Hydrant adalah Sistem Pemadam Kebakaran Efektif

Hydrant adalah salah satu dari beberapa jenis sistem pemadam kebakaran di dunia. Sistem hydrant umumnya bisa Anda jumpai di berbagai gedung seperti perkantoran, sekolah, dan mall.

Hydrant adalah Proteksi Kebakaran Skala Besar

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan penggunaan fire hydrant sebagai sistem proteksi kebakaran. Umumnya, hydrant terinstalasi di gedung-gedung, mall, dan bangunan lainnya.

Fire hydrant menggunakan media air bertekanan untuk memadamkan api. Sistem fire hydrant ini merupakan proteksi untuk kebakaran skala besar.

Hydrant adalah Sistem Pemadam Skala BesarDapat dikatakan bahwa hydrant adalah sistem dengan komponen yang cukup kompleks. Sistem ini dapat beroperasi dengan dukungan komponen utama dan aksesoris pendukung.

Mesin pada hydrant dapat diatur pada panel untuk bekerja secara otomatis dan manul. Meskipun demikian, untuk menjangkau titik api saat kebakaran, membutuhkan user yang sudah terlatih.

Komponen dalam Hydrant

Fire hydrant adalah sistem pemadam yang memiliki ragam komponen yang tidak sedikit. Keseluruhan komponen berperan penting dalam bekerjanya sistem fire hydrant. Adapun ragam komponen hydrant adalah sebagai berikut:

1. Reservoir

Reservoir atau ground tank merupakan tandon air tempat penampungan pasokan media air untuk hydrant. Tandon ini didesain untuk mampu memasok air untuk pemadaman api selama 30 menit.

2. Rumah Pompa

Hydrant adalah Fire System - Pump RoomRumah pompa atau pump room adalah tempat dimana komponen hydrant berada. Seperti hydrant pump, panel control, header, suction, pressure tank, dan aksesoris hydrant lainnya.

3. Sistem pipa hydrant

Sistem pipa hydrant terdiri dari beberapa komponen pipa dengan diameter yang berbeda-beda. Pipa tersebut mendistribusikan air bertekanan untuk memadamkan api.

4. Pompa Hydrant

Pompa hydrant adalah pompa yang mendistribusikan media air hydrant menuju jaringan. Terdapat tiga pompa dalam hydrant, yakni electric, diesel, dan jockey pump.

5. Panel Control

Panel control merupakan alat pengatur dan pengendali sistem kerja pompa hydrant agar dapat bekerja sesuai fungsinya. Komponen ini mengatur dan menetapkan tekanan pada pompa hydrant yang didapat dari pressure switch.

6. Pressure tank

Pressure tank merupakan komponen yang bertugas menjaga tekanan pompa hydrant agar selalu stabil dan membuang udara yang terjebak dalam instalasi.

Aksesoris HydrantSelain komponen-komponen di atas, terdapat pula aksesoris hydrant yang berfungsi sebagai output pendistribusian media air menuju titik api. Seperti hydrant pillar, hydrant box, valve, dan aksesoris lainnya.

Jika Anda menginkan komponen atau instalasi hydrant, silahkan hubungi kami. Bromindo merupakan kontraktor dan distributor fire hydrant terpercaya di Indonesia.

 

Recommended Posts

Leave a Comment