Prinsip Kerja Fire Sprinkler

Prinsip Kerja Fire Sprinkler

Prinsip kerja fire sprinkler sangatlah komplek jika diperhatikan dan dilihat lebih seksama. Fire sprinkler memiliki banyak komponen untuk menjalankan fire sprinkler system ini, fire sprinkler tidak terlepas dari tandon air yang menyediakan pasokan air ketika terjadi bencana kebakaran. Sehingga dibutuhkan analisa yang matang untuk pembuatan fire sprinkler ini. Sistem fire springkler di Indonesia diatur dalam Standard Nasional Indonesia (SNI) 03-3989- 2000 tentang tata cara perencanaan dan pemasangan sistem springkler otomatik untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung.  Untuk hal tersebut Bromindo yang sudah berpengalaman betahun-tahun dalam bidang fire sprinkler siap memberikan solusi untuk perusahaan anda yang membutuhkan jasa untuk pemasangan fire sprinkler.

Prinsip Kerja Fire SprinklerPrinsip kerja fire sprinkler sangat komplek terdiri dari pipa pada sprinkler, kepala sprinkler, dan sistem penyediakan air. Perencanaan dalam pemasangan fire sprinkler ini harus di persiapkan dengan matang dan sedetail mungkin, karena sangat penting untuk memaksimalkan kinerja dari prinsip kerja fire sprinkler ini. Setiap komponen fire sprinkler mempunya peran masing-masing untuk berjalannnya sistem fire sprinkler ini.

Prinsip kerja fire sprinkler sangat canggih dan merupakan terobosan yang mutakhir yang pernah dibuat dalam sejarah umat manusia. Fire sprinkler merupakan sistem yang  digunakan untuk memadamkan kebakaran ketika terjadi kebakaran di sebuah bangunan. Fire Sprinkler akan menyala secara otomatis ketika ada api yang akan menyebabkan kebakaran. Sehingga alat ini bisa dihandalkan ketika suatu gedung atau ruang yang sudah terpasang dengan fire sprinkler tidak ada orang yang mengetahui sumber api, fire sprinkler dapat bekerja dengan otomatis untuk memadamkan kebarakan. Apalagi prinsip kerja fire sprinkler dipadukan dengan alarm smoke detector atau alarm fire detector tentunya kebakaran akan lebih diminimalisir kerugiannya.

Beberapa prinsip kerja fire sprinkler saat terjadi kebakaran pada sebuah gedung :

  1. Fire Sprinkler akan bekerja ketika mendapatkan suhu dari panas api sekitar 68C yang akan terbuka dan air akan keluar pada kepala sprinkler.
  2. Clapper pada alarm valve akan terbuka dan menyebabkan seat pada alarm check valve terbuka, kemudian air akan mengalir ke pipa alarm trim dan mengaktivasi alarm.
  3. Aliran air akan berhenti mengalir ke pressure switch, alarm gong dan juga ke fire sprinkler.

 

Tiga Klasifikasi Dari Prinsip Kerja Fire Sprinkler System

Prinsip kerja fire sprinkler system terdiri dari tiga (3) klasifikasi sesuai dengan klasifikasi hunian bahaya kebakaran,yaitu:

1 Sistem bahaya kebakaran ringan
Kepadatan pancaran yang direncanakan 2.25 mm/menit, dengan daerah kerja maksimum yang diperkirakan : 84 m2, adapun jenis hunian kebakaran ringan antara lain seperti bangunan perkantoran, perumahan, pendidikan, perhotelan, rumah sakit dan lain-lain.

2. Sistem bahaya kebakaran sedang
Kepadatan pancaran yang direncanakan 5 mm/menit, dengan daerah kerja maksimum yang diperkirakan : 72 – 360 m2, sedangkan yang termasuk jenis hunian kebakaran ini adalah : industri ringan seperti : pabrik susu, elektronika, pengalengan, tekstil, rokok, keremik, pengolahan logam, bengkel mobil dan lain-lain.

3. Sistem bahaya kebakaran berat
Untuk proses industri kepadatan pancaran yang direncanakan 7.5 – 12.5 mm/menit, dengan daerah kerja maksimum yang diperkirakan adalah 260 m2, sedangkan bahaya pada gudang penimbunan tinggi kepadatan yang direncanakan 7.5 – 30 mm/menit. Daerah kerja maksimum yang diperkirakan 260 – 300 m2 dengan kepadatan pancaran yang direncanakan untuk bahaya pada gedung penimbunan tinggi tergantung pada sifat bahaya barang yang disimpan, adapun yang termasuk jenis hunian kebakaran ini adalah industri berat seperti : pabrik kimia, korek api, bahan peledak, karet busa, kilang minyak, dan lain-lain.

Untuk menangani bahaya kebarakan yang mengancam disarankan semua ruang dalam bangunan tersebut harus dilindungi dengan fire sprinkler system, kecuali ruang tertentu yang telah mendapat izin dari pihak yang berwenang seperti: ruang tahan api, ruang panel listrik, ruangan tangga dan ruangan lain yang dibuat khusus tahan api.

Setelah kita mengetahui bagaimana prinsip kerja fire sprinkler diharapkan anda yang mempunyai perusahaan atau asset yang sangat berharga disarankan untuk memasang fire sprinkler demi mengurangi kerugian yang akan terjadi. lebih baik mengantisipasi daripada tidak sama sekali. Untuk hal tersebut kami dari bromindo memberikan pelayanan langsung yang berpengalaman bertahun-tahun dan profesional dalam bidang fire sprinkler, untuk mengetahui biaya dalam pembuatan sprinkler bisa langsung kontak admin kami.

 

Leave a Comment