Fire Hose Penggunaan Dan Cara Menggulungnya

Fire Hose Penggunaan Dan Cara Menggulungnya sangat perlu untuk diketahui bagi sebuah perusahaan yang baru melakukan pemasangan sistem jaringan hydrant, hal tersebut tentunya berkaitan dengan pembentukan team fire brigade perusahaan tersebut. Pada dasarnya selang kebakaran ( fire hose ) ditempatkan didalam box pemadam yang sering disebut dengan hydrant box. Peletakannya pun ada beberapa cara yaitu di tempatkan begitu saja didalam box atau diletakkan dengan cara di gantung dengan menggunakan hose rack.

Hose Rack berfungsi untuk menempatkan fire hose didalam hydrant box dengan cara menggantungkan selang kebakaran sehingga terlihat lebih rapi. Penggunaan hose rack tidak hanya akan membuat fire hose menjadi lebih rapi tetapi penggunaan hose rack sebenarnya dapat bermanfaat bagi fireman agar dapat menarik atau membentangkan selang dengan lebih cepat, karena kecepatan sangat dibutuhkan bagi para petugas kebakaran dalam menghadapi kasus kebakaran.

Fire Hose Penggunaan Dan Cara Menggulungnya … Bagaimana cara menggulung fire hose? Pengalaman yang sering terjadi banyak yang merasa kebingungan bagaimana cara menggelar atau membentangkan selang saat kebakaran terjadi. Jika kita tidak menggunakan hose rack teknik menggulung selang sangat di butuhkan, karena lemahnya penguasaan teknik menggulung selang mengakibatkan kinerja fireman menjadi lamban sehingga berakibat meluasnya kebakaran yang berdampak semakin banyak kerugian yang akan kita alami.

Ada dua cara menggulung selang atau fire hose :

  • Cara pertama adalah menggulung dengan teknik single roll. Teknik ini sangat sederhana baik dari cara menggulung maupun mempergunakannya. Cara menggulungnya kita dapat memulai dengan cara melipat pada satu ujung selang pastikan kita mulai melipat pada bagian ujung selang male coupling ( sangat perlu untuk diperhatikan, karena kesalahan dalam menggulung selang dapat berakibat memperlambat proses pemadaman). Saat kita sudah selesai menggulung selang pastikan female coupling berada pada bagian luar gulungan tersebut. karena saat kita melempar selang bagian female coupling adalah bagian yang akan kita sambungkan ke hydrant valve atau hydrant pillar.
    Fire Hose Penggunaan Dan Cara Menggulungnya

    Fire Hose Penggunaan Dan Cara                     Menggulungnya

  • Cara kedua adalah menggulung fire hose ( selang hydrant ) dengan menggunakan teknik double roll. Teknik ini sangat berbeda dari teknik menggulung selang single roll, langkah yang harus kita lakukan adalah menyatukan kedua ujung selang seperti kita melipat selang dengan mempertemukan antara ujung satu dengan ujung lainya, setelah dipertemukan geser ujung selang yang terletak pada bagian atas lebih kurang 20 sampai 25 sentimeter, setelah hal ini kita lakukanpindahkan posisi kita pada posisi lipatan selang dan kemudian gulung selang secara padat dan rapi hingga ke ujung. Bagaimana cara menggunakan selang ini jika kita menggunakan teknik double roll ? Caranya adalah saat kebakaran terjadi ambil selang yang telah kita gulung double roll dan letakkan selang pada permukaan tanah dengan jarak separuh panjang selang tersebut dari hydrant pillar atau hydrant valve yang akan digunakan. Artinya jika panjang selang yang anda miliki 20 meter maka letakkan selang tersebut dengan jarak 10 meter dari hydrant pillar atau hydrant valve. Pastikan coupling female pada fire hose menuju ke hydrant pillar atau hydrant valve sedang ujung selang male menuju ke sumber api dan di sambungkan dengan nozzle.Fire Hose Penggunaan Dan Cara MenggulungnyaSetelah anda membaca artikel Fire Hose Penggunaan Dan Cara Menggulungnya saya berharap anda dapat lebih cepat memadamkan kebakaran saat kebakaran terjadi, sehingga resiko kerugian kebakaran dapat di tekan.

Leave a Comment