Pressure Reducing Valve

Pressure reducing valvesSistem pemadam kebakaran di sebuah perusahaan atau instansi Indonesia menjadi sebuah keharusan yang di fasilitasi oleh pengelola atau menajemen sebuah perusahaan. Pengadaan system pemadam kebakaran harus sesuai standard fire fighting di Indonesia hal ini di atur dalam SNI 03-3988-1995 (Alat Pemadam Api), SNI 03-3989-1995 (Fire Sprinkler) yang telah di revisi menjadi SNI 03-3989-2000, SNI 03-6382-2000 (Fire Hydrant) atau mengacu kestandar NFPA. Standarisasi mengatur material yang dapat di pakai dan cara pemasangan alat pemadam api, system fire sprinkler maupun fire hydrant yang benar dalam sebuah gedung/bangunan. Misalkan dalam instalasi fire sprinkler diharuskan memasang pressure reducing valve (PRV) yang di fungsikan untuk menurunkan tekanan (Pressure) yang menuju ke jaringan pipa sprinkler dari tekanan pompa yang tinggi antara 8 – 10 bar sedangkan kemampuan sprinkler head adalah 2 – 7 bar.

Pressure Reducing Valve Merk Socla

Danfoss Socla Valve and flow control solutions manufacture asal eropa ini memproduksi dan menjual berbagai macam valve dan control equipment systems seperti Backflow preventers, Non return valves, Guided check valves, Butterfly valves, Plate check valves, Ball check valves, Membrane check valves, Metal seated check valves, Ball valves, Control valves, Pressure reducing valves. Valve buatan socla ini sudah banyak di pakai di Indonesia, Bromindo sendiri menggunakan produk socla dalam setiap pemasangan sprinkler yang menggunakan PRV. Di karenakan pengaturannya yang mudah dan garansi yang di berikan juga panjang. PRV Socla sudah dapat di aplikasikan dalam instalasi sesuai standar NFPA 13 fire sprinkler.
Upstream pressure PRV socla mampu hingga 16 bar dan 25 bar, Downstream pressure mulai dari 0,5 bar sampai 7 bar. PRV dapat di gunakan untuk air panas hingga 80 derjat celcius dan air dingin, compressed air, Natural gas, Domestic fuel.
Standard dan Agreements PRV Socla
Sertifikat produk menjadi bagian penting untuk suatu produk apakah layak dan aman di gunakan. PRV Socla telah memiliki sertifikat NF EN 1567 & ACS (Eropa), WRAS, ByggForsk 0689.

Pressure Reducing Valve Merk 317

Pressure Reducing Valve VRS317 complete with stainless steel seat, clack and diaphragm adalah PRV yang juga banyak di gunakan di indonesia. Suitable sampai 150Psi dapat di gunakan untuk steam, oil, air or gas pada tekanan 200 derajat celcius ukuran dari 0,5 inch – 2 inch.
PRV 317 terdapat 2 jenis di bedakan berdasarkan material bahan pembuatnya ada yang cast iron dan bronze VRS317 terbuat dari cast iron sedangkan VRARS317 terbuat dari material bronze. PRV VRARS317 dalam penjualannya complete dengan stainless steel seat, ring pada metal piston diaphragm mampu ingga 250 PSI, dapat di aplikasikan pada intalasi air, oli dan bahan yang tidak menyebabkan korosif pada suhu 70 derajat celcius, ukuran mulai dari 0,5 inch sampai 2 inch.

Pressure Reducing Valve mengapa penting?

Penggunaan PRV adalah untuk menurutkan tekanan /pressure dari tekanan main pump yang tinggi 8 bar sampai 12 bar di turunkan menjadi 2 bar sampai 7 bar tujuannya supaya tidak terjadi kerusakan pada head sprinkler yang di akibatkan karena kelebihan tekana. Tabung kecil yang berisi air raksa pada head sprinkler hanya mampu menahan tekanan maksimal di 7 bar sehingga PRV harus di setting di tekanan 5-7 bar.
Cara setting Pressure Reducing Valve terlebih dahulu di pastikan tidak ada aliran atau kondisi system dalam keadaan jalan, atau gate valve harus di tutup dulu untuk memastikan tidak adanya aliran air didalam pipa. Cara mensetting meningkatkan tekanan ( increase outlet pressure) adalah memutar untk mengencangkan skrup penyetel searah jarum jam, sedangkan untuk menurunkan tekanan ( Decrease outlet pressure) cara setingnya dengan mengendurkan skrup penyetel di putar berlawanan jarum jam.

Leave a Comment