Sistem Proteksi Kebakaran Gedung Bea Cukai Jateng & DIY di Kota Semarang

sistem proteksi kebakaran

Sistem proteksi kebakaran pada gedung Bea Cukai Jateng & DIY dipercayakan kepada Bromindo sebagai kontraktor fire protection yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Bekerja sama dengan kontraktor utama yaitu PT Satriamas Karyatama dan PT Galatama. Kami melakukan pengadaan fire equipment yang diperlukan pada instalasi fire alarm dan fire hydrant. Selain itu, kami juga melakukan instalasi hingga commisioning test pada sistem kebakaran sebelum gedung siap digunakan.

Pada sistem proteksi menggunakan hydrant, gedung Bea Cukai menggunakan pompa Versa yang telah dirancang khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan gedung oleh teknisi spesialis pompa Versa. Untuk proteksi menggunakan fire alarm, gedung ini dilengkapi instalasi khusus dari Nittan.

 

Sistem Proteksi Fire Hydrant Versa

Sistem proteksi menggunakan fire hydrant pump dari Versa sudah tidak diragukan lagi kehandalannya. Fire pump dari Versa sudah bersertifikat NFPA 20. NFPA atau National Fire Protection Association merupakan asosiasi yang bergerak dalam perlindungan bahaya akan kebakaran yang telah memiliki standar komponen yang akan dipakai dan standar tersebut digunakan sebagai standar internasional. Sehingga kualitas, kinerja, dan kehandalannya sudah melalui uji kelayakan yang tidak diragukan lagi.

Pada sistem proteksi gedung Bea Cukai ini menggunakan 3 pompa yaitu diesel pump, electric pump, dan jockey pump yang saling terintegrasi sesuai dengan fungsi masing-masing. Pompa yang digunakan adalah jenis vertical turbine yang telah di-custom oleh teknisi spesialis pompa Versa. Salah satu kelebihan dari pompa ini yaitu bentuknya yang simple sehingga tidak memakan banyak ruang dan minim penggunaan aksesoris.

Sistem proteksi pada seluruh gedung dilengkapi dengan sprinkler head yang berfungsi sebagai output air dari instalasi hydrant. Sprinkler head ini yang nantinya akan mengeksekusi titik api dan memadamkannya. Tipe sprinkler head yang digunakan yaitu tipe pendant yang akan bekerja pada suhu 68˚C dan tipe upright yang akan bekerja pada suhu 79˚C. Sprinkler pendant digunakan untuk di dalam ruangan sedangkan tipe upright digunakan untuk proteksi di luar ruangan seperti tempat parkir dan lobi.

 

Sistem Proteksi Fire Alarm Nittan

Sistem proteksi gedung Bea Cukai dilengkapi dengan fire alarm system dari Nittan dengan instalasi semi addressable. Nittan merupakan perusahan fire system equipment yang berdiri sejak tahun 1954 dan memproduksi produk-produk perlengkapan sistem kebakaran yang telah bersertifikat internasional.

Pada instalasi fire alarm dilengkapi dengan heat detector dan smoke detector di setiap lantai untuk pendeteksi jika terjadi kebakaran. Selain itu juga dilengkapi dengan annunciator, master control panel, fire telephone, dan beberapa item pendukung lainnya agar sistem dapat bekerja dengan efektif. Instalasi dilakukan oleh teknisi spesialis fire alarm system Nittan yang telah berpengalaman. Sehingga kinerja sistem proteksi terjamin dan dapat berfungsi maksimal.

 

Commisioning Test Sistem Proteksi Kebakaran

Commisioning test sistem proteksi kebakaran pada gedung Bea Cukai Jateng & DIY dilakukan pada tanggal 19 Desember 2017 yang dihadiri oleh pihak Bea Cukai Jateng & DIY, kontraktor utama, kontraktor fire system yaitu Bromindo, dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

Commisioning test dilakukan dengan menguji kinerja tiap komponen dalam instalasi oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. Dimulai dari pengetesan kinerja hydrant kemudian fire alarm. Kinerja fire hydrant diuji dengan melihat tekanan air pada saat output melalui nozzle selang pemadam. Indikator pengujian mengacu pada standar SNI (Standar Nasional Indonesia) output air pada ujung nozzle yaitu minimal 4,5 bar. Selain itu juga dilakukan pengujian output air pada sprinkler. Pengujian sprinkler dilakukan dengan memicu pecahnya air raksa dengan pemanasan menggunakan api.

Untuk commisioning test pada sistem fire alarm dilakukan pengujian pada kinerja smoke detector, heat detector, dan alarm. Pengujian smoke detector dilakukan dengan pemberian asap buatan dari smoke checker, sedangkan pada heat detector dilakukan dengan mendekatkan api atau hair dryer pada detector. Ketika detector mendeteksi adanya indikasi kebakaran maka detector akan mengirimkan sinyal ke fire alarm dan master control panel.

Berdasarkan commisioning test yang telah dilakukan, gedung Bea Cukai Jateng & DIY telah memenuhi persyaratan sistem proteksi kebakaran dan siap digunakan.

sistem proteksi kebakaran
sistem proteksi kebakaran
sistem proteksi kebakaran
sistem proteksi kebakaran

Dengan sistem proteksi yang tepat, gedung dan aset dapat terlindungi secara maksimal 24 jam. Percayakan instalasi sistem proteksi Anda kepada Bromindo sebagai kontraktor fire hydrant dan fire alarm yang telah berpengalaman lebih dari satu dekade agar keamanan aset Anda selalu terlindungi.

Leave a Comment

Contact Us

Kirimkan pesan dan saran Anda di sini.

instalasi fire alarm bromindocommisioning test fire alarm commisioning test gas suppression system