Harga selang pemadam kebakaran

Harga selang pemadam kebakaran

Selang pemadam kebakaran (fire hose) adalah selang yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran untuk menjangkau mencapai dengan titik api terdekat dari pusat pengeluaran air baik berupa hydrant pillar, hydrant box, atau mobil pemadam kebakaran itu sendiri. Sementara jenisnya ada yang terbuat dari red rubber atau kanvas. Red rubber terbuat dari bahan karet khusus yang sangat kuat sehingga mampu menahan tekanan sampai 17 bar. Dimana aliran air dalam instalasi fire hydrant biasanya hanya bertekanan 10 bar saja. Sementara selang pemadam kebakaran kanvas memiliki ketahanan terhadap tekanan sampai 13 bar. Kedua selang pemadam kebakaran memiliki ketahanan yang optimal terhadap cuaca ekstrim seperti di Indonesia. lalu berapa Harga selang pemadam kebakaran ?
harga selang pemadam kebakaran
Ukuran dari selang pemadam kebakaran bermacam – macam disesuaikan dengan kebutuhan dan luas dari bangunan yang di proteksi, umumnya panjang selang yang ada di Indonesia yaitu 20 meter dan 30 meter. Jika jangkauan untuk mencapai titik api kurang, maka selang ini bisa di sambung dengan menggunakan peralatan tertentu sehingga bisa lebih panjang. Harga selang pemadam kebakaran canvas umumnya lebih murah dibanding dengan harga selang pemadam kebakaran red rubber. Semua dapat disesuaikan dengan budget dari perusahaan yang akan membeli selang pemadam kebakaran. Ketahanan terhadap tekanan dan bahan yang lebih kuat menjadikan harga selang pemadam kebakaran yang terbuat dari red rubber lebih mahal.

Harga selang pemadam kebakaran hooseki

Harga selang pemadam kebakaran ini selain dibedakan berdasarkan type bahan pembuatnya juga dibedakan berdasarkan ukuran serta panjangnya. Harga selang pemadam kebakaran kanvas ukuran 1,5 panjang 20 m di sekitar 600 ribuan. Sementara harga selang pemadam kebakaran yang berukuran lebih besar di angka 800 ribuan ukuran 1,5 biasanya untuk hydrant box indoor. Jika outdoor menggunakan ukuran 2,5 dan harga selang pemadam kebakaran outdoor ini sekitar 1,4 jtan. Sementara harga selang pemadam kebakaran yang menggunakan red rubber lebih mahal yang ada di sekitar angka 2,8 jt-an.

Harga selang pemadam kebakaran

Agar lebih awet dalam penggunaan selang pemadam kebakaran perlu diperhatikan cara menggulungnya. Setelah selesai menggunakan sebaiknya ditunggu agar kering terlebih dahulu karena jika basah kemungkinan akan bisa menimbulkan jamur dan lumut di lapisan dalam sehingga menghambar proses keluarnya air. Saat menarik dari lokasi hydrant pillar atau hydrant box diangkat di pundak, karena jika diseret lapisan luar dari selang pemadam kebakaran akan bergesekan dengan tanah, aspal, atau bagian yang kasar sehingga bisa mengakibatkan kebocoran pada selang yang akibatnya tidak bisa efektif saat memancarkan air dari jaringan fire hydrant.

Leave a Comment