Pompa Centrifugal End Suction

Pompa Centrifugal End Suction merupakan type pompa pemadam kebakaran untuk fire hydrant yang paling banyak digunakan, Fire Pump Type Centrifugal End Suction sangat banyak di gunakan untuk segmen penyedia air, industri, pertambangan, lingkungan dan bangunan.

Pengertian Pompa Centrifugal End Suction

Pompa Centrifugal End Suction adalah pompa yang memiliki mesin utama berupa motor penggerak dengan sudut impeller yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk meningkatkan tekanan dari fluida. Pompa Centrifugal End Suction merupakan mesin yang berfungsi untuk mengubah energi mekanis menjadi energi hidrolik.
Secara sederhana pompa ini bekerja berdasarkan “Prinsip Gaya Centrifugal” yaitu benda yang melakukan gerakan untuk menjauhi pusat putaran, sehingga besar gaya centrifugal tergantung pada kecepatan putar Impeller, dan massa benda. Untuk Kapasitas Pompa Centrifugal End Suction dihasilkan dengan putaran pompa / impeller, lalu untuk menghitung tekanan / (head) yang dihasilkan dengan mempangkatkan 2 kecepatan putar pompa.

Cara Kerja Pompa Centrifugal End Suction

Cara Kerja Pompa Centrifugal End Suction adalah pompa di gerakan oleh motor lalu daya yang dihasilkan oleh motor di berikan kepada poros pompa untuk memutar impeller yang berada di dalam pompa, lalu air mengalir masuk melalui Suction Nozzle ke inti impeller dan karena impeller memiliki gaya putar / gaya centrifugal maka air dari inti impeller terlempar keluar.
Karena Pompa Centrifugal End Suction berbentuk keong maka air itu akan langsung di salurkan kecelah yang ada di pompa / Discharge Nozzle (pipa yang menjadi tempat keluarnya air), lalu air itu meninggalkan impeller dengan kecepetan tinggi dan sampai pada tujuan air di alirkan.
Komponen Penyusun Pompa Centrifugal End Suction

  • Impeller
    Impeller merupakan komponen penting pada pompa Jenis End Suction yang berfungsi untuk mengubah energi mekanis dari poros untuk meningkatkan tekanan fluida. Agar air bisa mengalir naik.
  • Shaft (Poros)
    Shaft (poros) merupakan komponen penghubung antara pompa dengan impeller untuk menyambungkan energi ke impeller untuk memutar impeller.
  • Casing
    Casing Merupakan rumah bagi pompa tipe End Suction untuk melindungi komponen dalam pompa supaya Safety bagi operator dan alat.
  • Seal
    Seal adalah perapat bagian pompa untuk memastikan tidak ada kebocoran dalam pompa dan antar komponen yang di sambungkannya.
  • Wearing Ring
    Wearing Ring adalah komponen yang dipasang pada casing untuk meminimalisir kebocoran akibat adanya celah antara casing dengan impeller
  • Shaft Sleeve
    Shaft Sleeve berfungsi untuk melindungi shaft dari erosi, korosi dan keausan pada stuffing box.
  • Suction Nozzle
    Suction Nozzle adalah tempat awal masuknya fluida / zat cair menuju Pompa Centrifugal End Suction.
  • Discharge Nozzle
    Discharge Nozzle adalah celah / pipa yang mengalirkan zat cair bertekanan ke tujuan air, discharge nozzle memiliki ketinggian 2x dari kecepatan putar pompa / impeller.
  • Stuffing box
    Stuffing box memiliki fungsi sebagai tempat kedudukan beberapa mechanical packing yang mengelilingi shaft sleeve. Alat ini memiliki fungsi untuk mencegah kebocoran pada pompa, agr tidak menembus casing, contohnya seperti udara yang masuk ke dalam pompa lewat sambungan dan zat cair yang keluar dari pompa lewat sambungan.

Fire pump pompa centrifugal end suction

Contact Us

Kirimkan pesan dan saran Anda di sini.

hydrant box anti karat berkualitasselang pemadam kebakaran merk hooseki