Sistem Kebakaran Terbaik untuk Data Center Standar FM & NFPA

Data center merupakan jantung dari operasi bisnis modern. Karena peran vitalnya, sangat penting melindungi data center dari risiko kebakaran. Sistem kebakaran terbaik untuk data center akan mengurangi risiko kerusakan dan memastikan kelangsungan operasi bisnis.

Mengapa Data Center Rentan Kebakaran dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

sistem kebakaran terbaik untuk data center standar NFPA 75

Data center adalah infrastruktur vital yang menyimpan, mengelola, dan menyebarkan data besar. Dengan ketergantungan yang semakin meningkat pada teknologi informasi, menjaga data center agar terhindar dari bencana seperti kebakaran adalah prioritas utama.

Kebakaran di data center tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan fisik pada komponen data center yang mahal. Insiden ini juga bisa menyebabkan kehilangan data yang tidak ternilai harganya, gangguan layanan, hingga kerugian finansial yang sangat signifikan.

Ya, data center memang rentan terhadap beberapa jenis kebakaran, terutama yang disebabkan oleh gangguan listrik dan panas berlebih. Kebakaran listrik di data center biasanya terjadi akibat korsleting atau kegagalan komponen elektronik.

Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebar dengan cepat, seringkali tanpa deteksi awal yang cukup. Panas berlebih dari server yang terus menerus beroperasi juga bisa memicu kebakaran, terutama jika sistem pendinginan gagal atau tidak memadai.

Perlindungan kebakaran di data center diatur oleh beberapa standar. Standar ini dirancang untuk meminimalisir risiko dan memastikan respons cepat jika kebakaran terjadi. Salah satu standar paling penting untuk data center adalah standar NFPA 75.

Sistem kebakaran terbaik untuk data center media clean agent ramah lingkungan

NFPA 75: Standard for the Fire Protection of Information Technology Equipment merupakan standar yang mencakup pedoman tentang cara memasang dan memelihara peralatan dalam data center untuk mencegah kebakaran, termasuk rekomendasi untuk:

  • Konfigurasi peralatan yang meminimalkan risiko kebakaran.
  • Sistem pendeteksian kebakaran yang harus diterapkan untuk memberikan peringatan dini sebelum kebakaran dapat berkembang.
  • Jenis bahan bangunan yang digunakan dalam konstruksi data center yang harus mematuhi standar resistensi api yang tinggi.

Standar ini bertujuan untuk mencegah kejadian kebakaran dan membatasi penyebarannya. Dengan mengikuti standar ini, Anda dapat memastikan bahwa mereka memiliki sistem perlindungan kebakaran yang efektif dan sesuai dengan praktik terbaik industri.

Jangan Keliru! Ini Sistem Kebakaran Terbaik untuk Data Center

Data center memerlukan solusi yang tidak hanya efektif dalam memadamkan kebakaran, tetapi juga aman untuk peralatan sensitif. Berikut ini adalah beberapa sistem pemadam kebakaran terbaik yang direkomendasikan untuk ruang data center:

1. Clean Agent Fire Suppression System

sistem kebakaran terbaik untuk data center media ramah lingkungan

Sistem pemadam kebakaran dengan gas clean agent adalah pilihan populer untuk data center karena efektivitas dan keamanannya. Gas ini seperti FM-200, NOVEC 1230, atau Inergen bekerja dengan cepat untuk memadamkan kebakaran tanpa meninggalkan residu.

Keunggulan sistem ini adalah mampu memadamkan api tanpa merusak alat elektronik. Gas clean agent memadamkan kebakaran dengan menyerap panas dan mengurangi konsentrasi oksigen di ruangan, namun tetap menjaga tingkat oksigen aman untuk manusia.

Baca juga: Apakah FK-5-1-12 Sama dengan Novec 1230? Ini Penjelasannya

2. Water Mist System

Sistem kabut air (water mist) merupakan alternatif inovatif lain untuk pemadaman kebakaran di data center. Sistem ini menyemprotkan air dalam partikel sangat halus yang bisa menyerap panas dan mengurangi oksigen yang mendukung pembakaran.

Partikel air ini cukup lembut, sehingga tidak merusak alat elektronik. Teknologi ini efektif dalam memerangi berbagai jenis kebakaran, termasuk kebakaran listrik. Media ini dianggap sebagai solusi yang lebih ramah lingkungan dibanding dengan beberapa gas clean agent.

3. Inert Gas Suppression Systems

sistem kebakaran terbaik untuk data center tidak meninggalkan residu

Sistem gas inert seperti Argonite atau ProInert, menggunakan gas yang tidak reaktif. Gas ini memiliki kemampuan untuk mengurangi konsentrasi oksigen di area kebakaran hingga ke level dimana api tidak dapat berkobar, tetapi masih aman untuk manusia.

Sistem ini sangat efektif dan aman untuk digunakan di ruang yang berisi peralatan elektronik sensitif. Ini karena sifat inert gas yang tidak menghasilkan residu atau produk samping apa pun yang dapat merusak berbagai peralatan elektronik penting di data center.

Pasti Aman! Pilih Sistem Kebakaran Terbaik untuk Data Center yang FM Approved

Memilih sistem pemadam kebakaran yang tepat sangat penting untuk melindungi investasi dan operasional data center. Berikut ini adalah faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih fire system protection untuk data center:

  • Efektivitas: Penting untuk memilih sistem yang bisa cepat bereaksi terhadap api dan efektif memadamkan api tanpa merusak peralatan sensitif.
  • Keamanan: Sistem pemadam harus aman tidak hanya bagi peralatan, tetapi juga bagi manusia yang mungkin berada di dalam data center saat kebakaran terjadi.
  • Dampak Lingkungan: Beberapa agen pemadam mungkin memiliki potensi pemanasan global atau ozon depletion potential. Pilih sistem dengan dampak lingkungan yang minimal.
  • Biaya dan Pemeliharaan: Pertimbangkan biaya instalasi awal dan pemeliharaan berkelanjutan dari sistem. Sistem yang lebih kompleks mungkin memerlukan investasi dan pemeliharaan yang lebih intensif.
  • Persetujuan dan Sertifikasi: Sistem yang dipilih harus memenuhi atau melebihi standar industri dan peraturan keamanan kebakaran, seperti NFPA dan FM Global.

Lalu, apa rekomendasi produk fire suppression system yang memenuhi kriteria tersebut? GuardALL Gas Suppression System (GFTO) adalah solusi terbaik untuk keamanan aset di data center Anda, karena telah memenuhi standar NFPA dan FM Approved.

sistem kebakaran terbaik untuk data center sertifikasi FM Global

GuardALL GFTO telah mendapatkan sertifikasi FM Approved yang berarti telah memenuhi standar ketat yang ditetapkan oleh FM Global. Sertifikasi ini menjamin bahwa produk ini dapat diandalkan dan efektif dalam memadamkan kebakaran.

Mengapa FM Approved penting? FM Global melakukan pengujian yang ekstensif dan menyeluruh untuk memastikan bahwa produk yang disertifikasi memenuhi standar tertinggi. Dengan begitu, data center lebih aman dengan perlindungan yang terbukti efektif.

Menginvestasikan dalam sistem pemadam kebakaran GuardALL GFTO yang sudah FM Approved adalah langkah strategis dalam melindungi data center. Biarkan sistem kebakaran terbaik menjaga data center Anda agar tetap aman dan operasional setiap saat.

Keunggulan Sistem Kebakaran Terbaik untuk Data Center GFTO GuardALL

Sebagai sistem kebakaran terbaik untuk data center, GuardALL Gas Suppression System (GFTO) tidak hanya telah FM Approved saja. Sistem ini juga dibekali dengan berbagai keunggulan. Berikut adalah keunggulan utama GuardALL GFTO:

1. Media Pemadam Aman untuk Peralatan Elektronik

GuardALL GFTO menggunakan gas supresi canggih untuk melindungi peralatan elektronik sensitif dan data berharga. Gas ini tidak meninggalkan residu, sehingga setelah pemadaman, peralatan elektronik seperti server dan switch tidak mengalami kerusakan.

2. Respon Cepat dan Efektif

sistem kebakaran terbaik untuk data center bisa aktif otomatis

Sistem ini dirancang untuk merespon api dengan sangat cepat. Detektor yang sensitif dapat segera mengidentifikasi tanda-tanda api atau asap dan mengaktifkan sistem supresi dalam hitungan detik, sehingga kebakaran dapat diredam sebelum berkembang lebih jauh.

3. Aman untuk Manusia

Salah satu pertimbangan dalam memilih sistem pemadam kebakaran untuk data center adalah keamanan personel. Gas yang digunakan dalam sistem GFTO GuardALL aman bagi manusia, memungkinkan waktu evakuasi yang memadai tanpa risiko terpapar bahan kimia.

4. Pemasangan dan Pemeliharaan yang Mudah

Sistem GFTO GuardALL dirancang untuk dipasang dengan mudah di berbagai lingkungan data center. Pemeliharaan sistem ini juga praktis, sehingga memastikan bahwa sistem selalu dalam kondisi siap pakai tanpa memerlukan perawatan intensif.

5. Beroperasi Otomatis Tanpa Intervensi Manusia

Sistem ini mampu beroperasi otomatis tanpa intervensi manusia. Ini mengurangi risiko kesalahan manusia dan memastikan respon yang cepat. Sistem ini dirancang untuk mengaktifkan pemadaman secara otomatis setelah mendeteksi tanda kebakaran.

Nah, itu dia sistem kebakaran terbaik untuk data center. Dengan memilih GFTO GuardALL, data center Anda bisa lebih aman dari risiko kebakaran. Yuk, konsultasikan kebutuhan fire suppression system untuk proteksi data center Anda dengan hubungi kontak kami!

Recommended Posts

Leave a Comment

0