Cara Menggunakan Alat Pemadam Api, Cek 5 Langkah Mudah Ini!

Cara menggunakan alat pemadam api yang benar merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seluruh karyawan di sebuah perusahaan. Alat pemadam api atau alat pemadam kebakaran dapat menyelamatkan nyawa dan investasi.

Dengan memadamkan kebakaran yang apinya masih kecil, alat pemadam api ringan atau portable fire extinguishher dapat dipergunakan terlebih dahulu untuk memadamkan kebakaran. Sampai mobil pemadam kebakaran datang untuk membantu proses pemadaman lebih lanjut.

Alat pemadam api ringan mempunyai keterbatasan, karena api dapat menyebar begitu cepat. Jika kebakaran tidak dapat dikendalikan dengan alat pemadam api (APAR) atau karena Anda tidak mengetahui cara menggunakan alat pemadam api sebaiknya segera lakukan evakuasi, lalu segera panggil petugas kebakaran.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api dengan Baik dan Benar

Nah, bagi Anda yang belum tahu cara menggunakan alat pemadam api langsung saja cek di bawah ini:

  1. Tarik kunci pengaman. Saat mencabut kunci pengaman yang perlu diperhatikan jangan menekan kedua tuas atas dan bawah secara bersamaan. Hal ini akan membuat pin atau kunci pengaman susah dilepas, karena pin tertekan.
  2. Pegang bagian ujung selang. Jangan sekali-kali menekan bagian tengah atau pangkakl selang. Karena akan mengakibatkan media tidak terarah dengan baik.
  3. Arahkan selang ke sumber api. Mengarahkan selang tepat ke sumber api akan mempercepat proses pemadaman. Kesalahan yang sering dilakukan, pengguna mengarahkan ke bagian atas sumber api atau ditembakan di bagian lidah apinya. Sehingga, kebakaran lama padam, bahkan resiko terburuk api tidak padam.
  4. Tekan tuas (katup) bagian atas sepenuhnya. Lakukan hal ini dengan benar. Karena dengan menekan tuas secara penuh akan lebih cepat mengeluarkan seluruh isi media alat pemadam kebakaran. Sehingga api segera padam.
  5. Sapukan dari satu sisi ke sisi lainya. Hal ini dilakukan agar media merata dan kebakaran dapat dipadamkan dengan segera.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api dengan Baik dan BenarCara menggunakan alat pemadam api dengan benar harus ditanamkan kepada calon pengguna agar mereka dapat melakukan proses pemadaman dengan. Kasus kebakaran memburuk karena pada umumnya tidak memiliki alat pemadam kebakaran yang memadai dan tidak dapat mengoperasikannya.

Kapan Harus Menggunakan APAR?

Di bawah ini ada beberapa tips kapan harus menggunakan APAR dan bagaimana mengoperasikannya dengan aman:

  • Gunakan alat pemadam api ringan saat api masih kecil. Pastikan api belum menyebar. Segera lakukan evakuasi kepada semua orang yang ada di dalam gedung. Dan, hubungi petugas pemadam kebakaran, juga pastikan ruangang tidak penuh dengan asap.
  • Gunakan media pemadam api yang dapat memadamkan segala jenis kebakaran dengan kapasitas memadai dan tidak terlalu besar. Sehingga alat pemadam kebakaran tidak terlalu berat saat digunakan.
  • Pilih alat pemadam api yang sudah memiliki sertifikat pengetesan dari lembaga terkait.
  • Baca instruksi penggunan yang melekat pada tabung dan pastikan Anda telah memahaminya dengan benar. Pelatihan penggunaan alat pemadam api sangat dibutuhkan.
  • Letakkan alat pemadam api pada tempat yang mudah dijangkau.
  • Tinggalkan dengan segera jika ruangan dipenuhi dengan asap.
  • Setiap gedung diwajibkan untuk mempesiapkan jalur evakuasi.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api di Saat yan Tepat Ini TipsnyaDengan memahami cara menggunakan alat pemadam api yang benar dan latihan secara berkala, Anda akan dapat menghadapi musibah kebakaran dengan lebih tenang. Dan, tentunya kebakaran akan lebih cepat terkendali, sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih besar.

tips cara menggunakan alat pemadam api, bagaimana cara menggunakan alat pemadam api, tutorial cara menggunakan alat pemadam api, cara menggunakan alat pemadam api baik dan benar, video cara menggunakan alat pemadam api, cara menggunakan alat pemadam api, cara menggunakan alat pemadam api powder

Recommended Posts

Leave a Comment