Water Flow Switch Fire Sprinkler

18 Water Flow Switch Fire SprinklerWater Flow Switch Fire Sprinkler adalah perangkat mekanikal / elektrik yang dirakit ke dalam sebuah system fire alarm dan fire sprinkle dengan menggunakan kabel konvensional. Petugas Pemadam kebakaran bereaksi terhadap alarm kebakaran, sedangkan alarm bereaksi dengan adanya laporan atau alarm lainnya yang terlebih dahulu menyala. tampilan Waterflow switch berada diantara fire suppression system dan system fire alarm dalam sebuah gedung. Alat ini mendetekssi air yang mengalir dalam sprinkle sehingga menyebabkan alarm berbunyi sebagai tanda evakuasi orang-orang yang ada dalam gedung tersebut.

Fungsi utama Water Flow Switch Fire Sprinkler

  1. Memberitahukan pengguna gedung untuk evakuasi dengan segera

  2. Memberitahukan petugas pemadam kebakaran jika dalam gedung tersebut memerlukan bantuan untuk mengatasi kebakaran

  3. Menunjukkan petugas pemadam yang datang dimana letak titik api dan dimana petugas bisa menyambung selang fire hose mereka.

Pemadam kebakaran menganggap bahwa pencegahan dengan menggunakan sistem sprinkle lebih efektif daripada menggunakan indikator sistem alarm saja. Detektor alarm kadang bisa salah saat berbunyi, bisa jadi karena kegagalan system atau faktor human error. Namun jika sprinkle dalam bangunan bekerja jika suhu dalam ruangan tersebut berada pada titik tertentu. Sehingga sprinkle akan mulai aktif dalam menyemprotkan air. Dan hal ini membantu petugas pemadam kebakaran untuk bertarung melawan api dari dalam gedung itu sendiri.

Cara Kerja Water Flow Switch Fire Sprinkler

Water Flow Switch Fire Sprinkler adalah perangkat mekanik yang hanya mendeteksi aliran air dalam pipa, perangkat ini tidak dapat membuka atau menutup air karena ini bukan valve. Alat ini hanya menghentikan alarm yang menyala dengan mengaktifkan panel elektrik. Untuk mendeteksi air yang mengalir, perakitan menempatkan sebuah paddle ke dalam pipa. Saat air mulai mengalir dalam pipa tersebut, paddle mulai bergerak kesamping sehingga mengaktifkan fungsi Water Flow fire sprinkle dengan jeda beberapa waktu. Ada dua switch yang digunakan untuk mengaktifkan dua sistem alarm:

  1. Sistem alarm kebakaran lokal, untuk mengevakuasi gedung dan memanggil petugas pemadam kebakaran.

  2. Sistem alarm kebakaran luar (horn/strobe), hal ini memberitahukan kepada petugas pemadam kebakaran saat kedatangan bahwa sprinkle system telah diaktifkan.