Menara Astra Sudirman Terbakar Karena Ruang SPA, Ini Pemicunya

Menara Astra Sudirman terbakar pada Minggu, 09 Februari 2020. Tentu saja hal ini mengawali deretan kebakaran gedung bertingkat di Jakarta pada awal tahun 2020.

Kronologi Menara Astra Sudirman Terbakar

Kebakaran pada gedung bertingkat memang kerap kali terjadi. Kali ini kebakaran menimpa Menara Astra Sudirman yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Kavling 5-6, Jakarta Pusat.

Kebakaran tersebut dilaporkan pada pukul 09.15 WIB. Sebelas mobil pemadam langsung diturunkan untuk memadamkan kebakaran Menara Astra Sudirman tersebut.

Kebakaran Menara Astra SudirmanMenurut petugas Damkar, unit yang terbakar adalah ruang spa yang berada di lantai 58. Terlihat gumpalan asap pekat pada lantai yang terbakar tersebut.

Setelah dilakukan penanganan, api akhirnya pun padam pada pukul 11.00 WIB. Pihak berwenang pun terus melakukan olah TKP untuk penyelidikan lebih lanjut.

Masih di hari yang sama, PT Astra Internasional TBK pun memberikan pernyataan terkait kebakaran tersebut. Pihaknya membenarkan bahwa terdapat kepulan asap pada lantai 5 Menara Astra Sudirman pada hari tersebut.

Kebakaran di Ruang Spa: Penyebab dan Antisipasinya

Setiap bangunan perlu memiliki proteksi kebakaran, tak terkecuali Menara Astra Sudirman. Terlebih pada ruang spa yang kerap kali tertimpa kebakaran. Kebakaran pada ruang spa seperti di Menara Astra Sudirman dapat dihindari.

Jika menilik lebih dalam, banyak hal dapat menjadi pemicu kebakaran di ruang spa. Mulai dari alat pengering, lilin, bahan kimia, dan peralatan elektrik lainnya.

Hal ini bisa saja dicegah dengan tindakan rutin para petugas di ruang spa. Seperti menggunakan alat pengering pada tegangan rendah. Selain itu, memastikan lilin aromatherapy untuk jauh dari bahan mudah terbakar dan selalu padam ketika ruang spa berenti beroperasi.

Menara Astra Sudirman - Ruang SpaPada ruang spa juga terdapat bahan kimia mudah terbakar. Untuk mencegah bahan ini memicu kebakaran, tentunya harus menempatkanya pada area yang aman.

Selain itu, alat-alat elektrik harus selalu terjaga keamanannya. Pastikan para staff dan klien tidak tersandung kabel, juga beban berlebih pada stop kontak. Tentunya beban listrik berlebih juga menjadi pemicu korsleting listrik.

Proteksi awal kebakaran tentunya tiap bangunan wajib memiliki APAR. Alat pemadam api dapat digantung di dekat area pengering, mudah dijangkau, dan tanpa harus melewati api untuk mencapainya bila terjadi kebakaran. Pastikan ada ventilasi yang cukup pada ruang spa yang telah disetujui oleh ahli pemadam kebakaran.

Tak hanya ruang spa, Menara Astra Sudirman tentunya memiliki banyak ruangan. Oleh karena itu, selain APAR, penting juga Menara Astra Sudirman untuk memiliki sistem fire alarm.

Fire Alarm ini terintegrasi dengan detector yang akan mendeteksi jika terdapat indikator kebakaran. Ketika detektor telah menunjukan adanya indikasi kebakaran di suatu ruangan, maka fire alarm akan bekerja dan menotifikasi penghuni atau petugas Menara Astra Sudirman.

Selain APAR dan Fire Alarm, untuk gedung juga bisa diinstalasi dengan fire hydrant. Fire hydrant sendiri merupakan sistem pemadam kebakaran yang cukup tepat penggunaannya untuk proteksi kebakaran gedung bertingkat.

Jasa Instalasi Sistem pemadam Kebakaran

Setelah menilik kebakaran yang menimpa Menara Astra Sudirman, tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada usaha dan bangunan Anda, bukan? Oleh karena itu, segera proteksi aset Anda sekarang juga!

Untuk instalasi sistem pemadam kebakaran yang baik, serahkan saja pada Bromindo! Bromindo merupakan kontraktor fire system terpercaya Indonesia.

Menara Astra Sudirman - Kontraktor Fire SystemKami menyediakan jasa instalasi fire hydrant, fire alarm, dan fire system lainnya. Kami juga menyediakan APAR berkualitas dengan ragam media.

Masih ragu dengan proteksi kebakaran seperti apa yang sesuai untuk aset dan bangunan Anda? Tak perlu bingung, konsultasikan saja pada kami!

Bromindo juga menyediakan jasa konsultasi proteksi kebakaran. Dengan tenaga ahli berpengalaman yang bekerja sesuai standar NFPA, kami akan membantu Anda mendapatkan proteksi kebakaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, tunggu apalagi? Jangan sampai kebakaran seperti di Menara Astra Sudirman terjadi pada Anda! Yuk, segera hubungi kami untuk mendapatkan proteksi kebakaran yang bekualitas!

Recommended Posts

Leave a Comment