Telkom Semarang Berkobar, Satu Unit Gudang STO Terbakar Api

Telkom Semarang di Mangkang jadi korban keganasan si jago merah pada Sabtu (13/07/2019). Sebuah gudang STO di PT Telkom Semarang ludes dilahap api.

Lalu bagaimana kronologi kejadian tersebut? Cek informasi lengkapnya, di bawah ini!

Kronologi Kebakaran Gudang PT Telkom Semarang

Telkom Semarang - Telkom Semarang TerbakarSumber: RMOLJateng

Si jago merah kembali beraksi. Kali ini api membakar  habis gudang STO PT Telkom Semarang. Kebakaran tersebut terjadi pada Sabtu, 13 Juli 2019 pukul 14.30 WIB di Mangkang, Jalan Raya Smg Kendal Km 14,5  Kel. Wonosari Kec. Ngaliyan Kota Semarang.

Akibat kebakaran ini, kabel-kabel yang ada pada gudang tersebut pun ludes terbakar. Pihak pengelola PT Telkom Semarang pun segera menghubi petugas pemadam.

Butuh delapan unit mobil pemadam untuk menangani kebakaran ini. Selang dua jam api pun padam dan petugas mulai melakukan pendinginan.

Menurut petugas, kebakaran ini diakibatkan oleh adanya hubungan pendek arus listrik. Petugas berwajib dan pengelola gudang pun terus mendalami kebakaran tersebut.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kebakaran gudang STO PT Telkom Semarang tersebut. Belum diketahui pasti berapa nilai kerugian yang diderita PT Telkom Semarang akibat bencana kebakaran ini.

Antisipasi Kebakaran Gudang PT Telkom Semarang

Gudang dan kantor memang kerap kali tertimpa musibah kebakaran. Wajar saja, di dalam gudang akan banyak terdapat benda-benda mudah terbakar.

Seperti halnya yang terjadi pada gudang STO Mangkang PT Telkom Semarang. Meskipun kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik, namun tak bisa dipungkiri bahwa api kian membesar karena adanya benda padat mudah terbakar.

Lalu seperti apa antisipasi yang bisa dilakukan untuk memproteksi kebakaran pada gudang? Sebaiknya kita menilik lebih dalam terlebih dahulu.

Kebakaran pada gudang bisa terjadi kapan saja. Bisa saat siang hari, malam hari, atau saat tak adanya penjagaan dari pihak pengelola. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya, karena kebakaran akan terdeteksi saat sudah membesar.

Ada baiknya memasang alat pemadam api Thermatic. Thermatic ini bekerja secara otomatis tanpa memerlukan operator sehingga akan mengatasi apa bila kebakaran terjadi saat tak adanya pengawasan di lokasi.

Telkom Semarang - Thermatic GuardAll

Untuk medianya, kita harus melihat dari klasifikasi kelas kebakarannya. Untuk kasus kebakaran ini, masuk dalam kelas A dan C. Media yang tepat digunakan adalah dry chemical powder.

Cara kerja thermatic sangat simple dan efektif. Pada satu unit thermatic auto sprinkle, terdapat detektor berupa glass bulb yang berisi raksa. Jika suhu panas mencapai 68° celcius, air raksa akan memuai dan memecahkan glass bulb.

Ketika glass bulb pecah, sprinkle akan bekerja dan tabung thermatic akan menyirami seluruh area yang dapat dijangkau dengan media dry powder. Lalu seberapa luas wilayah yang dapat dijangkau thermatic?

Untuk 1 kg media dry chemical powder, mampu mengatasi ruangan dengan luas 3,18 m³. Sementara pada satu unit thermatic berisi 5 kg dry chemical powder. Sehingga luas ruangan yang dapat dijangkau satu unit thermatic adalah 15,9 m³.

Hindari Kebakaran Seperti di Telkom Semarang dengan Proteksi Terbaik

Setelah menilik kronologi dan antisipasi kebakaran gudang di PT Telkom Semarang, sekarang Anda paham bukan betapa pentingnya proteksi kebakaran? Kini saatnya Anda memproteksi aset dan bangunan Anda dan percayakan pada Bromindo, ya!

Kami merupakan kontraktor sekaligus distributor perlengkapan proteksi kebakaran. Di sini kami menjual Thermatic Guardall berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Telkom Semarang - APAR GuardAll dan Firecek

Bromindo pun menjual APAR segala jenis media, lho! Bahkan kami telah meluncurkan aplikasi Firecek yang memudahkan pengguna mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang dimiliki.

Tunggu apalagi? Segera proteksi aset dan bangunan Anda dari kebakaran dengan produk berkualitas. Yuk, hubungi kami sekarang juga!

APAR Guardall

Recommended Posts

Leave a Comment