Gedung Cyber 1 Terbakar, Bagaimana Sebaiknya Proteksi Data Center?

Gedung Cyber 1 Terbakar, Bagaimana Sebaiknya Proteksi Data Center?

Kebakaran di Gedung Cyber 1 bilangan Kuningan Jakarta pada Kamis, 2 Desember 2021 sempat menggegerkan warganet. Pasalnya, banyak sekali perusahaan penyedia jasa hosting, software dan keamanan siber yang menyewa data center pada gedung tersebut.

Imbasnya, beberapa layanan publik, terutama yang berbasis online, mengalamai gangguan cukup singnifikan atau down pada hari tersebut. Sehingga, ada beberapa layanan yang terganggu hingga sementara waktu.

Penyebab Gedung Cyber 1 Terbakar

Dari beberapa portal berita online, kebakaran pada Gedung Cyber 1 terjadi karena adanya arus pendek yang mulai terjadi di lantai 3. Dari situlah kemudian api membesar dan menyebabkan kebakaran pada gedung tersebut.

Pada kebakaran kali ini Damkar DKI Jakarta mengerahkan 22 unit armada untuk memadamkan api. Dari laporan yang ada, 3 korban masuk ke rumah sakit dan 1 di antaranya meninggal dunia.

Ternyata, ini bukan kali pertama Gedung Cyber 1 mengalami kebakaran. Pada tahun 2014 dan juga 2015, kebakaran serupa juga pernah terjadi, masing-masing terjadi di lantai 11 dan 8.

Proteksi Kebakaran Data Center

Nah, karena ternyata kebakaran serupa sering terjadi di area tersebut dan mungkin juga berpotensi terjadi di gedung-gedung lain sejenis, maka Bromindo akan membedah dan memberikan tips proteksi kebakaran di gedung data center maupun ruang server.

Kenali Kebakaran yang Berpontensi Terjadi di Ruang Server

Seperti yang kita ketahui, dalam ruangan server maupun data center banyak sekali alat-alat elektronik beserta rangkaiannya. Alat-alat elektronik beserta rangkaiannya bekerja selama 24/7 non-stop dalam ruang server atau data center untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Jadi, ada kemungkinan alat-alat dan rangkaian tersebut mengalami overheat karena bekerja terus-menerus. Jika hal tersebut terjadi, maka tidak dipungkiri bisa meyebabkan kebakaran. Belum lagi jika ada malfungsi pada alat elektronik dan rangkaian tersebut, bisa semakin meningkatkan potensi kebakaran.

Nah, lalu tipe kebakaran apa yang sering terjadi di ruang server atau data center? Melihat dari potensi dan penyebabnya, kelas kebakaran yang mungkin terjadi di ruang server atau data center adalah kelas kebakaran C yang disebabkan oleh masalah elektrikal.

Kelas Kebakaran C yang Terjadi Saat Gedung Cyber 1 Terbakar

Nah, ternyata kelas kebakaran C ini tidak bisa ditangani dengan sembarangan. Karena, dengan adanya unsur elektrikal, api tidak bisa dipadamkan dengan air, seperti menggunakan hydrant, APAR foam maupun sprinkler dengan media air.

Selain itu, kita juga tidak bisa menggunakan APAR dan thermatic dengan media powder, karena alat pemadam api ini meninggalkan residu di tempat kebakaran dengan banyak alat elektronik. Karena residu dapat memicu korosif pada alat elektronik dan juga memperlama proses down time pada area yang terbakar.

Rekomendasi Proteksi Kebakaran untuk Ruang Server

Seperti yang dijabarkan di atas tadi, pada area ruang server atau data center membutuhkan media pemadam api non-air konvensional dan bebas residu. Lalu, apa itu media bebas residu? Media bebas residu adalah media yang tidak meninggalkan sisa saat digunakan untuk memadamkan api.

Media ini juga biasa disebut dengan media clean agent yang menurut NFPA 2001 disebut sebagai “sistem pemadam api yang tidak meninggalkan bekas/residu maupun merusak properti yang diproteksi setelah proses pemadaman api.”

Rekomendasi Proteksi Kebakaran untuk Ruang Server

Kategori media clean agent antara lain:

Nah, untuk alat pemadam api kami sarankan 3 jenis alat pemadam api yaitu:

Fire Suppression untuk Data Center

Fire suppression sangat cocok di area dengan tingkat kebakaran tinggi yang berisi aset-aset berharga dan rawan jika terkena air, seperti rangkaian dan alat-alat elektronik yang ada di ruang server atau data center.

gedung cyber 1 terbakar

Fire Suppression untuk Data Center

Sistem ini biasanya juga digunakan di tempat di mana tidak diperbolehkan adanya air konvensional dan foam untuk proteksi kebakaran. Oleh sebab itu, sangat cocok untuk dipasang pada ruang server. Dengan media CO2, HFC atau FM200 yang tanpa residu, sangat cocok untuk memadamkan api kelas C. Selain itu, fire suppression yang bekerja secara otomatis dapat memproteksi ruangan tersebut selama 24/7 non-stop!

Alat Pemadam Api Otomatis untuk Proteksi Ruang Server

Selanjutnya thermatic, alat pemadam api ini bekerja secara independen dengan mendeteksi kebakaran kemudian dilanjutkan ke komponen detektor yang akan memicu alat pemadam ini aktif.

Mekanisme kerja dari thermatic sebenarnya sama dengan APAR, namun perbedaan utama adalah sistem pelepasan agen atau media pemadam api-nya. Jika APAR melepas medianya saat menekan tuas, nah untuk alat pemadam api otomatis thermatic, media akan lepas saat bulb atau bola kaca pada nozzle pecah.

Alat Pemadam Api Otomatis untuk Proteki Ruang ServerBulb atau bola kaca mengandung bahan yang sangat peka akan suhu panas yang naik saat terjadi kebakaran. Saat menyentuh suhu 68 derajat celcius, bola kaca/bulb akan pecah dan memberi sinyal pada sistem otomatis untuk bekerja.

gedung cyber 1 terbakar

Selain itu, media pada alat pemadam api thermatic adalah jenis liquid gas, yang berupa cairan saat berada dalam tabung, dan ketika release berubah menjadi gas. Hal ini guna memberikan keamanan dan efisiensi. Lalu, luas jangkauan proteksinya semisal ada di plafon dengan tinggi 2,5 meter, maka luasan proteksinya mencapai 3 meter persegi.

APAR CO2 Cepat Padamkan Api di Ruang Server atau Data Center

Selain itu untuk prevensi awal pada saat api masih dapat dikendalikan bisa menggunakan APAR CO2. Penggunaan APAR dapat dioperasikan oleh satu orang jadi sangat baik untuk prevensi awal, karena ringkas.

Selain itu, daya padamnya juga cepat, hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Tentunya, ini dapat mencegah kebakaran meluas dan mengurangi kerugian materi dan juga korban jiwa.

Gedung Cyber 1 Terbakar Padamkan Pakai APAR CO2Nah, itulah rekomendasi fire protection yang dapat kami berikan pada Anda, terutama yang memiliki ruang server atau data center. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memaksimalkan fire protection di area Anda, Bromindo siap membantu.

Kami siap membantu mulai dari perencanaan, supply barang, konstruksi hingga jasa maintenance dan pelatihan. Tentunya dengan kualitas terbaik yang kami tawarkan. Seperti data sheet lengkap, garansi, gratis training dan juga produk berstandar internasional UL/FM dan teknisi berlisensi NFPA.

gedung cyber 1 terbakar

Mari segera berkolaborasi bersama Bromindo untuk memaksimalkan proteksi kebakaran di area Anda! Segera hubungi tim kami atau isi inqiury di sini.

Recommended Posts

Leave a Comment

0