FKM Universitas Airlangga Terbakar

Dini hari tadi (04/03) pukul 01.43 WIB terjadi kebakaran di ruang kemahasiswaan FKM Universitas Airlangga (UNAIR). Bagaimana kronologinya? Simak di bawah ini, yuk!

Kronologi Kebakaran FKM Universitas Airlangga

FKM Universitas Airlangga - Kebakaran UnairSumber: Jatimnow

Tak pandang bulu, si jago merah melanda bangunan apa saja, tak terkecuali universitas. Seperti halnya yang terjadi pada FKM Universitas Airlangga pada Senin, 04 Maret 2019.

Kebakaran yang terjadi pada Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR Surabaya tersebut terjadi pada dini hari dan melahap ruang kemahasiswaan. Kebakaran tersebut baru di ketahui oleh petugas gedung ketika api sudah membesar.

Petugas gedung sudah melakukan upaya untuk memadamkan api dengan APAR. Sayangnya, APAR tersebut sudah tidak mampu mengatasi kebakaran yang kian membesar tersebut.

Pihak FKM Universitas Airlangga kemudian menghubungi petugas Damkar. Pihak Damkar Surabaya kemudian mengerahkan 11 unit mobil pemadam. Menurut laporan, penyebab kebakaran tersebut adalah adanya korsleting listrik.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran ini adalah berkas-berkas dan inventory ruangan.

Antisipasi Kebakaran FKM Universitas Airlangga

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang diakibatkan kebakaran ini cukup bernilai. Mengingat ruangan yang terbakar adalah ruang kemahasiswaan yang tentunya berisi dokumen penting.

Pihak FKM Universitas Airlangga memang sudah memiliki proteksi kebakaran, yakni dengan APAR. Namun, bila api sudah terlanjur membesar, maka kebakaran fatal seperti inilah yang akan terjadi. Lalu bagaimana antisipasi yang tepat agar kebakaran di FKM Universitas Airlangga tidak terjadi lagi?

Mengingat kebakaran terjadi pada dini hari dan petugas gedung baru mengetahuinya setelah api membesar, maka ada baiknya pihak UNAIR memasang Fire Alarm System. Sistem fire alarm adalah sistem pendeteksi keberadaan api secara otomatis dengan melihat perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan kebakaran.

FKM Universitas Airlangga - Fire Alarm

Sebuah fire alarm system selalu dilengkapi dengan sensor yang peka terhadap keberadaan asap, panas, api, maupun gas. Ketika terjadi gejala kebakaran yang ditangkap sensor, fire alarm akan menotifikasi agar petugas gedung dapat mengatasinya sebelum api membesar.

Pada jaringan listrik pun ada baiknya dipasang mini circuit breaker (MCB). Tujuannya adalah untuk menghentikan arus listrik sebagai penyebab terjadinya kebakaran. Karena, bila arus listrik belum diputus, maka api berpotensi akan terus menyala.

Apa bila sudah memasang Fire Alarm dan MCB, maka selanjutnya APAR dapat mengatasi kebakaran tersebut dengan baik. Untuk medianya, kebakaran ini masuk dalam klasifikasi kelas kebakaran C.

Kelas kebakaran C adalah kebakaran yang diakibatkan oleh penggunaan alat listrik. Media APAR yang dapat digunakan pihak FKM Universitas Airlangga adalah dry chemical powder.

Maksimalkan Proteksi Kebakaran agar Terbakarnya FKM Universitas Airlangga Tidak Terulang Kembali

Setelah mengetahui proteksi yang tepat untuk menghindari kebakaran yang terjadi di FKM Universitas Airlangga, kini ada baiknya bila memaksimalkan investasi tersebut. Bagaimana caranya? Tentunya dengan menggunakan produk alat pemadam api berkualitas.

Bromindo merupakan kontraktor dan distributor perlengkapan proteksi kebakaran. Kami menyediakan instalasi fire alaram dan sistem proteksi kebakaran lainnya.

Tak hanya sistem, Anda juga bisa mendapatkan APAR dry chemical powder dan media lainnya di Bromindo. Kami hanya menyediakan alat pemadam api berkulaitas. Tapi jangan khawatir, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dibanding harga di pasaran.

Terlebih bila Anda membeli APAR di Bromindo, Anda akan mendapatkan akses gratis untuk dapat menggunakan aplikasi Firecek. Aplikasi ini akan membantu Anda mengontrol masa berlaku dan kelayakan APAR.

Tunggu apalagi? Segera hubungi Bromindo sekarang juga di menu contact us. Dapatkan pelayanan dan penawaran terbaik dari kami!

FKM Universitas Airlangga - APAR Bergaransi

Recommended Posts

Leave a Comment