Proteksi Kebakaran Untuk Tandon Minyak

Proteksi kebakaran untuk tandon minyak

Tandon minyak merupakan tempat penyimpanan bahan bakar atau BBM yang sangat penting. BBM ini sangat penting untuk pengerak perekonomian Negara karena semua sektor membutuhkan BBM di kehidupan abad ini. Semua BBM terutama minyak riskan sekali dari resiko kebakaran, Oleh karena itu harus diadakan proteksi kebakaran untuk tandon minyak. Proteksi kebakaran untuk tandon minyak menggunakan media foam.

Kenapa menggunakan media foam dalam proteksi kebakaran untuk tandon minyak? Alasan menggunakan media foam karena foam terbuat dari air, sifat air sendiri lebih berat daripada minyak. Ketika minyak yang terbakar kemudian permukaan minyak dilapisi dengan foam, foam yang awalnya berbentuk gelembung yang ada di atas permukaan minyak lama-lama akan berubah menjadi air. Kemudian air dari foam ini akan turun dan mengendap di bawah minyak dan minyak akan berada di atas, Sehingga minyak dapat digunakan kembali. Untuk hal tersebut tidak disarankan menggunakan media powder, karena kurang efektif dan dapat mengotori minyak.

Komponen-Komponen dalam Proteksi Kebakaran untuk Tandon Minyak

Dalam pembuatan sistem proteksi kebakaran untuk tandon minyak / tangki minyak dengan menggunakan media foam terdiri dari beberapa komponen. Beberapa komponen dalam sistem proteksi ini tersebut antara lain :

  • Fire Hydrant System

Disarankan harus ada fire hydrant system dalam proteksi kebakaran untuk tandon minyak. Dengan adanya fire hydrant system dalam pengairan maupun mengatasi kebakaran akan lebih baik. Dan setiap perusahaan yang beresiko kebakaran tinggi harus ada fire hydrant system salah satunya dalam bidang MIGAS (minyak dan gas bumi).

  • Pipa

Untuk mendistribusian air dari tangki / tandon air harus ada pipa, supaya kebutuhan akan air dalam mengatasi kebakaran cepat di distribusikan.

  • Foam Bladder

Foam_bladder Proteksi kebakaran untuk tandon minyak

Foam bladder merupakan alat yang digunakan untuk menampung/menyimpan foam (busa) yang akan digunakan dalam proteksi kebakaran.

  • Inline Inductor

inline_inductor Proteksi kebakaran untuk tandon minyak

Inline inductor merupakan alat yang dapat mengatur jumlah foam dari foam bladder untuk didistribusikan ke foam maker. Fungsi dari inline inductor untuk mencampur air dan foam, sehingga cairan foam yang nanti di distribusikan ke foam maker memiliki standar foam yang di butuhkan. Biasanya cairan foam yang sudah di proses dalam foam maker sebanyak 3 % tergantung pengaturan dari inline inductor.

  • Foam Maker

foam_maker Proteksi kebakaran untuk tandon minyak

Foam maker merupakan alat yang digunakan dalam membuat foam. Alat ini inti dari pembuatan media foam dalam proteksi kebakaran untuk tandon minyak. Foam maker ini langsung di pasang pada tandon minyak. Untuk pemasangan Foam maker diatur sesuai dengan diameternya jumlahnya tidak cuman 1 tp bisa 4 (misalnya titik 0 derajat, 90 derajat, 180 derajat, 270 derajat)

  • Flame Detector

flame_detector Proteksi kebakaran untuk tandon minyak

Flame detector merupakan alat yang berfungsi mendeteksi percikan api. Ketika flame detector mengidentifikasi sinyal yang di tanggap oleh flame detector akan di kirim ke control panel.

  • Detector Control Panel dan Fire Alarm

detector_controlpanel Proteksi kebakaran untuk tandon minyak

Detector control panel berfungsi untuk memberi sinyal kepada petugas bahwa sedang terjadi kebakaran di tandon minyak. Di detector control panel memberikan lampu indikator bahwa wilayah yang terjadi kebakaran akan menyala diikuti bunyi alarm yang ada di detector control panel. Kemudian setelah detector control menerima sinyal, secara otomatis akan membuka valve. Tetapi jika detector yang terpasang belum menangkap sinyal tanda kebakaran tetapi petugas sudah mengetahui identifikasi kebakaran bisa langsung ke dinyalakan secara manual supaya valve bisa terbuka sehingga media foam bisa menyelimuti kebakaran pada tandon minyak/ tangki minyak.

  • Valve

Valve ini digunakan untuk membuka dan menutup aliran air. Valve ini dalam proteksi kebakaran untuk tandon minyak. Idealnya dipasang setelah inline inductor, sehingga cairan foam bisa langsung mengalir ke foam maker. Tetapi juga bisa dipasang sebelum foam bladder atau bisa juga dipasang di kedua titik sebelum foam bladder dan setelah inline induktor.

 

Kontraktor Ahli dalam Proteksi Kebakaran untuk Tandon Minyak

Untuk hal tersebut kami dari Bromindo yang memiliki tim engineering yang perpengalaman dan memiliki jam terbang kerja tinggi dalam segala proteksi akan resiko akan kebakaran. Bromindo merupakan kantraktor yang ahli dalam proteksi kebakaran untuk tandon minyak. Kami siap membantu dalam proyek proteksi kebakaran untuk tandon minyak. Kami memiliki sertifikat NFPA dan mengacu dari ketentuan SNI. Untuk info lebih lanjut bisa langsung hubungi kami atau bisa langsung ke kantor kami di Jln Perintis Kemerdekaan 37E, Pudak Payung, Semarang.

Leave a Comment