Cara Memilih Instalasi Fire Alarm Gedung Paling Akurat Standar NFPA

Cara Memilih Instalasi Fire Alarm Gedung Paling Akurat Standar NFPA

Cara memilih instalasi fire alarm gedung menjadi informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Pasalnya, pemasangan fire alarm pada sebuah gedung memang membutuhkan banyak pertimbangan. Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, maka fire alarm yang dipasang di gedung bisa bekerja dengan tepat dan akurat.

Cara memilih instalasi fire alarm gedung sudah semestinya dilakukan dengan akurat mengingat komponen ini memiliki peran yang sangat penting.  Terutama untuk mengamankan bisnis dan aset berharga milik Anda dari bencana kebarakan yang tidak diinginkan. Lantas, bagaimana cara memilih instalasi fire alarm gedung yang terbaik?

Apa Itu Fire Alarm?

cara memilih instalasi fire alarm gedung standar NFPASebelum membahas mengenai cara memilih instalasi fire alarm gedung, ada baiknya untuk mengenal apa itu fire alarm terlebih dahulu. Fire alarm system merupakan serangkaian alat yang dapat bekerja secara otomatis sebagai pendeteksi ketika terjadi kebakaran di sebuah gedung atau bangunan.

Cara kerja fire alarm adalah dengan memberikan sinyal bahwa telah terjadi kebakaran di suatu area tertentu. Sinyal tersebut berupa lampu dan suara yang menyala ketika sensor atau detektor menemukan adanya tanda-tanda kebakaran. Tanda yang dimaksud bisa berupa api, asap, gas, atau panas.

Tujuan pemasangan fire alarm dalam sebuah gedung adalah sebagai pendeteksi dini terhadap terjadinya kebakaran. Dengan adanya fire alarm, maka alat ini bisa memberitahu kepada orang-orang di sekitar area tersebut untuk segera melakukan evakuasi, mengosongkan bangunan, dan melakukan tindakan darurat untuk mengontrol api kebakaran.

Perbedaan Instalasi Fire Alarm Konvensional dan Addressable

Sistem instalasi fire alarm terdiri dari dua jenis, yaitu fire alarm konvensional dan fire alarm addressable. Lantas, apa perbedaan kedua jenis fire alarm tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Fire Alarm Konvensional
    Sistem fire alarm konvensional merupakan jenis instalasi fire alarm yang paling sederhana. Dikatakan sederhana karena hanya memberikan informasi deteksi yang berasal zona tertentu saja. Sistem ini tidak dapat memastikan detector mana yang telah mendeteksi adanya kebakaran.
    Biasanya, sistem ini hanya digunakan pada area dengan skala kecil atau pada bangunan yang tidak terlalu kompleks. Fire alarm konvensional umumnya banyak diaplikasikan pada perumahan, pertokoan, minimarket, hingga gudang.
  • Fire Alarm Addressable
    Pada sistem fire alarm addressable, setiap detector memiliki identitas ID yang menyatakan alamatnya masing-masing. Penerapan sistem ini akan membuat titik kebakaran bisa lebih mudah diketahui dengan pasti. Panel bisa memberikan informasi mengenai detector mana yang mendeteksi adanya kebakaran.
    Fire alarm addressable menggunakan terminal loop dimana masing-masing loop dapat dipasangi detector hingga 127 buah. Sistem ini biasanya diaplikasikan pada gedung bertingkat, seperti mall, hotel, perkantoran, dan gedung-gedung lain yang memiliki banyak ruang.

Cara Memilih Instalasi Fire Alarm Gedung Sesuai Kebutuhan

cara memilih instalasi fire alarm gedung terintegrasi smartphone

Mengingat fire alarm memiliki peran yang penting, maka cara memilih instalasi fire alarm gedung harus dilakukan secara tepat. Terutama dalam menentukan jenis fire alarm yang akan digunakan. Apakah menggunakan fire alarm konvensional atau fire alarm addressable. Nah, berikut adalah cara memilih instalasi fire alarm gedung sesuai kebutuhan.

  • Tentukan Peluang Risiko Kebakaran
    Cara memilih instalasi fire alarm gedung pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan peluang terjadinya kebakaran . Lakukan identifikasi terhadap seluruh risiko kebakaran di bangunan tersebut. Langkah ini akan membuat Anda lebih mudah untuk memperkirakan area mana yang harus dipasang fire alarm.
  • Pertimbangkan Layout dan Ukuran Bangunan
    Cara memilih instalasi fire alarm gedung juga harus disesuaikan dengan layout dan ukuran gedung itu sendiri. Semakin luas area bangunan, maka semakin luas pula sensor deteksi fire alarm yang dibutuhkan. Pada bangunan yang cukup luas dan besar, biasanya membutuhkan lebih dari satu alarm kebakaran.
  • Pilih Fire Alarm Berkualitas
    Bisa dikatakan bahwa fire alarm memiliki peran yang sangat vital. Sudah seharusnya Anda menggunakan produk fire alarm dengan kualitas terbaik. Fire alarm berkualitas tentu akan bekerja dengan optimal dalam menjalankan fungsinya sebagai pendeteksi kebakaran.
  • Cari Fire Alarm dengan Fitur Terlengkap
    Fire alarm merupakan sebuah unit yang dibuat dari beberapa perangkat yang saling terintegrasi. Masing-masing perangkat memiliki fungsi tersendiri. Agar dapat bekerja dengan optimal, maka fire alarm harus memiliki fitur yang lengkap. Untuk itulah, pastikan Anda memilih produk fire alarm dengan fitur yang lengkap.
  • Sesuaikan dengan Kebutuhan Bangunan
    Cara memilih instalasi fire alarm gedung perlu dilakukan dengan menyesuaikan karakteristik serta potensi kebakaran di setiap bangunan. Artinya, pemasangan fire alarm harus dilakukan sesuai kebutuhan bangunan. Misalnya, saat memilih detector, apakah menggunakan fire detector, smoke detector, atau kombinasi keduanya.

Tips Memilih Kontraktor Instalasi Fire Alarm Gedung yang Andal dan Profesional

cara memilih instalasi fire alarm gedung terintegrasi firecekUntuk melakukan instalasi fire alarm, Anda tentu membutuhkan bantuan dari kontraktor instalasi fire alarm yang berpengalaman. Memilih kontraktor instalasi fire alarm yang andal dan profesional sangat penting agar bisa mendapatkan layanan terbaik. Berikut cara memilih kontraktor fire alarm gedung yang terbaik.

  • Menyediakan Produk Sesuai Kebutuhan
    Salah satu tanda bahwa jasa kontraktor instalasi fire alarm layak untuk dipilih adalah menyediakan produk yang lengkap. Dengan tersedianya beragam produk fire alarm dari merek ternama, maka Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan gedung atau bangunan.
  • Memiliki Tenaga Ahli yang Profesional
    Cara memilih instalasi fire alarm gedung yang selanjutnya adalah memastikan bahwa kontraktor tersebut memiliki tenaga ahli yang terlatih dan profesional. Dengan begitu, maka pemasangan fire alarm bisa ditangani langsung oleh orang yang ahli di bidangnya dan sesuai dengan standar SNI dan NFPA yang telah ditetapkan.
  • Menyediakan Produk yang Original dan Berkualitas
    Memastikan bahwa produk fire alarm yang digunakan adalah original merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih kontraktor fire alarm yang menyediakan produk berkualitas dan sesuai dengan standar NFPA (National Fire Protection Association).
  • Memiliki Track Record yang Baik
    Jangan lupa untuk memastikan bahwa kontraktor fire alarm tersebut memiliki track record yang baik di mata konsumen sebelumnya. Dengan track record yang baik, maka bisa dipastikan bahwa layanan yang diberikan oleh kontraktor instalasi fire alarm tersebut memuaskan.
  • Memberikan Pelatihan Penggunaan Fire Alarm
    Tidak semua kontraktor fire alarm memberikan pelatihan penggunaan peralatan saat terjadi kebakaran. Padahal, pelatihan penggunaan alat-alat proteksi kebakaran sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya pilih kontraktor instalasi fire alarm yang memberikan pelatihan penanganan kebakaran.

Konsultasikan Kebutuhan Fire Alarm Anda dengan Ahlinya

cara memilih instalasi fire alarm gedung sesuai standarCara memilih instalasi fire alarm gedung bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Supaya hasilnya lebih maksimal, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli yang berpengalaman di bidang tersebut. Dengan begitu, maka Anda bisa mendapatkan solusi terbaik untuk proses pemasangan fire alarm yang akan dilakukan.

Ingin melakukan instalasi fire alarm gedung dengan tepat dan akurat? Pastikan Anda berkonsultasi dengan kontraktor fire alarm yang berpengalaman dan terpercaya . Nah, salah satu vendor dan kontraktor fire alarm gedung terbaik yang paling direkomendasikan untuk Anda adalah PT Bromindo Mekar Mitra.

Bromindo menawarkan produk fire alarm bersertifikasi UL dan FM untuk memberikan perlindungan terbaik pada bisnis dan aset Anda. Kami memiliki produk dari berbagai merek ternama yang sudah memenuhi standar. Dengan didukung oleh tenaga profesional yang kami miliki, maka proses instalasi fire alarm yang kami lakukan dapat berjalan optimal.

Hingga saat ini, Bromindo telah membantu banyak perusahaan dan instansi dalam memproteksi aset-aset berharga dengan memberikan sistem proteksi fire alarm terbaik. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan solusi terbaik untuk sistem proteksi kebakaran Anda.

Recommended Posts

Leave a Comment

0