2 Cara Cegah Kebakaran di Restoran Denpasar Agar Tidak Menimpamu

Telah terjadi kebakaran di sebuah Kedai Kopi di Denpasar Bali yang beralamatkan di Jalan Merdeka Arcade Nomor 1 Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali pada tanggal 6 Juni 2022 kemarin.

Setidaknya ada 5 mobil unit pemadam kebakaran yang dikerahkan oleh Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengatasi kejadian kebakaran tersebut.

Kronologi Kebakaran Kedai Kopi / Restoran Denpasar Bali dan Cara Cegah Kebakaran yang Tepat

Menurut beberapa sumber berita yang ada, kejadian tersebut berawal dari seorang staff yang sempat menggunakan kompor gas untuk memanaskan minyak pada panci deep fryer.

Sebelum kejadian terjadi kompor tersebut ditinggal oleh staff dalam keadaan masih hidup untuk melayani customer.

Cara cegah kebakaran di Restoran, kronologi dan trik cegahnyaSetelah beberapa menit selesai melayani staff tersebut kembali ke dapur untuk mematikan kompor gas. Setelah dimatikan staff tersebut berniat untuk membuka tutup dari deep fryer.

Namun saat membuka tiba-tiba api menyambar kompor gas kemudian menjalar ke sebagian bangunan. Adapun beberapa fasilitas kedai yang ikut hangus terbakar, seperti:

  1. Kitchen set
  2. Peralatan dapur dan bar
  3. Mesin kopi
  4. Meja dan kursi
  5. Sound system
  6. Sebagian bangunan dari coffee shop

Menurut beberapa sumber berita lainnya kebakaran terjadi sekitar pukul 08.35 WITA, dan mobil pemadam kebakaran baru tiba di TKP pada pukul 08.50 WITA.

Tidak ada korban jiwa namun dipastikan bahwa pemilik kedai kopi tersebut menanggung kerugian yang cukup besar, mengingat kedai kopi tersebut baru beroperasi selama 2 bulan.

Solusi Tepat Cegah Kebakaran Di Restoran Agar Aset Tetap Aman

Dari paparan kejadian tersebut, sudah terbayang bukan bagaimana kejadian kebakaran yang melahap berbagai fasilitas dari kedai kopi.

Padahal baru beroperasi 2 bulan loh! Tidak mau kan aset mu mengalami kejadian yang sama seperti yang sudah dipaparkan tadi.

Cara cegah kebakaran di Restoran agar aset tetap amanMakanya sangat penting sekali untuk kamu cegah kejadian kebakaran di Restoran dengan cara melengkapinya dengan sistem proteksi yang tepat.

Tapi sebelum melangkah ke pembahasan sistem proteksi apa yang tepat untuk cara cegah kejadian kebakaran seperti di restoran atau kedai kopi tadi, kita bahas terlebih dahulu tentang sumber dari kebakarannya.

Sumber Kebakaran Jenis Kelas Kebakaran K

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kejadian kebakaran ini berasal dari deep fryer yang ditinggal dalam keadaan hidup, lalu saat setelah di matikan kemudian di buka ternyata api tiba-tiba menyala dan menjalar ke berbagai property aset.

Nah sumber kebakaran ini sering di kategorikan sebagai kelas kebakaran K. Sudah tahu belum kelas kebakaran K itu maksudnya bagaimana?

Cara cegah kebakaran di Restoran, kelas kebakaran KBerdasarkan NFPA atau National Fire Protection Association, terdapat beberapa jenis kelas kebakaran dan salah satunya adalah kelas kebakaran K.

Kelas kebakaran K ini disebabkan oleh minyak masak baik dari hewani maupun nabati. Biasanya kelas kebakaran K sering terjadi di Restoran, caffee, serta Hotel yang memang memiliki tempat dapur yang dilengkapi dengan alat untuk memasak dalam jumlah cukup banyak, lebih cepat matangnya dan hasil masakannya juga bagus seperti deep fryer.

Solusi Tepat Cegah Kejadian Kebakaran di Restoran

Makanya untuk cegah kejadian kebakaran seperti di Restoran atau kedai kopi yang sudah di bahas tadi tidak menimpamu, kamu harus melengkapinya dengan sistem proteksi kebakaran jenis Fire Suppression System.

Tapi kenapa harus Fire Suppression System dan bukan yang lain? Perlu kita tahu terlebih dahulu bahwa ruang kitchen di kedai kopi atau Restoran serta Hotel tipenya adalah ruangan bertekanan. Dimana ruangan tersebut bisa menyebabkan suhu ruangan tinggi.

Makanya tidak heran kalau ruangan tersebut mempunyai peluang terjadinya kebakaran cukup tinggi dan membutuhkan sistem proteksi yang bisa memadamkan api secara otomatis seperti Fire Suppression System.

Dimana alat proteksi ini terdiri dari 3 komponen. Yang pertama ada tabung media Fire Suppression System yang memiliki tekanan 16 bar, kedua ada Linier Heat Detector yang bisa mendeteksi terjadinya kebakaran pertama kali muncul, dan yang terakhir ada Discharge System.

Untuk tahu bagaimana cara kerja dari Fire Suppression System, simak video di bawah ini:

Alat Pemadam Api Cegah Kejadian Kebakaran di Restoran Untuk Pertolongan Pertama

Selain Fire Suppression System, kamu juga bisa melengkapi aset yang dimiliki dengan sistem proteksi lain yaitu alat pemadam api.

Kalau contoh kasusnya seperti yang ada di kedai kopi Denpasar tadi, alat pemadam api yang cocok untuk cegah kebakaran di restoran atau kedai, bisa memakai jenis APAR HFC.

Dimana cara kerja dari APAR HFC ini adalah dengan memutuskan oksigen sehingga bisa memadamkan api lebih cepat.

Cara cegah kebakaran di Restoran pakai APAR HFCKarakteristik dari APAR HFC ini adalah tidak meninggalkan residu, ramah lingkungan, serta mendinginkan ruangan. Jadi cocok untuk cegah kebakaran jenis kelas kebakaran K tadi.

Itulah beberapa pembahasan tadi terkait kejadian kebakaran di Denpasar dan bagaimana cara cegah kebakaran di Restoran yang tepat.

Share artikel ini ke teman, sahabat hingga kerabat dekat kamu agar sama-sama menambah wawasan dan kepedulian terhadap aset yang dimiliki ya.

Atau  bagi kamu yang ingin berkonsultasi langsung tentang trik lain untuk cegah kejadian kebakaran di restoran, bisa langsung hubungi kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

0