Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem

Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem

97 Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistemFire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem adalah sebuah jaringan sistem instalasi fire hydrant yang menggunakan stand pipe kering, dirangkai pada alat yang bernama deluge value. Yang akan aktif secara otomatis saat hose connection pada jarak yang jauh diaktifkan, setelah system aktif maka air dari tandon akan dialirkan melalui pompa hydrant ke seluruh jaringan pipa. Suplai air dari tandon paling tidak harus bisa menyala sampai pada waktu 30 menit, hal ini untuk mengantisipasi dalam mengambil tindakan pemadaman sebelum petugas pemadam pada area tersebut datang. Untuk pemadaman orang yang ada di area tersebut bisa menggunakan nozzle dan selang yang panjangnya mencapai 30m. sementara pancaran air dari system fire hydrant sendiri sejauh 5m, sehingga petugas tidak perlu terlalu dekat dengan titik api.

Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem perlu waspada

Perlu dipahami, saat menggunakan hydrant pembukaan valve tidak boleh terlalu cepat karena akan membahayakan petugas yang membawa nozzle di depan. Karena tekanan pada selang besar maka bisa mengakibatkan petugas terpental. Dalam menutup hydrant juga perlu bertahap karena jika langsung ditutup bisa mengakibatkan water hammer. Tekanan air akan tertutup secara tiba – tiba dan hasilnya bisa merusak perangkat hydrant itu sendiri. Proses penggulungan selang setelah dipakai juga harus diperhatikan, lebih baik dikeringkan dahulu sebelum ditaruh kempali ke box hydrant untuk mengantisipasi terjadinya penjamuran pada fire hose dan perangkat hydrant lainnya.

Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem dipasang pada daerah Suhu Dingin

Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem umumnya dipasang pada daerah yang memiliki suhu dingin seperti Eropa, hal yang menjadi alasan utama karena suhu dingin bisa mengakibatkan air yang ada dalam sistem pipa hydrant bisa membeku sehingga menyumbat aliran air saat digunakan. Maka dari itu, Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem menggunakan udara bertekanan pada jaringan pipanya. Sementara air sebagai media utama dalam memadamkan api berada di tempat yang tidak terlalu dingin sehingga aman dari proses pembekuan. Fire hydrant Tipe Semi Automatic Dry sistem baru akan aktif saat ada hose / valve dibuka dan menyalakan alarm dan pompa aktif sehingga segera mengalirkan air ke jaringan pipa.

Leave a Comment