Kebakaran Kantor Dinas Perhubungan Cilegon: Kronologi dan Antisipasi

Kebakaran terjadi di kantor Dinas Perhubungan Cilegon, Banten pada Selasa (29/1/19). Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 06.30 WIB pagi tadi. Lalu bagaimana kronologi kejadian tersebut? Yuk, simak di bawah ini!

Kronologi Kebakaran Kantor Dinas Perhubungan Cilegon

Dok: Usman Temposo/BantenNews

Setelah gedung Kemenkumham, kini si jago merah melahap kantor Dinas Perhubungan Cilegon, Banten. Kebakaran tersebut terjadi pada hari Selasa, 29 Januari 2019 dan menambah sederetan kasus kebakaran di awal tahun 2019.

Kebakaran terjadi di lantai dua kantor Dinas Perhubungan Cilegon, Banten. Pegawai Dishub pun telah mencoba memadamkan api dengan APAR. Namun sayang, api terlanjur membesar dan APAR pun sudah tidak dapat mengatasinya.

Petugas Damkar kemudian mengambil alih proses pemadaman dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam. Tidak butuh waktu lama untuk memadamkan api pada kantor Dinas Perhubungan Cilegon, Banten tersebut.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik yang berasal dari ruang Program dan Sekretariat. Tidak ada korban jiwa pada kebakaran ini. Namun disinyalir banyak aset penting yang terbakar dan kerugian mencapai Rp100 juta.

Antisipasi Kebakaran Kantor Dinas Perhubungan Cilegon

Kantor Dinas Perhubungan Cilegon - Suppression System

Jika menilik kronologi di atas, proteksi dan antisipasi yang dilakukan oleh kantor Dinas Perhubungan Cilegon Banten sudah tepat, yakni dengan APAR. Namun, APAR hanyalah sebuah antisipasi untuk kebakaran skala kecil.

Untuk sebuah gedung sekelas kantor Dinas Perhubungan Cilegon Banten, harusnya memiliki sistem proteksi kebakaran. Mengingat banyaknya aset berharga yang harus dilindungi agar menghindari kerugian yang diakibatkan kebakaran.

Lalu sistem proteksi kebakaran apa yang cocok untuk kantor Dinas Perhubungan Cilegon, Banten? Ada baiknya bila kantor tersebut menggunakan fire suppression system dengan media HFC-227.

HFC-227 adalah media clean agent, yakni media pemadam api yang tidak meninggalkan residu. Sangat tepat untuk ruangan yang memiliki benda elektronik, karena HFC-227 ini tidak bersifat konduktor dan tidak pula merusak alat-alat elektronik. Tak hanya alat elektronik, tentunya media ini pun cocok untuk melindungi dokumen dan aset kantor lainnya.

Pada sistem fire suppression, dapat menggunakan smoke detector. Yakni, apabila alat pendeteksi menangkap adanya asap, maka sistem ini otomatis mengeluarkan medianya hanya dalam kurun waktu 10 detik.

Sehingga sistem ini akan dengan cepat mengatasi kebakaran sebelum api menyebar. Sistem ini pun memiliki alarm, dimana ketika detektor menangkap adanya tanda-tanda kebakaran, akan terdapat notifikasi di lokasi titik kebakaran. Apabila terjadi false alarm, sistem ini dapat dimatikan dari master control panel.

Tak Mau Seperti Kantor Dinas Perhubungan Cilegon, Banten? Begini Caranya!

Kantor Dinas Perhubungan Cilegon - Kontraktor Fire Fighting

Nah, itu dia ulasan kronologi dan solusi kebakaran di kantor Dinas Perhubungan Cilegon, Banten. Jangan sampai kejadian tersebut menimpa kantor Anda, segera lindungi dengan produk fire fighting berkualitas, yuk!

Bromindo merupakan salah satu kontraktor fire fighting terbaik di Indonesia. Kami telah dipercaya banyak instansi dan pengusaha untuk melindungi aset mereka.

Tak hanya menggunakan equipment berkualitas, kami juga memiliki teknisi profesional yang bekerja menurut standar NFPA dan SNI. Bila masih bingung dengan sistem proteksi yang tepat untuk kantor Anda, bisa menghubungi kami dan berkonsultasi langsung dengan para tenaga ahli.

Selain sistem, kami juga menjual APAR dengan berbagai macam media dengan brand terbaik. Bahkan, kami kini telah meluncurkan Bromindo App yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kualitas APAR yang dimiliki. Menarik, bukan?

Tunggu apa lagi? Yuk segera hubungi Bromindo sekarang juga!

Kantor Dinas Perhubungan Cilegon - Fire Fighting

Recommended Posts

Leave a Comment