Fire Hose Reel

Fire Hose Reel

80 Fire Hose ReelFire Hose Reel adalah alat pemadam kebakaran yang berbentuk gulungan selang berdiameter kecil yang biasanya ditempel pada tembok, selang ini terhubung dengan jaringan fire hydrant atau pipa air bertekanan dari PDAM kota untuk alat dalam memadamkan api. Fire hose reel ditempatkan pada tempat-tempat strategis di perkantoran, sekolah, rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, gudang, parkir, gedung bioskop dan tempat – tempat lain yang berpotensi akan terjadi kebakaran. Type kebakaran yang cocok untuk dipadamkan dengan fire hose reel adalah kelas A, yaitu kebakaran yang diakibatkan oleh benda – benda yang mudah terbakar seperti sampah, kain, kertas, serbuk kayu dan lainnya.

Ada banyak tipe dan ukuran fire hose reel yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan panjang standart selang mencapai 36 meter, perangkat ini bisa memadamkan kebakaran di titik yang jauh. Pancaran air dari jaringan pipa yang terhubung ke fire hose reel paling tidak dapat memancarkan air minimal 0.33 liter air per detik. Control Nozzle pada ujung fire hose reel dapat memudahkan operator untuk mengarahkan pancaran ke titik api.

Media air Fire Hose Reel

Fire hose reel tidak cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran api kelas B, C, K yang disebabkan oleh cairan minyak, perangkat dapur, dan alat – alat elektronik karena fire hose reel menggunakan media air bertekanan untuk memadamkan api. Sifat air yang menghantarkan listrik justru akan membahayakan bagi petugas saat memadamkan api dari barang elektronik. untuk kebakaran minyak / cairan kimia, air yang dipancarkan fire hose reel justru akan menyebarkan titik api sehingga tidak cocok untuk tipe kebakaran kelas tersebut. untuk kebakaran kelas ini disarankan menggunakan Alat pemadam api ringan (APAR) yang menggunakan media CO2 / Dry chemical powder.

Cara penggunaan Fire Hose Reel

Cara penggunaan fire hose reel saat terjadi kebakaran adalah petugas memutar valve utama untuk mengalirkan air bertekanan, pegang ujung nozzle dengan kedua tangan, kemudian tarik ke arah titik api yang menyala, putar coupling pada nozzle untuk mengeluarkan air dan arahkan pada titik kebakaran. Ukuran nozzle fire hose reel lebih kecil dibanding nozzle fire hose pada hydrant atau petugas pemadam karena fire hose reel didesain khusus untuk memadamkan api berskala kecil. Sehingga alat ini juga cocok digunakan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita.

Leave a Comment