Standar Pemasangan Instalasi Hydrant Gedung Sesuai NFPA dan SNI

Standar Pemasangan Instalasi Hydrant Gedung Sesuai NFPA dan SNI

Sebagai upaya untuk membangun sistem hydrant gedung yang optimal, maka standar pemasangan instalasi hydrant harus selalu diterapkan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sistem proteksi kebakaran ini bisa beroperasi dengan baik sebagaimana fungsi yang semestinya.

Seiring banyaknya pembangunan gedung, kebutuhan akan pemasangan instalasi hydrant memang semakin meningkat. Namun, pada prakteknya masih banyak pemasangan instalasi hydrant yang kurang sesuai standar. Akibatnya, hydrant tidak bisa digunakan dengan baik pada saat terjadi keadaan darurat, yaitu kebakaran.

Pentingnya Pemasangan Instalasi Hydrant Sesuai Standar

standar pemasangan instalasi hydrant standar nfpaHydrant merupakan solusi yang sangat menjanjikan bagi sebuah bangunan gedung yang mengalami kebakaran. Terutama untuk bangunan yang sulit diakses oleh mobil pemadam kebakaran. Oleh karena itu, alat ini wajib ada di gedung dan area publik, seperti pasar, mall, perkantoran, rumah sakit, sekolah, hingga pemukiman warga.

Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya kegagalan pada sistem pemadam kebakaran. Salah satunya adalah pemasangan instalasi hydrant yang tidak dilakukan menggunakan standar yang semestinya. Jika hal ini terjadi, maka kebakaran jadi sulit diatasi. Aset berharga yang ada di dalam gedung atau bangunan pun tidak bisa diselamatkan.

Mengingat hydrant merupakan sistem yang cukup besar, maka sudah pasti pembangunanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pemasangan instalasi hydrant harus dilakukan sesuai standar. Jangan sampai biaya yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia karena hydrant yang dibangun tidak bisa bekerja sesuai fungsinya.

Peran dan fungsi hydrant yang sangat penting menjadi alasan kenapa instalasi hydrant harus dilakukan sesuai standar. Pemasangan instalasi hydrant yang dilakukan sesuai standar juga akan mempermudah petugas DAMKAR dalam mengambil tindakan yang tepat dan cepat pada saat terjadi kebakaran.

Standar Pemasangan Instalasi Hydrant Berdasarkan NFPA dan SNI

standar pemasangan instalasi hydrant terkoneksi smartphoneSetiap alat proteksi kebakaran tentu memiliki standar-standar tertentu yang berlaku. Tujuan diberlakukannya standar dalam dunia proteksi kebakaran adalah untuk mewujudkan fire protection yang mampu bekerja optimal. Begitu pula dengan fire hydrant yang proses instalasinya harus mengikuti standar nasional maupun internasional, yaitu SNI dan NFPA.

Standar NFPA

Pemasangan instalasi hydrant gedung berdasarkan standar internasional mengacu pada NFPA atau National Fire Protection Association. NFPA sendiri merupakan organisasi internasional yang memajukan ilmu pengetahuan serta metode pencegahan dan proteksi kebakaran.

NFPA menerbitkan kode dan standar dalam ruang lingkup pencegahan kebakaran, kelistrikan, serta keamanan gedung. Penerbitan standar tersebut bertujuan untuk mencegah jatuhnya korban jiwa serta kerugian properti. Standar pemasangan instalasi hydrant berdasarkan NFPA adalah sebagai berikut.

  • NFPA 20 : Standar instalasi pompa sentrifugal
    NFPA 20 merupakan standar yang mengatur tentang instalasi pompa serta perlengkapannya sebagai sistem proteksi kebakaran. Standar ini bermaksud untuk memastikan bahwa sistem dapat bekerja maksimal dalam memberikan pasokan air yang andal dan memadai pada saat keadaan darurat kebakaran.
  • NFPA 14 : Standar instalasi sistem selang dan pipa tegak
    NFPA 14 adalah standar yang digunakan untuk pemasangan hydrant, standpipe, dan sistem selang. Standar ini juga mencakup metode serta prosedur percobaan aliran air untuk mengevaluasi pasokan air. Maksud dari standar ini adalah untuk mencegah hilangnya nyawa serta kerusakan properti akibat kebakaran.
  • NFPA 13 : Standar instalasi sistem sprinkler
    NFPA 13 membahas terkait desain sistem sprinkler, pemasangan sistem, dan opsi komponen sprinkler yang digunakan dalam bangunan gedung. Tujuan penerapan standar ini adalah untuk mencegah kematian serta kerugian properti akibat kebakaran.

Standar SNI

Selain NFPA, pemasangan instalasi hydrant juga harus mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI). Standar SNI pada pemasangan instalasi hydrant dimaksudkan untuk melindungi jiwa serta harta benda dari bahaya kebakaran. Berikut adalah standar SNI untuk pemasangan instalasi hydrant.

  • SNI 03-1735-2000 : tata cara perencanaan akses bangunan dan akses lingkungan untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung
    Standar ini dibuat sebagai acuan yang diperlukan pada proses perencanaan jalan lingkungan serta akses ke bangunan gedung. Tujuannya agar penyelamatan serta operasi pemadaman kebakaran bisa dilakukan seefektif mungkin.
  • SNI 03-1745-2000 : tata cara perencanaan dan pemasangan sistem pipa tegak dan slang untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung
    Ruang lingkup standar ini mencakup persyaratan minimal untuk instalasi pipa tegak dan sistem hydrant pada gedung. Namun, tidak mencakup persyaratan untuk pemeriksaan berkala, pengujian, dan pemeliharaan sistem pipa tegak.
  • SNI 03-3989-2000 : tentang tata cara perencanaan dan pemasangan sistem sprinkler otomatik untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung
    Cakupan standar ini meliputi persyaratan minimal terkait instalasi pemadam kebakaran sistem sprinkler otomatis dengan instalasi pipa basah. Sasaran dari standar ini adalah penyediaan instalasi pemadam kebakaran pada gedung bertingkat, bangunan industri, dan bangunan lain sesuai klasifikasi sifat hunian.

Kontraktor Hydrant Teknisi Berpengalaman Standar NFPA

standar pemasangan instalasi hydrant teknisi berpengalamanStandar SNI dan NFPA untuk pemasangan instalasi hydrant gedung ditetapkan dengan tujuan agar hydrant dapat bekerja dengan efektif dan efisien. Namun, hal ini hanya bisa terwujud jika instalasi hydrant juga didukung oleh tim yang profesional. Maka dari itu, pastikan Anda memilih kontraktor hydrant terpercaya agar instalasi hydrant jadi tidak sia-sia.

PT Bromindo Mekar Mitra merupakan kontraktor pemasangan instalasi hydrant terbaik yang bisa menjadi partner Anda untuk membangun sistem hydrant sesuai standar. Layanan yang kami tawarkan berupa jasa konsultasi, perencanaan, instalasi, perawatan, serta perbaikan instalasi fire hydrant.

Dengan didukung oleh teknisi berpengalaman, kami pastikan akan membangun instalasi hydrant sesuai standar, sehingga sistem hydrant Anda bisa berfungsi dengan optimal. Kualitas layanan kami juga didukung oleh pemakaian produk-produk yang telah memenuhi standar NFPA dan mendapatkan sertifikat UL FM.

aplikasi cek hydrantBromindo juga telah menghadirkan inovasi baru berupa aplikasi yang akan mempermudah Anda untuk memonitor instalasi hydrant, yaitu Welmo. Fitur layanan pada aplikasi Welmo bisa Anda temukan pada aplikasi pengecekan alat pemadam kebakaran, yaitu FIRECEK.

Welmo terintegrasi dengan sistem sensor yang terdapat pada ground tank. Teknologi ini memungkinkan Anda bisa memantau ketersediaan air serta mendapatkan notifikasi otomatis apabila water level berada di bawah standar. Dengan Welmo, pemantauan dan perawatan sistem kebakaran bisa jadi lebih simpel dan anti ribet.

Dalam pemasangan instalasi hydrant, Bromindo juga selalu mengacu pada standar SNI dan NFPA. Jadi, tidak perlu ragu dengan kualitas layanan yang kami berikan. Dapatkan layanan konsultasi gratis terkait kebutuhan instalasi hydrant Anda dengan menghubungi kontak kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

0