Cara Kerja Break Glass Pada Manual Call Point

cara kerja break glass

Tombol manual fire alarm, atau kita kenal dengan manual call point. Merupakan salah satu dari komponen rangkaian fire alarm yang memiliki fungsi membunyikan alarm secara manual tanpa menunggu detector terpicu.

Hal ini dilakukan jika kita melihat adanya kebakaran yang belum begitu besar. Sehingga orang-orang di dalam gedung dapat mengevakuasi diri. Pihak berwenang juga dapat langsung mengambil tindakan berupa pemadaman menggunakan fire hydrant maupun APAR (jika memang kebakarannya kecil dan belum membesar).

cara kerja glass break pada tombol fire alarm

Lantas, bagaimana bisa kita menekan tombol fire alarm jika manual call point atau tombol manual fire alarm ini ditutup dengan viber glass?

Bagaiamana cara kerja break glass pada manual call point?

Jika kita mendengar hal itu agak aneh memang, tombol safety mengapa malah di tutup kaca? Hal tersebut dilakukan guna melindungi tombol ditekan oleh orang iseng yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut juga melindungi tombol rusak akibat pengaruh lingkungan.

Lantas, bagaimana kita menekannya? Akankah jari kita terluka karena pecahan kaca dari manual call point tersebut?

Yang dimaksud dari break glass itu bukan harus dipecah hingga berkeping-keping. Kita hanya harus menekan hingga kacanya terbelah/patah. Patahan dari kaca itu akan menekan saklar kecil yang tersembunyi di balik kaca. Jadi jari kita tidak akan pernah terluka karena pecahan kaca tersebut.

cara kerja break glass manual push button

Gambar yang dilingkari merupakan saklar kecil yang akan terpicu oleh patahan kaca yang kita tekan. Nah, seperti itu kira-kira illustrasinya.

Jadi kita tidak benar-benar break glass seperti memecah kaca mobil dengan palu. Kita cukup push, atau menekan kacanya saja. Tentunya pada tempat atau lingkaran yang sudah disediakan. Bukan dibagian atas kaca atau pinggri kaca.

Butuh Instalasi Fire Alarm Untuk Usaha Anda?

Setelah kita mengetahui cara kerja break glass dari manual call point, kita bisa menentukan akan memasang manual call point jenis apa yang akan kita pasang guna melengkapi kebutuhan fire alarm kita bukan. Setelah semua diputuskan, saatnya memutuskan tempat atau jasa untuk instalasi fire alarm kalian.

cara kerja break glass pada fire alarm

Memilih kontraktor instalasi fire alarm haruslah penuh dengan kehati-hatian. Karena fire alarm tidak bisa dipasang oleh sembarang orang yang tidak mengetahui selu beluk dari sistem kerja fire alarm. Instalasi fire alarm haruslah dilakukan oleh teknisi yang khusus menangani fire alarm mulai dari instalasi hingga maintenance.

PT Bromindo Mekar Mitra memiliki teknisi-teknisi ahli yang memang khusus untuk mengatasi fire alarm. Kami menerapkan standart NFPA (National Fire Protection Association) dan SNI dalam melakukan instalasi fire alarm.

Untuk konsultasi lebih lanjut, jangan sungkan hubungi kami melalui menu contact us pada situs ini. Tunggu apa lagi? Percayakan sistem proteksi kebakaran Anda bersama kami.

cara kerja break glass

Recent Posts

Leave a Comment

0