Mengenal Sistem Instalasi Jaringan Hydrant

Mengenal Sistem Instalasi Jaringan HydrantMengenal Sistem Instalasi Jaringan Hydrant

Mengenal Sistem Instalasi Jaringan Hydrant secara lebih dalam sangat di butuhkan bagi orang yang ditugaskan oleh perusahaan menjadi seorang fireman dalam sebuah perusahaan. Hanya perusahaan yang peduli terhadap resiko kebakaran yang dapat berdampak buruk bagi kelangsungan perusahaan yang mau memikirkan dan bahkan tidak hanya sebatas memikirkan tetapi menindak lanjutinya dengan membangun sistem perlindungan atas bahaya kebakaran. Jika sebuah perusahaan telah memiliki fire hydrant tentunya harus membentuk team yang biasa di sebut dengan fire brigade. Di beberapa perusahaan banyak yang masih lupa akan pentingnya sebuah regu kebakaran.

Sistem instalasi jaringan hydrant sebenarnya tidak serumit apa yang banyak orang pikirkan, sistem jaringan nya sangat sederhana, memang pada bagian rumah pompa ( pump room ) adalah bagian yang membutuhkan kecermatan dalam memperhitungkan kebutuhan air untuk  groundtank , jarak instalasi yang akan memproteksi wilayah atau area yang akan di proteksi, dan kemampuan pompa untuk mendistribusikan ke jaringan pipa.

Fire hydrant merupakan salah satu sistem kebakaran dengan sistem yang terorganisir sehingga memiliki keterkaitan satu sama lainnya yang tidak dapat dipisahkan, sehingga pada sistem jaringan hydrant apabila salah satu  komponen bermasalah akan mempengaruhi kinerja hydrant secara keseluruhan.
Sistem instalasi jaringan hydrant terdiri dari :

  • Fire Pumps ( yang meliputi Diesel Pump, Electrical Pump, dan Jockey pump )
  • Hydrant Pillar
  • Hydrant Box ( indoor ataupun outdoor )
  • Hoose reel
  • Siamese connection ( Fire Department Connection )
  • Hose
  • Noozle

Dan ada beberapa komponen pendukung lainya yang tidak dapat kita lewatkan begitu saja yaitu pressure switch, pressure gauge, safety relief valve, dan aksesories valve lainya.
Jika perusahaan anda sudah memiliki fire hydrant dan anda adalah salah satu bagian dari regu kebakaran, lakukan perawatan, pengecekan, dan pelatihan regu kebakaran anda secara berkala, agar sistem kebakaran yang ada dapat tejaga kondisinya. sehingga fungsi fire hydrant yang ada dapat berfungsi secara optimal. Setelah Mengenal Sistem Instalasi Jaringan Hydrant yang ada saya berharap perawatan lebih baik dapat anda lakukan.
Jika ada pertanyaan lain terkait dengan fire safety security silahkan hubungi kami

 

Showing 2 comments
  • agi ginanjar latif

    saya ingin mengenal lebih jauh tentang ini

  • Sejauh apa bro Agi ?

Leave a Comment