Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua

Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua di Site

Safety YES
Lingkungan OK
ANJ ACTION!

Demikian yel-yel penuh semangat yang diteriakkan oleh peserta Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua dan PT Putera Manunggal Perkasa (Member ANJ Group) sesaat setelah sesi pertama training di Lokasi Blok C selesai pada jam 12 Siang waktu setempat. meskipun suhu panas menyengat, tidak mengurangi antusiasme peserta dalam melakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan karung basah dan alat pemadam api ringan setelah sebelumnya diberikan materi teori Indoor oleh tim Bromindo. Kami merasa terhormat diberikan kesempatan sharing tentang Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua di Site tersebut karena hal ini merupakan pengalaman yang sangat mengagumkan. bayangkan saja, kami menempuh waktu hampir seminggu untuk melakukan semua kegiatan di pulau Irian Jaya ini, walaupun memang melelahkan namun sangat spesial!

Perjalanan Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua

Perjalanan tim Bromindo untuk Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua dimulai pada hari senin, 10 November 2014. setelah kami mendapatkan kode booking tiket untuk perjalanan dari kota Semarang ke Sorong. Tim mulai melakukan persiapan, packing beberapa potong pakaian yang rencananya akan dipakai disana, persiapan materi, dan lain sebagainya. jam 17:00 kami sudah berada di Bandara A Yani Semarang untuk checkin keberangkatan pesawat ke Jakarta. perjalanan dari Semarang ke Jakarta ditempuh hanya 1 jam saja, sedangkan dari Jakarta Sorong lebih lama karena harus transit di Ujung Pandang terlebih dahulu. kami tiba di Sorong pada pagi harinya (11 Nov 2014) jam 7 waktu setempat dan langsung menuju hotel transit di depan Bandar Udara Dominique Edward Osok untuk beristirahat karena akan melanjutkan perjalanan darat ke Teminabuan pada siang hari. Teminabuan merupakan Ibukota Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat. Perjalanan dari kota Sorong ke Teminabuan ditempuh dengan jalan darat selama 3 jam. dalam perjalanan tersebut kami disuguhi pemandangan menakjubkan pulau Papua, track jalan offroad, bukit-bukit menawan, lingkungan hutan tropis hijau, sungai yang jernih, dan tak terasa rombongan sudah sampai di Teminabuan. malam hari kami beristirahat untuk melepas lelah karena paginya Rombongan akan melakukan perjalanan laut menuju lokasi site.

Perjalanan menuju site menggunakan jalur transportasi air, kami naik longboat menyusuri rawa selama kurang lebih 7 jam karena kapal membawa beban peralatan yang lumayan berat untuk digunakan di site. saat berjalan, motoris (sebutan untuk pengemudi longboot) pun seringkali menghentikan mesin longboot untuk memberikan ruang kepada perahu lain yang lebih kecil untuk tetap berjalan. karena jika mesin tetap dinyalakan, perahu lain bisa berpotensi terbalik karena tersapu gelombang yang dihasilkan. untuk itu, motoris harus waspada terhadap hal ini selain menghindari potongan kayu yang tenggelam di sungai atau rawa. dalam longboot tersebut, paling tidak harus ada 2 orang yang memiliki tugas berbeda. satu orang bertugas di depan perahu untuk memantau kondisi perjalanan, navigator ini akan memberikan kode ke motoris saat ada belokan, perahu lain, atau bongkahan kayu agar dihindari oleh perahu. sampai di dermaga, kami harus melanjutkan perjalanan darat menggunakan mobil selama 20 menit ke Site Blok C, tempat dimana akan diadakan Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua. sebutan lain untuk Blok C ini adalah Hexagon, karena jika dilihat dari atas pola bangunan yang ada di tempat tersebut menyerupai Hexagon. Sangat unik, walaupun lokasi berada di tengah hutan, namun berbagai fasilitas tersedia. dari mulai tempat ibadah, klinik, mess karyawan, guest house, pantry dan lapangan olahraga. walaupun tidak ada sinyal telefon, kami tetap dapat terhubung dan melakukan koordinasi dengan rekan kerja di Semarang menggunakan fasilitas wifi yang disediakan. sampai di Hexagon, kami diberikan tour singkat mengenai lokasi dan diperkenalkan dengan beberapa tim koordinator lapangan yang akan membantu persiapan training esok.

Kegiatan Basic Fire Training PT Permata Putera Mandiri Papua

Kamis 13 Nov 2014, dimulai jam 09 pagi para peserta sudah mulai memasuki area hexagon yang akan dijadikan tempat training. pemberian materi ini diberikan oleh Pak Iskandar dari Bromindo. acara dimulai dengan sambutan GM dari pihak PT Putera Manunggal Perkasa dan PT Permata Putera Mandiri. Materi yang diberikan antara lain mengenai konsep segitiga api, jenis alat pemadam api ringan, media alat pemadam api, klasifikasi kebakakaran, cara penempatan, dan cara penggunaan. setelah materi selesai diberikan, dilanjutkan oleh sesi tanya jawab oleh beberapa peserta training. kami dan para peserta Istirahat sebentar untuk Cofee break, dan selanjutnya para peserta diarahkan menuju lapangan olahraga untuk melakukan simulasi tindakan jika terjadi kebakaran. dalam simulasi ini, peserta menggunakan karung goni basah dan alat pemadam api ringan yang tersedia. jumlah alat pemadam api yang digunakan sangat terbatas karena alat pemadam api lain akan digunakan pada sesi berikutnya yang diagendakan pada sore hari, selain itu alat pemadam api juga untuk backup pada tempat-tempat yang berpotensi terjadi kebakaran karena jika tidak diproteksi akan beresiko terhadap perusahaan. Training sesi pagi ini selesai pada jam 12.00 siang, setelah itu kami makan siang dan beristirahat agar tubuh tetap fit. sesi lanjutan training diikuti oleh peserta yang berhalangan hadir pada pagi hari karena sedang ada pekerjaan di kebun kelapa sawit. peserta sesi sore tidak sebanyak sesi pagi, walaupun letih setelah bekerja namun tidak mengurangi semangat dan antusiasme para peserta dalam mengikuti training. materi yang diberikan sama dengan teori dan simulasi di lapangan, pada jam 5 sore training sudah selesai. kami beristirahat dan packing perlengkapan karena esok hari tim bromindo akan kembali ke kota Sorong menggunakan Longboat.

Satu Hari penuh pada Jumat tanggal 14 November 2015 kami habiskan diperjalanan, baik laut maupun darat untuk kembali menuju kota Sorong di Papua Barat. sore hari kami sudah berada di Sorong dan Checkin di Hotel untuk beristirahat. esok paginya sesuai jadwal kami akan melakukan training basic fire terakhir di Kantor PT Putera Manunggal Perkasa dan PT Permata Putera Mandiri. malam itu juga saya berkoordinasi dengan tim yang ada di Kantor untuk melakukan persiapan perlengkapan yang akan digunakan dalam sesi training seperti white board, proyektor, tong belah, korek api batang, bensin, solar dan sebagainya. Paginya, pada hari sabtu kami dijemput driver menuju lokasi. Training yang diberikan sama seperti saat berada di Hexagon. ada sesi indoor untuk penyampaian materi dan praktek simulasi di depan kantor. walaupun mundur dari jadwal training berjalan lancar dan selesai pada pukul 13:00. kami makan siang bersama dengan para peserta, beristirahat dan persiapan checkin menuju bandara. tak lupa sebelum pulang kami membeli oleh-oleh khas Papua, Abon Gulung menjadi pilihan. Perjalanan pulang lebih singkat daripada saat berangkat karena Pesawat Express Air yang kami naiki tidak transit Sulawesi namun langsung menuju jakarta. Pada Jam 21:00 tim Bromindo sudah mendarat di Semarang.

Terimakasih kami ucapkan kepada ANJ-Group yang telah memberikan kesempatan kepada Bromindo untuk melakukan Basic Fire training kepada PT Putera Manunggal Perkasa dan PT Permata Putera Mandiri. Terimakasih juga kami sampaikan kepada tim yang berada di Lapangan dan di Kantor yang sudah menerima dan membantu kami agar semua proses berjalan dengan baik. tak lupa kami mohon maaf jika selama berada disana ada perbuatan dan tutur kata yang tidak berkenan. semoga kerja sama yang baik dapat terjalin kembali dilain waktu. Pengalaman berharga melakukan Training di Papua ini tidak akan mudah kami lupakan. Terimakasih! 🙂

DSCF0484

DSCF0363

DSCF0397

DSCF0398

DSCF0433

DSCF0445

DSCF0472

DSCF0362

DSCF0555

DSCF0560

DSCF0623

DSCF0626

DSCF0675

DSCF0714

DSCF0716

DSCF0736

DSCF0746

IMG_0808

IMG_0820

Comments
  • frans hindom

    Saya di Fakfak, bekerjasama dengan PLN dalam pengelolaan genset 2 mega. Kami sedang mencari tempat di Sorong untuk mengisi ulang tabung damkar 6 kg. Bisa minta tolong alamatnya?

Leave a Comment