standart Internasional : NFPA 13 – 2007 , sebagai perangkat pengujian tambahan yang direkomendasikan.

  • Paket meliputi : Adapter gasket, ball, valve seats, stem packing, stem washer

Test drain valve dapat mengetahui beberapa masalah yang ada dalam system, seperti ada tidaknya air yang mengalir. saluran air dalam system tersumbat, atau permasalahan lainnya yang membutuhkan investigasi lanjutan oleh kontraktor fire hydrant. peralatan ini diintegrasikan ke sebuah panel yang sudah ada, atau dibuatkan panel tambahan sendirri yang memungkinkan untuk seorang operator mengaktifkan valve tersebut. sebagai testing dalam salah satu sistem tertentu yang akan di test atau beberapa jaringan sistem dari beberapa lokasi atau pusat kontrol yang berbeda.