Simbol Pada Tabung Alat Pemadam Kebakaran

Simbol Pada Tabung Alat Pemadam Kebakaran


Simbol Pada Tabung Alat Pemadam Kebakaran

Apakah simbol dan tanda yang terdapat pada tabung pemadam kebakaran ? Banyak yang tidak pernah mau memperhatikan denganseksama tulisan yang terdapat pada alat pemadam kebakaran, bahkan banyak yang hingga cara penggunaannya pun tidak tahu, padahal alat pemadam api sudah dibeli terpasang dan sudah sekian tahun, setelah membaca artikel ini dengan seksama saya berharap anda menyadari dan beranjak dari tempat duduk, menuju tempat alat pemadam kebakaran dipasang selanjutnya cobalah memahami isi artikel Simbol Pada Tabung Alat Pemadam Kebakaran.

Simbol Pada Tabung Alat Pemadam Kebakaran terdiri dari empat macam kelas kebakaran ( versi american standart ), Hal ini bertujuan untuk mengelompokkan media tabung alat pemadam kebakaran dengan kelas kebakaran sehingga mencapai kesesuaian yang berdampak kepada efektifitas alat pemadam kebakaran itu sendiri.

  • Untuk kebakaran kelas A adalah ordinary combustible dengan simbol segitiga sama sisi yang diberi dasar warna hijau kemudian pada bagian tengah bertuliskan huruf A dengan tulisan ORDINARY COMBUSTIBLE.
  • Untuk kebakaran kelas B adalah flamable liquids dengan simbol gambar bujur sangkar dengan warna dasar merah sedangkan pada bagian tengah berlogo huruf B dengan tulisan FLAMABLE LIQUIDS.
  • Untuk klasifikasi kebakaran kelas C adalah electrical equipment dengan simbol gambar lingkaran dan diberi dasar warna biru dan pada bagian tengahnya berrtuliskan huruf C dangan tulisan ELECTRICAL EQUIPMENT.
  • Pada kelas D adalah combustible metals dengan simbol bintang lima dengan warna dasar kuning serta pada bagian tengahnya bertuliskan huruf D dan bertuliskan COMBUSTIBLE METALS

Simbol Pada Tabung Alat Pemadam Kebakaran pola pemasangannya dapat dilakukan dengan dua cara :

  1. Jika dipasangkan pada tabung pemadam api portable atau alat pemadam api ringan ( APAR ) smbol harus ditempatkan pada bagian muka atau bagian depan tabung pemadam kebakaran, diletakkan pada bagian atas atau pada bagian bawah tabung pemadam kebakaran.
  2. Jika penempatanya pada dinding usahakan berada pada bagian atas tabung pemadam kebakaran, simbol tersebut harus mudah dibaca dari jarak 8 meter.

Standart warna yang digunakan pada simbol alat pemadam kebakaran mengacu pada  federal color standard number US Government Printing Office

a.  Green  (hijau)    :   No  14260;

b.   Red    (merah)  :   No  11105;

c.   Blue   (biru)       :   No  15102;

d.   Yellow (kuning) :   No  13655;

Diberi satu simbol karena alat pemadam kebakaran tersebut hanya mampu untuk satu kelas kebakaran seperti water pressurized type extinguisher hanya untuk api kelas A, maka diberi simbol api kelas A (ordinary combustible) dan juga dry powder hanya untuk api kelas D, maka diberi simbol api kelas D (combustible metals);

Diberi dua simbol karena alat pemadam tersebut untuk dua kelas kebakaran seperti Carbon Dioxyde  untuk kebakaran kelas B dan kebakaran kelas C, maka diberi simbol kebakaran kelas B (flammable liquids) dan simbol kebakaran kelas C (electrical equipment)

Diberi tiga simbol karena alat pemadam kebakaran tersebut untuk tiga kelas kebakaran seperti Multipurpose Dry Chemical Extinguisher untuk kebakaran kelas A, kebakaran kelas B dan kebakaran kelas C, maka diberi simbol  kelas A (ordinary combustible), simbol api kelas B (flammable liquids) dan simbol api kelas C (electrical equipment).

Simbol Pada Tabung Alat Pemadam Kebakaran yang di sampaikan diatas adalah simbol kelas kebakaran dan standart yang berlaku di amerika, ada beberapa standart kelas kebakaran lain tentunya harus kita pahami juga yaitu British Standart, Japan Standart, dan Australian Standart.

Comments
  • adeline

    Pak saya mao tanya nih apakah tabung fire extinguisher harus ada tanda SNI nya pada tabung tersebut

Leave a Comment