Selang Pemadam Kebakaran

Selang Pemadam Kebakaran

Fire hose atau selang pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan petugas pemadam kebakaran untuk mengalirkan air bertekanan dari sumber air saat terjadi musibah kebakaran di suatu tempat, sumber air ini bisa berasal dari mobil pemadam kebakaran atau hydrant pillar pada jaringan instalasi hydrant di sebuah gedung. Selang pemadam kebakaran membantu proses pemadaman api menjadi lebih cepat karena selang ini dapat ditarik dan direntangkan sampai ke jarah yang jauh. Sehingga jangkauan lebih luas, walaupun kebakaran berada jauh dari sumber air bisa ditangani dengan menggunakan selang pemadam ini. Jarak yang dapat dijangkau untuk satu selang adalah 30 meter. Jika jarak titik api lebih jauh lagi, maka selang bisa disambung dengan selang lain agar lebih panjang.Selang Pemadam Kebakaran

Pemakaian Selang Pemadam Kebakaran

Selang pemadam api juga harus diperlakukan dengan baik, setelah dipakai untuk memadamkan kebakaran selang digulung dengan rapi untuk memudahkan saat akan digunakan kembali. Teknik menggulung selang pemadam kebakaran yang baik ada 2 cara. Yaitu single roll dan double roll. Single roll membuat salah satu coupling menjadi pusat gulungan. Sedangkan double roll kedua coupling berada diluar gulungan. Selang pemadam kebakaran sebaiknya dilakukan pengecekan secara rutin, selain untuk melakukan testing kebocoran dan kerusakan, hal ini juga untuk mengantisipasi agar selang pemadam kebakaran tidak kering sehingga menjadi kaku dan sulit digunakan.

Prosedur Penggunaan Selang Pemadam Kebakaran

Prosedur setelah penggunaan selang juga harus diperhatikan, seperti mengeringkan selang pemadam kebakaran untuk beberapa waktu. Karena jika selang digulung dalam keadaan basah dikhawatirkan selang akan menjadi lengket serta berjamur. Akibatnya jika sudah berjamur air yang keluar dari selang tidak akan maksimal. Perhatikan juga cara saat melepas selang dari sumber air, cara yang benar yaitu mendorong ujung kumparan untuk mengurai / meregangkan selang, bukan langsung ditarik secara paksa untuk melepaskan. Dengan penggunaan yang benar, maka selang dipastikan akan lebih awet. Saat menarik selang ke arah titik api, perhatikan landasan yang digunakan. Sebaiknya gesekan antar selang dengan tanah / aspal dan lainnya harus diminimalkan. Walaupun media yang digunakan selang pemadam kebakaran adalah serat kanvas yang kuat, jika sering terjadi pergesekan dengan benda kasar secara terus-menerus maka dikhawatirkan selang akan mengalami kebocoran dan akhirnya tidak dapat dipakai lagi.

Leave a Comment