MCFA Konvensional

MCFA KonvensionalMaster control fire alarm atau di sebut juga panel alarm disingkat MCFA Konvensional adalah perangkat utama dalam instalasi sistem penginderaan pemadam kebakaran. Penginderaan kebakaran dengan sistem yang standar harus menggunakan panel sebagai kontrol dan monitoring dari sistem fire alarm.
Panel Kontrol Fire alarm salah satunya tipe konventional atau analog panel untuk lingkup area bangunan yang lebih kecil dan terbatas fitur yang dimilikinya. Fitur konventional yang ada pada panel yang menonjol adalah indikasi saat terjadi kebakaran / alarm adalah lampu LED yang menyala pada panel untuk menunjukkan zona dimana terjadi alarm. Sebenarnya konventional sendiri merupakan istilah sistem instalasi selain addressable dan semi addressable (yaitu sistem turunan dan addressable sistem).

MCFA Konvensional

Perangkat ini efektif untuk bangunan yang tidak terlalu luas dan tidak membutuhkan fitur yang komplek. Analog panel fire alarm banyak sekali jenisnya dan merk yang beredar di indonesia. standar yang dimiliki masing-masing produk juga beda.
Dari jenis panel yang memiliki fitur 5 zone, 10 zone, 20 zone sampai 80 zone, zone atau loop merupakan istilah pembagian area yang di setiap instalasinya di “ditutup” oleh sebuah resistor End of Line (EOL resistor) beberapa produk bisa menggunakan resistor 10k.
Merk panel analog yang ada di indonesia antara lain secutron, hooseki dan notifier memiliki standar product UL Listed, cUL , VDS, CE, LPCB dan FM Approval. Kwalitas terbaik produk alarm harus memiliki semua standar tersebut atau minimal  salah satu dari standar tentunya semua instalasi harus mengacu pada standar NFPA 70 dan NFPA 72.

Instalasi MCFA Konvensional

FACP istilah lain dari MCFA Analog/konventional yang setiap perangkatnya merupakan kontak listrik baik detektor, manual call semua hanya beruapa kontak listrik yang mentriger ke panel analog kemudia dari master kontrol alarm ini di olah dan ouputnya berupa bell dan lamp.
Pemasangan detektor dan perangkat lainnya model sistem konventional ini menggunakan kabel 2 wire ada yang menggunakan 3 wire tetapi sedikit.  Sambungan dari detektor ke detektor berikutnya dapat menggunakan kabel NYA atau NYM 2 x 1,5mm yang lebih bagus lagi bisa menggunakan Fire Resistance Cable. Instalasi 3 wire di gunakan ketika dalam instalasi menghendaki adanya tanda khusus di setiap ruangan jika terjadi alarm. Jadi, ada lampu remote indicating lamp di pasang di atas pintu kamar dan ruangan kemudian akan menyala untuk menandakan adanya fire di ruangan tersebut.

Keunggulan Dan Kelemahan MCFA Konvensional

Keunggulan MCFA Konventional antara instalasinya simple, harga lebih terjangkau dan maintenancenya lebih mudah. Instalasi mudah dengan sistem konventional karena hanya ada 2 kabel untuk detektor dan 2 kabel untuk output alarm.

Sistem alarm konventional memiliki kelemahan antara lain lebih boros kabel jika dibandingkan dengan sistem alarm yang lain, Jika untuk bangunan bertingkat seperti hotel, condotel dan apartemen karena setiap zona nya harus di tarik kabel ke MCFA. Kabel yang lebih banyak akan menambah waktu kerja lebih lama. MCFA Konventional juga memiliki kekurangan  yaitu fitur-fitur yang terbatas.

Leave a Comment