Proyek Fire Hydrant PT Indotirta Jaya Abadi

Proyek Fire Hydrant PT Indotirta Jaya Abadi

PT Indotirta Jaya Abadi adalah perusahaan air minum yang terkenal dengan brand Aguaria dan Indoteh. Pabrik yang berada di Jl. Majapahit no 765 km 11 Semarang ini memiliki luas area 2 hektar dan luas bangunan 1200 m2. PT Indotirta Jaya Abadi mempercayakan Bromindo Mekar Mitra untuk melakukan pekerjaan Instalasi Fire Hydrant System pada area pabrik untuk menambah nilai lebih pada perusahaan serta sebagai sistem proteksi yang bisa melindungi aset dari bahaya kebakaran yang mungkin terjadi. pekerjaan instalasi fire hydrant meliputi pekerjaan mekanikal seperti pemasangan dan setting 3 pompa yang meliputi Electric Fire Pump dan Diesel pump berkapasitas 500 US GPM dengan head 90 m. pompa Elektrik digunakan sebagai penggerak air utama saat terjadi kebakaran dengan menggunakan tenaga listrik dari Gedung. sedangkan pompa Diesel akan menggantikan fungsi sebagai pendorong air dari ground tank ke jaringan instalasi hydrant saat pompa elektrik tidak dapat berfungis karena putusnya aliran listrik atau kegagalan teknis lainnya. dan jockey pump yang memiliki fungsi untuk menstabilkan tekanan air dalam instalasi fire hydrant saat sistem fire hydrant dalam keadaan standby.

Proyek Fire Hydrant PT Indotirta Jaya Abadi instalasi Outdoor

Proyek Fire Hydrant PT Indotirta Jaya Abadi meliputi instalasi jaringan indoor dan outdoor. untuk instalasi luar gedung, dipasang 4 buah Hydrant pillar yang berfungsi untuk memproteksi seluruh area bagian luar gedung. Hydrant pillar adalah output dari jaringan air bertekanan yang berasal dari groundtank. dan dihubungkan dengan selang berukuran 2.5 inch yang bisa mencapai jarak 30meter. jika dibutuhkan, selang tersebut bisa disambung menjadi lebih panjang sehingga bisa mencapai jarak 60m. saat air dalam groundtank habis, petugas pemadam kebakaran bisa melakukan supply air dari mobil pemadam melalui siamese connection sehingga proses pemadaman dapat terus berlangsung. dalam instalasi outdoor Proyek Fire Hydrant PT Indotirta Jaya Abadi juga terdapat hydrant box tipe C yang berukuran 95x66x20 cm untuk meletakkan perlengkapan hydrant aksesoris seperti nozzle dan selang hydrant.

Proyek Fire Hydrant PT Indotirta Jaya Abadi Instalasi Indoor

Untuk jaringan didalam gedung pada Proyek Fire Hydrant PT Indotirta Jaya Abadi kami menggunakan hose reel tipe swing complete with hose dan nozzle berukuran 1 inch x 30m. fungsi hose reel ini sama dengan hydrant pillar di luar gedung sebagai output keluarnya air dari jaringan pipa hydrant. namun memiliki ukuran yang lebih kecil untuk memudahkan dalam penanganan kebakaran di dalam ruangan. Untuk pemipaan, kami menggunakan pipa instalasi  berbagai macam ukuran, dari yang terkecil 2 inch sampai 8 inch, untuk instalasi pipa jalur utama menggunakan penopang beton agar pipa tidak mudah korosif dan tahan lama, besi UNP, besi siku, U Bolt, klem merupakan material pendukung agar support pipa menjadi lebih kokoh dan tahan goncangan saat fire hydrant beroperasi. Untuk penyelesaian proyek fire hydrant PT Indotirta Jaya Abadi membutuhkan waktu 80 hari.

Leave a Comment