Instalasi CO2 Fire Suppression System Terbaik oleh Bromindo

Instalasi CO2 fire suppression system kini semakin banyak digunakan di berbagai tempat. Kenapa CO2 system ini banyak digunakan? Ternyata karena sifat medianya yang sangat baik untuk ruangan-ruangan dengan kebutuhan proteksi kebakaran khusus.

CO2 system  yang bersifat clean agent menurut NFPA 2001 adalah sistem pemadam api yang tidak meninggalkan bekas/residu ataupun merusak properti yang diproteksi setelah proses pemadaman api.

  • Fire suppression system CO2 dapat diinstalasi pada ruangan yang tidak diperbolehkan adanya air konvensional dan foam untuk media sistem kebakarannya.
  • Penggunaan fire suppression systems diterapkan pada area dengan tingkat kebakaran tinggi berisi aset-aset berharga yang rawan jika terkena air.

Nah, itulah sebabnya menggapa CO2 system banyak digunakan di ruangan server, arsip genset dan sebagainya. Jika Anda ingin menginstalasi CO2 system coba hitung dahulu kebutuhan Anda dengan tips yang akan kami berikan di bawah ini!

Menghitung Kebutuhan Instalasi CO2 Fire Suppression System

Di sini akan kami berikan cara bagaimana menghitung jumlah clean agent yang diperlukan untuk mengisi volume ruangan yang diproteksi. Anda harus memperhatikan beberapa poin di bawah ini:

  • Fire Hazard : Kelas A (benda padat mudah terbakar), Kelas B (benda cair mudah terbakar), Kelas C (peralatan elektronik berisiko terbakar)
  • Volume area proteksi (panjang x lebar x tinggi), raised floor (R. Server)

Instalasi CO2 Fire Suppression System Berbagai JenisContohnya:

Perbandingan kebutuhan tabung untuk volume ruangan 200m3 (p=10m, l=5m, t= 4m) dengan jenis fire hazard kelas A adalah: 260 Kg – 7 x 60 ltr.

Jenis-jenis Instalasi CO2 System

Jika Anda hendak melakukan instalasi CO2 system, sesuaikan juga dengan jenis instalasi yang sesuai dengan kebutuhan ruangan yang hendak Anda proteksi. Di bawah ini ada beberapa jenis instlasi CO2 system sebagai refrensi Anda:

  • Server

Memproteksi seluruh ruangan beserta isinya, dalam kalkulasi diperlukan volume ruangan/area yang diproteksi.

  • Indirect system untuk kitchen

Memproteksi permukaan kompor dan exhaust ducting kitchen. Wet Chemical Kitchen menggunakan R-102/R12, dalam kalkulasi diperlukan jumlah & jenis kompor, exhaust van, dan luas permukaan kompor.

  • Direct system

Diperuntukkan untuk fokus pada area yang diproteksi, sehingga perhitungan focus pada volume material yang diproteksi.

Sangat banyak pilihan yang bisa Anda pilih, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda!

Selain itu system CO2 juga dilengkapi dengan beberapa device untuk meminimalisir human error, seperti:

  • Lampu indikasi
  • Penundaan waktu eksekusi
  • Alarm peringatan
  • Sistem aktivasi manual

Instalasi CO2 Fire Suppression System AmanJika Anda mebutuhkan jasa instalasi CO2 system, segera hubungi Bromindo! Kami siap membantu Anda mulai dari konsultasi, perancangan, supply produk, instalasi hingga commissioning test!

instalasi co2 fire suppression system jakarta, instalasi co2 fire suppression system surabaya, instalasi co2 fire suppression system semarang, kontraktor instalasi co2 fire suppression system, jasa instalasi co2 fire suppression system,instalasi co2 fire suppression system terbaik, instalasi co2 fire suppression system, instalasi co2 fire suppression system, instalasi co2 fire suppression system indonesia

Recommended Posts

Leave a Comment