Alat Pemadam Api Ringan

alat pemadam api ringan

Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api ringan, sesuai dengan namanya alat pemadam api ringan (sering diistilahkan dengan fire portable) merupakan alat yang berfungsi untuk memadamkan kebakaran skala ringan.

Jenis alat pemadam api ringan banyak digunakan pada rumah, ruang kantor, bahkan pada sektor bisnis dan industri.

Bentuknya yang portable diciptakan untuk mudah digunakan bahkan diharapkan dapat digunakan oleh perempuan sekalipun.

 

Media Alat Pemadam Api Ringan yang Banyak Digunakan

Alat pemadam api ringan memiliki beberapa media, salah satunya media powder yang paling banyak digunakan.

Media powder banyak digunakan karena sangat baik fungsinya untuk memadamkan segala jenis kebakaran misalnya kebakaran yang ditimbulkan oleh benda padat, gas, bahkan elektrikal sekalipun.

Alat pemadam api dengan media powder memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 1 kg hingga kapasitas 90 kg. Untuk media dengan kapasitas 20 kg ke atas tentunya dilengkapi dengan kereta beroda, untuk memudahkan mobilisasi.

 

Penempatan Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api ringan idealnya ditempatkan pada jarak 15 meter antara satu dan yang lainya atau 225 meter persegi untuk setiap unitnya.

Dalam penempatannya, alat pemadam api ditempatkan maksimal 120 cm di atas lantai.

penempatan alat pemadam api ringan

Disarankan tidak melebihi ketinggian tersebut, karena dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menjangkau alat pemadam api tersebut.

Alat pemadam api dalam peletakannya harus mudah dilihat sehingga dalam tidak boleh terhalang oleh benda apapun sehingga alat pemadam api mudah dilihat dan mudah dijangkau.

 

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan

Cara menggunakan alat pemadam api sangatlah mudah.

Pahami instruksi yang biasanya tertera pada tabung alat pemadam api  dengan baik dan pastikan Anda dapat memahami cara penggunaanya dengan benar. Cara menggunakan alat pemadam api yang benar biasa dikenal dengan singkatan PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep).

Jika hal ini tidak dipahami dengan baik dikhawatirkan alat pemadam api yang sudah tersedia tidak dapat berfungsi sesuai dengan yang Anda harapkan.

Gambar di bawah ini adalah cara menggunakan alat pemadam api yang salah.

alat pemadam api ringan untuk memadamkan kebakaran

 

Perawatan Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api memang memiliki masa pakai yang relatif lama yaitu 5 sampai lebih dari 10 tahun. Namun selama jangka waktu tersebut berbagai faktor dapat mempengaruhi kondisi alat pemadam api.

Lakukan inspeksi alat pemadam api secara berkala dengan melihat alat pengukur tekanan yang tersedia pada head tabung tersebut. Dalam pengecekan ini Anda hanya memastikan bahwa jarum penunjuk selalu berada pada area hijau. Ini menunjukkan bahwa alat pemadam api ringan dalam kondisi siap digunakan.

Lakukan pengisian ulang sesuai dengan masa kadaluarsa media yang berlaku. Perhatikan dengan baik kapan masa berlaku media tabung yang Anda beli berakhir.

Jangan menunda pengisian yang seharusnya dilakukan, karena dengan menunda pengisian dapat berakibat tidak berfungsinya alat pemadam api Anda.

Anda juga dapat melakukan hydrotest untuk memastikan keadaan fisik dan tekanan tabung dalam kondisi aman digunakan.

Serahkan perwatan alat pemadam api Anda kepada tenaga profesional yang berpengalaman agar performa alat pemadam api Anda selalu terjaga.

Jika segala perawatan alat pemadam api telah dilakukan maka Anda akan selalu memiliki proteksi penuh setiap saat.

alat pemadam api ringan dengan indikator tekanan

Leave a Comment