Isi Tabung Pemadam Kebakaran, Ini yang Harus Diketahui!

Isi tabung pemadam kebakaran atau juga biasa disebut media APAR memang banyak ragamnya. Mulai dari yang berbentuk serbuk, gas dan busa. Semua isi tabung pemadam kebakaran tersebut memiliki kegunaan dan karakter masing-masing. Sebagai pengguna APAR, Anda juga wajib mengetahui ‘seluk-beluk’ media APAR tersebut.

 

Isi Tabung Pemadam Kebakaran, Ada Apa Saja Jenisnya?

Ada beberapa isi tabung pemadam kebakaran yang tersedia, namun setidaknya ada empat yang biasa digunakan di Indonesia:

  • Powder: media ini adalah media yang cukup populer digunakan. Media pemadam api ini berbentuk serbuk kimia kering. Biasanya powder digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran A, B dan C.
  • CO2: media ini tak lain adalah gas karbon dioksida. APAR CO2 sering kali digunakan untuk memadamkan kebakaran elektrikal. APAR ini sangat banyak manfaatnya, karena memiliki sifat non-konduktor dan clean agent (bebas residu) yang sangat menguntungkan penggunanya.
  • Foam: media ini adalah campuran dari air dan biang busa. Foam biasa digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran A dan B. Media ini dianggap sangat efektif untuk mendinginkan dan mengisolasi titik api. Namun, media foam sangat dilarang untuk kebakaran elektrikal, karena bisa memperparah korsleting.
  • HFC-227: media ini dianggap cukup unik karena berbentuk gas cair. Jadi saat berada di dalam tabung akan berbentuk cair dan saat disemprotkan berubah menjadi gas. Media ini adalah subtitusi dari media halon setelah media halon dilarang karena merusak ozon.

Isi Tabung Pemadam Kebakaran Ada Apa Saja Jenisnya

Nah, itu lah ringkasan tentang beberapa media pemadam api. Karena sebagai pengguna APAR Anda harus mengetahui karakteristik isi tabung pemadam kebakaran supaya bisa tepat guna. Lalu, bagaimana dengan masa kadaluarsa masing-masing media APAR di atas? Silakan simak di bawah ini.

 

Isi Tabung Pemadam Kebakaran Harus Segera Di-refill Setelah Expired

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa masing-masing media APAR memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda, tak terkecuali masa kadaluarsanya. Masa kadaluarsa masing-masing media APAR adalah sebagai berikut:

  • Powder: 5 tahun
  • CO2: 5 tahun
  • Foam: 2 tahun
  • HFC-227:  5 tahun

Nah, setelah APAR memasuki masa kadaluarsa, isi tabung pemadam kebakaran harus segera di-refill atau isi ulang. Lalu, di manakah tempat isi ulang APAR yang recommended? Jawabannya ada di Bromindo!

Bromindo siap membantu Anda untuk me-refill APAR milik Anda. Bromindo menyediakan berbagai isi tabung pemadam kebakaran, mulai dari powder sampai HFC-227. Tentunya refill APAR di Bromindo sangat berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.

Isi Tabung Pemadam Kebakaran Refill di Bromindo

Tidak hanya itu, refill APAR di Bromindo juga akan mendapatkan bonus lain yaitu garansi dan juga aplikasi APAR gratis. Jika Anda refill APAR di Bromindo, maka secara otomatis akan mendapat garansi tekanan APAR selama 5 tahun. Lalu, Anda juga akan mendapatkan aplikasi APAR gratis yang bisa digunakan untuk memonitor APAR.

Aplikasi APAR adalah inovasi baru yang ditawarkan Bromindo untuk membantu customer dalam merawat APAR. Aplikasi ini bisa membantu Anda menjadwalkan inspeksi APAR, menyimpan histori dan data APAR, serta yang paling penting dapat mengingatkan tentang masa kadaluarsa atau expired APAR milik Anda melalui notifikasi yang muncul pada smartphone Anda, canggih bukan?!

Ayo tunggu apalagi?! Serahkan APAR Anda untuk refill di Bromindo, tim kami akan dengan senang hati melayani dan tentunya Anda akan dimanjakan dengan bonus dan penawaran menarik dari kami! Ayo segera hubungi kami!

Isi Tabung Pemadam Kebakaran Gratis Aplikasi APAR Bromindo

Recommended Posts