Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System

Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System

Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System Water Mist Fire Protection System adalah sebuah system proteksi pemadam kebakaran yang bekerja secara otomatis saat ada kebakaran dalam ruangan, system ini diperkirakan mampu menghemat air 100 kali lipat dari pada menggunakan sistem fire sprinkle biasa saat ada kebakaran. Karena menggunakan kabut halus yang menyebar sehingga dapat menghemat pasokan airnya. Dengan menggunakan water mist fire protection system kerusakan akibat air dapat diminimalkan dan pasca kebakaran peralatan yang ada di tempat tersebut mudah dibersihkan. System ini menggunakan media yang ramah dan tidak beracun bagi lingkungan maupun manusia.

Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System

Dalam melakukan instalasi system ini, kontraktor perlu mengacu pada sebuah standar tertentu. Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System yang digunakan adalah NFPA 750 (National fire protection association) Standar ini mengatur segala sesuatu tentang syarat – syarat, kebutuhan alat, ukuran alat dan lainnya secara lengkap untuk melakukan instalasi water mist fire protection system. Acuan ini digunakan untuk mempermudah kerja kontraktor, dan memastikan system dapat bekerja dengan baik untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran pada bangunan yang diproteksi. Dengan menggunakan cairan dan instalasi pipa tunggal dan tekanan menengah, hal ini akan menghemat dalam biaya pemasangan pipa jaringan atau alat kelengkapan lainnya.

Faktor dalam Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System

Dalam Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System atau standar system lainnya, akan banyak dibahas mengenai skenario faktor – faktor yang bekerja dalam system seperti minimal density nozzle saat bekerja, lokasi dan jarak titik nozzle, durasi minimum pancaran kabut air dan lainnya. Skenario ini dikombinasikan dengan kondisi dan konfigurasi dari skema bangunan itu sendiri serta faktor lainnya seperti jenis kebakaran yang terjadi. Kebakaran yang terjadi misalnya akibat dari cairan kimia, plastik, kertas atau benda elektronik. Sementara kondisi kompartemen yang dibahas antara lain luas dari ruangan, tertutup atau terbuka, dimensi ruangan, ventilasi dan saluran udara. Hal yang sangat penting untuk mengetahui kriteria – kriteria dari skenario diatas. Hal ini akan mempengaruhi cara kerja dari Water Mist fire protection system yang dipasang. Mekanisme kerja dari water mist fire protection system yaitu pendinginan pada area semburan, memblokir suhu panas yang ada di area, dan mendorong serta mencegah oksigen masuk ke area api agar kebakaran tidak membesar. Standar Instalasi Water Mist Fire Protection System dari NFPA 750 mengatur mengenai persyaratan minimun instalasi, desain, pengujian serta pemeliharaan agar water mist dapat berfungsi dengan baik sebagai alat proteksi terhadap kebakaran yang terjadi di dalam ruangan. Hubungi kami di nomor 08882560888 / email : emarketing01@bromindo.com untuk melakukan instalasi system ini di perusahaan anda.

Leave a Comment