Tahukah Anda Bagaimana Sprinkler Bekerja

Tahukah Anda Bagaimana Sprinkler BekerjaTahukah Anda Bagaimana Sprinkler Bekerja ?

Tahukah Anda Bagaimana Sprinkler Bekerja ? Anda mungkin pernah melihat beberapa film di mana asap memicu semua sprinkler aktif bekerja pada sebuah gedung, merendam semua orang dan seluruh isi ruangan didalam gedung.

Tahukah anda bahwa sprinkler tidak akan bekerja walaupun asap mengepul begitu pekat dan sprinkler tidak akan aktif secara bersamaan ? Sistem sprinkler sebenarnya akan aktif  berdasarkan panas / suhu tertentu, dan sprinkler tidak akan bekerja secara bersamaan, sprinkler yang aktif adalah sprinkler yang telah mendeteksi panas suatu ruangan sesuai dengan kepekaan suhu pada bola kaca termosensitif ( sprinkler bulb ), sehingga pada saat terjadi kebakaran kemungkinan hanya satu atau dua sprinkler yang akan bekerja untuk melakukan proses pemadaman.

Artikel ini untuk menjawab kesalah pahaman yang sering muncul, dan memperdalam seluk beluk teknologi proteksi kebakaran. Tahukah Anda Bagaimana Sprinkler Bekerja ? Anda mungkin berpikir bahwa menginstal sprinkler system akan mengakibatkan kerusakaan atau kerugian menjadi semakin besar, karena anda beranggapan bahwa sprinkler akan bekerja karena adanya asap dan sprinkler akan aktif secara bersamaan, jika hal yang anda pikirkan itu benar maka sebenarnya memsang fire sprinkler menjadi tidak menguntungkan karena akan banyak mengakibatkan kerugian pada bisnis anda. Bahkan saat kita membuat roti bakar untuk sarapan pagi asap roti bakar akan mengakibatkan sprinkler aktif dan merendam seluruh barang barang yang ada.

Beruntung saat ini para ahli telah mengembangkan sistem sprinkler dengan lebih canggih, mereka merancang sistem ini untuk mengurangi kerugian lebih besar yang mungkin timbul akibat bekerjanya sistem sprinkler, Karena para ilmuwan telah mengembangkan bola kaca termosensitif ( sprinkler bulb ) dengan beberapa varian suhu. hal ini membantu kita dalam menentukan sprinkler dengan tipe dan suhu yang tepat untuk memproteksi ruangan  yang mungkin suhu rata ratanya berbeda antara satu ruang dengan ruang yang lain.

Sistem sprinkler kebakaran sudah ada selama lebih dari dua abad dan telah mangalami perubahan dan perbaikan yang signifikan selama bertahun tahun. Memang benar bahwa versi terdahulu sprinkler tidak handal kinerjanya dan menyebabkan kerusakaan yang sangat signifikan. Tetapi saat ini sistem sprinkler sudah mengalami perkembangan yang luar biasa sehingga kinerjanya tidak menimbulkan kerusakan yang sangat parah hingga lebih dari 65% dibanding fire hydrant ( sumber : Fleming ). Karena seperti kami sampaikan di atas bahwa setiap boal kaca termosensitif secara otomatis dipicu oleh suhu panas yang dihasilkan oleh akibat sebuah kebakaran, dan suhu tersebut tidak sekaligus merata dalam saat bersamaan, hal ini akan mengaktifkan sprinkler satu persatu atau lebih bergantung suhu yang tertangkap pada masing-masing sprinkler sehingga tidak menimbulkan banyak kerugian. Proses pemadaman menggunakan sprinkler  6 kali lebih sedikit menggunakan air dibandingkan dengan penggunaan fire hydrant sehingga resiko kerugian menjadi lebih sedikit pula. Sekarang saatnya anda memberi pertanyaan kepada orang lain, Tahukah Anda Bagaimana Sprinkler Bekerja ?

Leave a Comment