Instalasi PRV untuk mengurangi Tekanan

instalasi prv untuk mengurangi tekanan

Valve atau umumnya disebut dengan katup merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuka dan menutup aliran air pada instalasi pipa. Pada umumnya, valve sering disebut juga dengan aktuator dari sebuah plant/lokasi.

Jenis valve bermacam-macam sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Contohnya safety valve yang berfungsi untuk menjaga keselamatan dengan cara membuka atau menutup keran.

Contoh kasus pada safety valve adalah valve yang diinstal pada boiler. Temperatur yang sangat tinggi pada boiler menyebabkan tekanan yang tinggi pula. Untuk keselamatan maka apabila tekanan yang terjadi melebihi tekanan yang telah diatur, valve akan membuka dan membuang steam sehingga tekanan yang ada dalam boiler turun. Hal ini dapat meminimalisir adanya kecelakaan ledakan akibat tingginya tekanan yang terjadi.

Instalasi PRV untuk mengurangi Tekanan pada hydrant dan boiler

Salah satu jenis valve lain adalah pressure reducing valve (PRV). Valve ini berfungsi untuk menurunkan tekanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Perbedaan tekanan yang terjadi diakibatkan oleh jarak, ketinggian, topografi, dan sebagainya. Misalnya pada sebuah apartemen lantai 3 dengan ketinggaian 5 meter dari tanah, tekanan yang ada pada lantai dasar dan di lantai 3 tentu berbeda. Semakin tinggi sebuah bangunan maka semakin rendah tekanan. Oleh sebab itu, perlu dipasang pressure reducing valve untuk mengatasi masalah tersebut.

Instalasi PRV untuk Mengurangi Tekanan Pipa

Hal penting yang harus disadari saat menginstal pressure reducing valve adalah memastikan bahwa kondisi perangkat dalam keadaan baik dan tidak dalam kondisi buruk. Instalasi valve dapat dilakukan di mana saja namun harus berada di pipa input sebelum ke tempat yang akan dialirkan.

instalasi prv untuk mengurangi tekanan air pada sprinkler

Pada umumnya untuk menghemat biaya atau cost, pressure reducing valve diinstalasi di pipa induk sehingga valve yang dipasang hanya beberapa buah namun tetap dapat digunakan ke seluruh ruangan yang dibutuhkan.

Prinsip Kerja dan Komponen pada Instalasi PRV untuk Mengurangi Tekanan

Berikut prinsip kerja dari PRV dan komponen yang perlu Anda siapkan pada instalasi PRV untuk mengurangi tekanan:

Prinsip Kerja Pada Valve

Alat-alat yang terdapat pada pressure reducing valve adalah piston atau diafragma. Di mana air akan masuk dengan tekanan yang lebih tinggi, menaikan piston sehingga terjadi ekspansi akibat luas permukaan yang lebih besar. Semakin besar luas permukaan maka semakin kecil tekanan yang dihasilkan. Oleh sebab itu, tekanan output dari valve lebih rendah.

Pressure Gauge

Pressure gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan. Pada valve jenis ini sangat diperlukan alat pengukur tekanan agar diketahui tekanan yang dihasilkan dari valve, apakah telah memenuhi tekanan di ruangan tersebut atau tidak.

instalasi prv untuk mengurangi tekanan dilengkapi pressure gauge prv

Pressure gauge dipasang permanen di sekitar perpipaan. Prinsip kerja dari alat ini adalah mengukur besarnya tekanan apabila valve ditutup sempurna, sebagian, atau terbuka sempurna. Dari pengukuran ini didapatkan posisi valve yang tepat untuk mengalirkan air.

Tekanan optimum dari valve ini adalah sekitar 70 Psi. Berdasarkan kode ledeng adalah sekitar 80 Psi atau lebih besar. Namun, tekanan optimum atau di bawah itu lebih dianjurkan. Tidak dianjurkan pula tekanan dibawah 40 atau 50 Psi. Tekanan yang terlalu rendah tidak dapat meningkatkan gaya tekan air melewati valve sehingga tidak dapat digunakan.

Mengatur Tekanan

Valve tekanan memiliki sekrup di bagian atas valve. Ini memungkinkan untuk menyesuaikan tekanan yang lebih tinggi atau lebih rendah. Anda harus mengikuti petunjuk valve untuk mengetahui bagaimana cara menggerakan sekrup untuk tekanan yang lebih tinggi dan lebih rendah.

Ingat, instalasi PRV untuk mengurangi tekanan dilakukan oleh ahli yang berlisensi untuk menjamin proses pekerjaan dapat berjalan dengan sempurna.

Recommended Posts
Showing 34 comments
  • Jhoni
    Balas

    Untuk istalasi sprinkler gedung 18 lantai..apakah setiap lantai hrs pasang prv

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Jhoni,
      Iya Pak, gedung 18 lantai perlu dilengkapi PRV tiap lantainya.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Jhoni
    Balas

    Slmat malm pk
    Kalau gedung 18 lantai apakah perlu prv setiap lantai

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Jhoni,
      Iya Pak, gedung 18 lantai perlu dilengkapi PRV tiap lantainya.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Karyadi
    Balas

    Selamat malam,
    Saya punya instalasi air, menggunakan pipa diameter 6 inch, sebetulnya dengan menggunakan pipa yg 3 inch cukup, tapi karena tekanan udara sangat kencang sehingga menggunakan pipa yg 3 inch tidak mampu. Apakah dengan menggunakan alat PRV dapat mengurangi tekanan angin/udara yg terlalu kencang. panjang intalasi pipanya 70 m. sy tidak bisa mengukur debit air yg keluar karena angin yg keluar dari pipa kencang sekali. Terima kasih sebelumnya.

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Karyadi,

      PRV adalah alat berisi membram pegas yang berfungsi untuk menekan instalasi agar tekanannya turun. Meskipun tekanan itu berupa air atau udara, PRV tetap membacanya sebagai tekanan.
      Saran dari kami, untuk hydrant bisa diadakan flushing terlebih dahulu menggunakan jockey pump kemudian baru ditutup. Hal ini bertujuan agar instalasi padat dengan air.
      Namun dikarenakan panas, maka pasti ada penguapan air di dalam pipa dan hal tersebut akan membuat tekanan di instalasi jadi naik. Maka dari itu, di instalasi diberi Automatic Air Vent agar dapat membuang angin yang terjebak.
      Atau bila tekan terlalu ekstrim dan dari pompa atau air vent tidak efektif (krn angin yg terjebak terlalu besar), maka bisa pasang safety valve di instalasi.

      Apakah penjelasan dari kami sudah jelas Pak? Jika ada pertanyaan atau kendala, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi dengan kami.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • kharisma
    Balas

    Assalamualaikum

    maaf pak saya mau bertanya

    saya contohkan dalam instalasi pipa

    pipa dialiri cairan dengan debit 12 liter / detik
    dengan tekanan 10 bar

    yang saya mau tanyakan
    1. apakah tekanan sebelum PRV meningkat ketika cairan setelah melewati PRV tereduksi menjadi 5 bar
    2. apakah debit setelah melewati PRV juga akan berkurang yang awalnya 12 liter/detik menjadi dibawahnya, atau bagaimana?
    , kemudian kita pasang PRV di tengah instalasi guna penurunan tekanan 5 bar

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat siang Pak Kharisma,
      Berikut jawaban dari kami:
      1. Apabila instalasi bertipe wet installation, maka tekanan sebelum PRV apabila pompa saat running tidak meningkat secara signifikan, dikarenakan sebelum pompa running pun settingan membram di PRV sdh terbuka, jadi air tetap akan berjalan tanpa memberi dorongan ke membram, tetapi tekanan sebelum PRV tetap ada peningkatan dikarenakan ada peristiwa reduce (water hammer) tekanan dari 10 bar ke 5 bar.
      2. Debit air setelah melewati PRV pasti ada penurunan, maka dari itu penentuan dimensi pipa dan ukuran PRV cukup penting agar debit tetap mencakupi kebutuhan instalasi.

      Apakah sudah jelas Pak Kharisma dari penjelasan kami? Jika ada pertanyaan lebih lanjut, tak perlu sungkan menghubungi kami kembali.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

    • Arison
      Balas

      Assalamualaikum,
      Selamat malam bapak/ibu,

      Saya mau bertanya, untuk tekanan kerja pada out PRV itu tetap ketika di gunakan? Semisal instalasi pipa air bersih dari pompa stand by di 5 bar dan di out Prv di setting 2 Bar, ketika terjadi proses penggunaan apakah tekanan out PRV tersebut akan tetap di 2 bar atau turun di 0, jikalau tekanannya turun di 0 tetapi di pilot PRVnya mengisi dan tekanan tidak naik di 2 bar apakah prvnya itu rudak atau tidak ya?

      Terima kaaih

      • PT Bromindo Mekar Mitra
        Balas

        Selamat pagi Pak Arison,
        PRV adalah alat untuk mereduce/mengecilkan tekanan, sistem kerjanya secara mekanik, maka dari itu bisa disetting. Bila settingan sudah ditentukan dan sudah benar, maka bisa dipastikan tekanan stabil.
        Tekanan akan selalu stabil apabila PRV dalam keaddaan baik. Apabila tekanan berubah maka ada indikasi bermasalah di setingan yang kurang kencang atau pegas di PRV ada kerusakan.
        Apakah sudah terjawab Bapak? Silahkan tanyakan kepada kami jika Bapak ada kendala, dengan senang hati kami akan membantu.
        Terima kasih.

        Salam,
        Tim Bromindo

  • Anwar putra
    Balas

    Selamat pagi mbak apa PRV bisa turun ke 1 atm soalnya dari artikel tidak dianjurkan dibahah 40 atm alias 2,72 atm, terimakasih

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Anwar,
      Kebutuhan 1 atm tersebut untuk apa ya Pak?
      Jika untuk instalasi hydrant, 1 atm terlalu kecil.
      Apakah sudah terjawab Pak Anwar?
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • cucup supyadi
    Balas

    Asalamuallaikum,,
    Pa saya perlu tekanan 3kg sementara tekanan air dipipa 4kg..Apakah bisa prv menurunkan tekanan hanya 1kg????
    Terima kasih sebelumnya🙏🙏

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Waalaikumsalam Pak Cucup,
      PRV bisa di-setting Pak, jadi bisa.
      Terima kasih kembali Bapak.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • CV. Citra Dimensi Konsultan
    Balas

    Assalamualaikum, Bisakah PRV menggantikan fungsi Bak Pelepas Tekan? Karena jalur pipa menyusuri tebing yang terjal dan tidak memungkinkan dibangun BPT. Terima kasih

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Waalaikumsalam,

      Mohon maaf Bapak jika jalur instalasi melewati tebing terjal, justru terjadi loss pressure. Sedangkan PRV punya tugas untuk mereduce (memperkecil tekanan) di instalasi. Bukankah PRV justru akan memperbesar loss pressure dan tekanan menjadi lebih kecil?

      Salam,
      Tim Bromindo

  • putu sedana
    Balas

    selamat malam pak. pemasangan PRV apakah boleh posisi vertikal?

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Putu,
      Pemasangan PRV boleh di posisi vertikal Pak.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Rahmat
    Balas

    Selamat Pagi Team Bromindo.

    Saya ingin bertanya, Apa rumus yang digunakan untuk mengetahui berapa tekanan Output pada PRV ?
    Terima kasih

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Rahmat,
      Pada dasarnya PRV bisa di-setting sesuai kebutuhan discharge pada instalasi.
      Kebutuhan tekanan output PRV bergantung pada instalasi yang di-backup.
      Contoh: instalasi sprinkler, kebutuhan standar discharge 3 bar. Tekanan 3 bar tinggal ditambah kebutuhan tekanan air yang diperlukan untuk mencakup area terjauh discharge.
      Maka dari itu, kami sarankan apabila bangunan bertingkat lebih dari 3 lantai dan ada sprinkler-nya, PRV harus diletakkan per lantai.
      Apakah ada pertanyaan lagi Bapak?

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Akhbar
    Balas

    permisi pak, mau bertanya, PRV yang seperti apa yang digunakan pada fluida gas dengan input tekanan 500 psig yang kemudian tekanan nya direduce menjadi 14,7 psig? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Akhbar,
      Mohon maaf kami belum bisa membantu, produk kami fokus pada tekanan air.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Patar
    Balas

    Ada penjelasan bagian-bagian dari pressure reducing valve ini? Mis fungsi bagian tersebut

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Patar,
      Bagian-bagian PRV bisa Bapak lihat pada gambar di bawah ini:
      bagian bagian prv
      GV = gate valve
      PRV = pressure reducing valve
      pada instalasi juga dipasang instalasi bypass-nya dan PRV bisa di-setting untuk me-reduce tekanannya.
      Untuk gambaran cara kerja PRV, Bapak bisa cek di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • rustam
    Balas

    mau tanya berapa standart output untuk tekanan hydrant dan springkler pada gedung dan bagaimana perhitungan prv dari satu lantai kelantai berikutnya’
    terima kasih atas jawabanya

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Rustam,
      Keberadaan PRV ada untuk me-reduce/menurunkan tekanan yang akan masuk ke sprinkler. Kebutuhan discharge satu head spinkler butuh 3 bar, tetapi instalasi sprinkler mampu menampung tekanan hingga 11 bar.
      Jika instalasi gedung bertingkat terutama di pipa tegak ada loss pressure yang tentu ada rumusnya. Tetapi untuk cara mudahnya, untuk pipa tegak/riser/vertikal 1 m instalasi akan kehilangan 1 head dari tekanan air. Hal ini berlaku untuk pipa riser yang tegak lurus. Bila ada belokan, akan terjadi water hammer yang mengakibatkan loss pressure semakin besar.
      Jika hydrant, butuh dischager di ujung nozzle sebesar 5 bar.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Adri Lazuardiyan
    Balas

    penggunaan PRV itu dimulai saat tekanan berapa BAR atau kgf/cm2 ?

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Adri,
      Sebelumnya, Bapak ingin menggunakan PRV untuk instalasi apa dulu ya? Karena tentunya tekanan PRV disesuaikan dengan instalasi yang Bapak gunakan.
      Tujuan pemakaian PECAH adalah untuk menurunkan tekanan air dari pompa ke instalasi, jadi pemakaian PRV biasa dipakai ke instalasi dengan ukuran instalasi kecil seperti fire sprinkler, water spray, pre action.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Adri Lazuardiyan
    Balas

    Assalamualaikum kak mau tanya dong. PRV itu bisa mereduce tekanan hingga berapa persen ya?

    • Nesty Dian
      Balas

      Wa ‘alaikumus salam Pak Adri,
      Tekanan dari PRV bisa diatur sesuai tekanan kebutuhan. Contoh di fire sprinkler biasa di-setting 4-5 bar.
      Namun yang perlu Bapak ketahui, setting tekanan pada PRV disesuaikan dengan instalasi yang Bapak gunakan.
      Pak Adri ingin menggunakan PRV untuk instalasi apa ya?

      Salam,
      Tim Bromindo

  • erwan
    Balas

    apa fungsi dari pilot jet yang terdapat dalam PRV?
    apakah cukup di bersihkan saja dalam perawatannya dan berapa lama periodik perarawatannya tersebut?

    • Nesty Dian
      Balas

      Selamat pagi Pak Erwan,

      Yg dimaksud pilot jet di prv itu apa ya pak?

      Untuk PRV tidak perlu dilakukan perawatan, justru tidak disarankan utk bongkar pasang.
      Jika Bapak ingin mengecek status PRV masih berjalan normal atau tidak, bisa dilihat dari pressure gate-nya.

      Untuk preventive maintenance Anda bisa melakukan pengecekan fisik (cek korosi, rusak, cek kondisi pemipaan), melihat indikator-indikator pada saluran pemipaan melalui pressure gauge (pressure gauge pada in lebih besar tekanannya dibanding output), kemudian lakukan test drain yang bertujuan membersihkan kotoran di dalam instalasi pipa. Selain itu, semprotkan cairan anti karat pada screw

      Ketiga tindakan pengecekan tersebut paling tidak dilakukan 3 bulan sekali.

      Jika ada pertanyaan, tak perlu sungkan untuk bertanya kepada kami Pak. Terima kasih.

      • Rahmat
        Balas

        Hi tim Bromindo

        Assalamualaikum Wa rahmatullah. Izin bertanya, apa rumus yang umum digunakan untuk menentukan Tekanan Output dari PRV ? Terima kasih

        • Nesty Dian
          Balas

          Selamat pagi Pak Rahmat,
          Pertanyaan Bapak sudah kami jawab di komentar Bapak sebelumnya ya.
          Terima kasih.

          Salam,
          Tim Bromindo

Leave a Comment