RSUD Tangerang Terbakar

Terjadi kebakaran di RSUD Tangerang pada Senin (25/2) pukul 23.15 WIB. Ratusan pasien dievakuasi ke rumah sakit lainnya di kota Tangerang. Lalu bagaimana kronologinya? Informasi lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Kronologi Terbakarnya RSUD Tangerang

RSUD Tangerang - Kebakaran RSUD Tangerang

Sumber: Twitter/ronygatek

Kebakaran rumah sakit terjadi di RSUD Tangerang pada Senin malam, 25 Februari 2019. Kejadian tersebut menimpa lantai dua hingga lantai 6 RSUD Tanggerang.

Akibatnya, ratusan pasien dipindahkan ke sejumlah rumah sakit lainnya di daerah kota Tangerang. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Setidaknya ada sepuluh unit mobil pemadam yang dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut. Kebakaran terparah ada di lantai dua dan enam.

Disinyalir api bermula dari gardu listrik di lantai tiga. Menurut laporan, panel listrik bersifat paralel dari lantai satu hingga lantai delapan.

Untuk beberapa hari ke depan RSUD Tangerang tidak akan beroperasi. Rumah sakit tersebut akan kembali beroperasi sampai segala infrastuktur selesai dibenahi.

Antisipasi Kebakaran RSUD Tangerang

Kebakaran pada rumah sakit sangatlah fatal. Pasalnya, rumah sakit merupakan fasilitas publik yang sudah sepatutnya melayani masyrakat dan memberikan keamanan dan kenyamanan. Lalu bagaimana antisipasi agar kebakaran di RSUD Tangerang ini tidak kembali terjadi di rumah sakit manapun?

Bila menilik kebakaran cepat menyebar karena panel listrik yang paralel, ada baiknya masing-masing panel listrik harus dipisah. Selain itu, sebagai ruangan yang berpotensi menimbulkan kebakaran, gardu listrik perlu dilengkapi dengan Fire Suppression System.

RSUD Tangerang - Fire Suppression System

Fire Suppression System merupakan sistem proteksi kebakaran otomatis. Sistem ini merupakan detektor sekaligus aktuator keluarnya media pemadam. Ketika terdeteksi adanya api, selang pada sistem ini akan pecah dan mengeluarkan medianya secara otomatis.

Untuk gardu listrik RSUD Tangerang ini sebaiknya menggunakan Fire Suppression System dengan media HFC-227. Media ini merupakan media clean agent yang tidak meninggalkan residu dan tidak pula merusak perangkat elektronik.

Selain itu, memang HFC-227 tepat untuk mengatasi kebakaran kelas C. Yakni, menurut klasifikasi kelas kebakaran, kebakaran kelas C diakibatkan oleh penggunaan alat listrik.

Hindari Kebakaran Seperti di RSUD Tangerang dengan Cara Ini!

Setelah mengetahui sistem dan media yang tepat untuk diinstal pada ruang gardu listrik, kini saatnya memaksimalkan proteksi kebakaran tersebut. Caranya adalah dengan mempercayakan proses pemasangan dari kontraktor terbaik dan produk berkualitas.

Bromindo merupakan kotraktor dan distributor alat pemadam api. Kami telah dipercaya banyak instansi dan perusahaan untuk melindungi bangunan dan aset mereka.

Selain menyediakan produk berkualitas, kami juga memiliki lisensi dan sertifikat serta menggunakan standar NFPA dan SNI. Kami pun memiliki teknisi profesional dan berpengalaman.

Jangan takut dengan biaya sistem proteksi kebakaran. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan tenaga ahli kami tentang proteksi kebakaran yang sesuai dengan bangunan yang ingin diproteksi dan juga yang sesuai dengan budget Anda.

Tunggu apalagi? Yuk, hubungi Bromindo sekarang juga di menu contact us!

RSUD Tangerang - Fire Fighting

Recommended Posts

Leave a Comment