PT Sritex Sukoharjo Terbakar, Begini Kronologi dan Antisipasinya

PT Sritex Sukoharjo menjadi korban keganasan si jago merah. Kebakaran menimpa gudang kapas cadangan PT Sri Rezeki Isman tersebut pada Jumat malam (27/09).

Lalu bagaimana kronologi dan antisipasi kebakaran PT Sritex Sukoharjo tersebut? Simak di bawah ini untuk informasi lengkapnya!

Kronologi Kebakaran PT Sritex Sukoharjo

PT Sritex Sukoharjo - Sritex TerbakarSumber: TribunSolo

Kebakaran menimpa PT Sritex Sukoharjo pada Jumat 27 September 2019 pukul 21.00 WIB. Kebakaran tersebut melahap gudang kapas cadangan PT Sritex yang berada di Jl. KH Samanhudi, Sawah, Banmati, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Hingga pada Hari Sabtu (28/19), menurut laporan masih dilakukannya pemadaman. Tim Damkar Sukoharjo dan Surakarta beserta Tim PMI dikerahkan untuk memadamkan api.

Menurut Joy Citradewi selaku juru bicara PT Sritex Sukoharjo, kebakaran pada gudang kapas tersebut tidak memakan korban jiwa. Kebakaran pun tidak mengganggu aktivitas pada PT Sritex Sukoharjo.

Namun, pihak berwajib masih mendalami penyebab terbakarnya gudang kapas tersebut. Welly Salam selaku sekretaris Sritex mengatakan pihak Sritex masih menghitung kerugian yang diakibatkan kebakaran tersebut. Namun, menurutnya kebakaran ini tidak berdampak besar.

Antisipasi Kebakaran PT Sritex Sukoharjo

Meskipun berdampak kecil, namun antisipasi kebakaran pada gudang kapas PT Sritex Sukoharjo sangat diperlukan. Proteksi kebakaran dibutuhkan pada tiap bangunan dan perusahaan untuk melindungi aset yang dimiliki. Lalu proteksi kebakaran seperti apa yang tepat untuk mengantisipasinya?

Jika menilik kasus kebakaran gudang kapas PT Sritex, api cepat membesar dan sulit untuk dipadamkan. Seperti pada bahan bakarnya sendiri, kapas memang masuk dalam benda padat mudah terbakar. Bahkan menurut perhitungan Heat Release Rate pada NFPA 13, kapas berada pada range growth 20-40 per detik.

Kebakaran ini tentu masuk dalam kebakaran kelas A. Untuk antisipasi awal, dapat diatasi dengan APAR dry chemical powder. Namun, tentunya APAR saja tidak cukup untuk memproteksi gudang kapas.

Untuk proteksi kebakaran lainnya bisa menggunakan Fire Alarm. Sistem ini hanya merupakan sistem pemadam pasif. Fungsinya hanya untuk mendeteksi dan menotifikasi kebakaran.

PT Sritex Sukoharjo - Fire Sprinkler

Ada baiknya jika PT Sritex Sukoharjo menginstal fire sprinkler pada gudang kapas. Fire Sprinkler merupakan sistem pemadam otomatis yang akan mengeluarkan medianya saat glass bulb pecah ketika suhu berada di suatu titik tertentu.

Sprinkler ini dapat terintegrasi dengan fire alarm. Fire alarm dapat menotifikasi sekaligus mengoperasikan Fire Sprinkler apabila digabungkan kedua jenis detector, yakni smoke dan heat detector.

Proteksi Aset dan Bangunan dengan Produk Berkualitas

Setelah menilik kronologi dan antisipasi kebakaran PT Sritex Sukoharjo, tentu sekarang Anda paham betapa pentingnya proteksi kebakaran, bukan? Jika Anda berminat untuk menginstalasi proteksi kebakaran, ada baiknya menggunakan produk berkualitas.

Bromindo merupakan distributor perlengkapan proteksi kebakaran. Kami menjual perlengkapan Fire Sprinkler, Fire Alarm, Fire Hydrant, hingga APAR berbagai media.

PT Sritex Sukoharjo - Firecek

Bahkan, kami pun telah meluncurkan aplikasi Firecek. Aplikasi ini ditujukan bagi pengguna APAR untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku alat pemadam api yang dimiliki.

Masih bingung dengan proteksi kebakaran seperti apa yang sesuai untuk aset dan bangunan Anda? Tak perlu khawatir, konsultasikan saja pada kami! Kami merupakan kontraktor proteksi kebakaran yang menyediakan jasa konsultasi, perencanaan, instalasi, dan service fire system. Kami memiliki tenaga ahli berpengalaman yang bekerja sesuai standar NFPA dan SNI.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan proteksi kebakaran terbaik!

Bromindo

 

Recommended Posts

Leave a Comment