Rutan Sinabang Aceh Terbakar

Kebakaran terjadi di Cabang Rutan Sinabang Aceh pada Minggu dini hari (17/03). Lebih dari 50 narapidana di evakuasi akibat kebakaran ini. Lalu bagaimana kronologi kebakaran Rutan Sinabang Aceh tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

Kronologi Kebakaran Rutan Sinabang Aceh

Rutan Sinabang Aceh - Rutan TerbakarSumber: Ist/Ditjenpas

Rutan Sinabang Aceh dilalap si jago merah pada Minggu, 17 Maret 2019 dini hari. Tak tanggung-tanggung, api melahap sejumlah ruangan di rutan tersebut, termasuk ruang kantor, ruang huni, dan ruang kesehatan.

Pada saat terjadi kebakaran, sekitar 80 narapidana berada di dalam Rutan Sinabang Aceh. Usai kebakaran, sebanyak kurang lebih 50 orang pidana dipindahkan ke Polres Simuelue.

Menurut Sekretaris Dirjen PAS, Ibnu Chuldun, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Sebagian narapidana dievakuasi dan sebagian lainnya dibawa kembali ke Rutan Sinabang Aceh dan menempati ruang hunian yang masih berfungsi.

Kebakaran ruko-ruko kayu di sekitar rutan menjadi penyebab kebakaran ini. Belum diketahui total kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran tersebut.

Akibat insiden ini, pelayanan di Rutan Sinabang Aceh pun terhambat. Ibnu pun menyampaikan akan menerjunkan tim untuk melakukan pengecekkan dan pemulihan rutan agar segera dapat digunakan seperti semula.

Antisipasi Kebakaran Rutan Sinabang Aceh

Rutan Sinabang Aceh - APAR Terbakar

Setelah menilik kronologi kebakaran Rutan Sinabang Aceh di atas, tentunya akan menyadarkan kita betapa pentingnya proteksi kebakaran pada tiap bangunan. Tak hanya mall, perkantoran, rutan pun harus memiliki fire protection.

Lalu bagaimana antisipasi yang tepat untuk menghindari agar kebakaran Rutan Sinabang Aceh tidak terjadi lagi? Mari kita simak bersama.

Untuk proteksi kebakaran paling awal, setidaknya tiap bangunan wajib memiliki alat pemadam api ringan (APAR). Untuk media APAR yang digunakan, bisa menggunakan APAR dry chemical powder.

Media dry powder cocok untuk masuk ke hampir semua klasifikasi kelas kebakaran, yakni kelas A, B, dan C. Untuk bangunan rutan sendiri pun dapat masuk dalam klasifikasi kebakaran kelas A dan C.

Petugas dan penghuni rutan pun tentunya harus dilatih tentang cara penggunaan APAR yang baik dan benar. Agar, alat proteksi ini benar-benar dapat dimaksimalkan dan APAR tidak hanya sekedar aksesoris bangunan semata.

Namun, APAR saja rasanya tidak cukup untuk memproteksi rutan. Pihak rutan ada baiknya menginstall fire alarm system sebagai proteksi kebakaran yang lebih maksimal.

Rutan Sinabang Aceh - Fire Alarm

Sistem ini memiliki detector gejala kebakaran seperti panas, asap, dan api. Ketika detector mendeteksi terjadinya gejala tersebut, maka detector akan mengirim sinyal dan akan ada notifikasi dari alarm.

Jika alarm sudah mendeteksi adanya kebakaran, petugas rutan dapat langsung memadamkan api dengan APAR atau menelfon pemadam kebakaran. Tentunya fire alarm system sangat efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Maksimalkan Fire Safety dengan Produk Terpercaya

Nah, itu dia kronologi dan antisipasi untuk menghindari kebakaran Rutan Sinabang Aceh agar tidak terjadi lagi. Ada baiknya dinas terkait memasang proteksi kebakaran untuk rutan dengan produk terbaik agar perlindungan yang diberikan pun lebih maksimal.

Untuk mendapatkan perlengkapan fire safety terbaik, Anda bisa mendapatkannya di Bromindo. Kami adalah kontraktor dan distributor alat pemadam kebakaran yang sudah dipercaya oleh banyak dinas, perkantoran, pengusaha, untuk melindungi bangunan dan aset yang dimiliki.

Anda bisa menginstal fire alarm dengan menggunakan jasa dan produk dari Bromindo. Jika masih bingung dengan proteksi kebakaran yang sesuai untuk bangunan yang ingin diproteksi, Anda dapat berkonsultasi dengan tenaga ahli yang kami miliki.

Tak hanya fire alarm, kamu juga menjual APAR dari berbagai media dan brand. Sebut saja GuardAll, dexter, firefix, dan lainnya.

Selain itu, ada kabar bahagia untuk Anda pengguna APAR! Bromindo telah meluncurkan aplikasi Firecek yang akan memudahkan pengguna untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang dimiliki.

Tunggu apalagi? Segera lindungi bangunan dan aset Anda pada Bromindo. Jika masih ada pertanyaan seputar artikel atau produk, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini.

Rutan Sinabang Aceh - Secutron Alarm Bell

Recommended Posts